Pandemi Covid-19 telah banyak merubah kebiasaan manusia. Saat ini, mau tidak mau kita harus dapat menyesuaikan dengan tatanan kehidupan baru. Banyak pekerjaan, kegiatan belajar, dan kegiatan lainnya harus dilakukan secara online. Ada kalanya beberapa kegiatan dilaksanakan secara offline, namun hal ini membuat kita tetap harus mengikuti aturan dari Pemerintah. Salah satunya yaitu, mengikuti protokol kesehatan serta melaksanakan adaptasi kebiasaan baru.

Masifnya penyebaran Covid-19 turut memaksa sekolah atau perguruan tinggi menyesuaikan keadaan agar kegiatan belajar tetap berjalan. Salah satu kendala yang kini dihadapi oleh pihak kampus adalah proses penerimaan mahasiswa baru (PMB). Normalnya proses PMB dilakukan secara manual atau offline. Misalkan untuk mengurus berkas administrasi, calon mahasiswa harus datang ke kampus. Karena kini keadaan begitu mendesak, maka pihak kampus terpaksa melaksanakan PMB secara online melalui aplikasi atau website kampus. PMB secara online akan menjadi tantangan baru bagi kampus dan mahasiswa, baik dari cara mendaftar maupun membayar biaya. Karena saat ini PMB harus dilaksanakan secara online, maka aplikasi eCampuz hadir untuk memudahkan proses tersebut.

 

“Apakah eCampuz dapat membantu kampus dan mahasiswa dalam pelaksanaan PMB online?”

Aplikasi eCampuz memiliki berbagai fitur untuk memudahkan pihak kampus dalam menerima calon mahasiswa. Selain itu, calon mahasiswa juga lebih mudah untuk mendaftar perkuliahan. Ketika calon mahasiswa ingin mendaftar kuliah melalui aplikasi eCampuz, akan diberikan berbagai pilihan jurusan, jenjang karir, asal daerah, dan jalur masuk. Sehingga meminimalkan kesalahan saat pemberkasan. Aplikasi eCampuz juga memiliki fitur penyimpanan berkas bagi calon mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran. Fitur ini sangat memudahkan pihak kampus untuk mengelola data calon mahasiswa, serta dapat digunakan untuk pengecekan apabila terjadi human error.

Baca juga: Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

 

 

“Bagaimana dengan pembayaran online?”

Pada dasarnya, aplikasi eCampuz mengikuti Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak kampus dengan bank mitra. eCampuz menjadi fasilitator untuk menghubungkan server kampus dan bank mitra dalam membantu proses pembayaran mahasiswa. Pembayaran mahasiswa dapat dilakukan dengan mekanisme transfer melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), eBanking, maupun melalui teller bank.  Dengan adanya fitur ini, data bukti pembayaran masuk ke sistem dan dapat dilakukan rekapitulasi oleh pihak kampus secara langsung. Sehingga mahasiswa tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kampus hanya untuk menunjukan bukti pembayaran. Selain itu, proses pembayaran juga dapat dilakukan di luar daerah.

 

”Bisakah PMB online dilakukan di luar daerah?”

Pihak kampus dapat melakukan proses PMB di berbagai daerah menggunakan aplikasi eCampuz. Sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan. Pihak kampus dapat menggaet mahasiswa dari berbagai daerah, dan mahasiswa pun tidak perlu membeli tiket hanya untuk mendaftar diri pada ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Aplikasi eCampuz juga memudahkan pihak kampus dalam menyeleksi calon mahasiswa. Misal, kampus dapat menentukan batas nilai minimal dalam ujian serta kuota mahasiswa.

 

“Apakah bisa jika ada mahasiswa yang ingin pindah program studi?”

Aplikasi eCampuz memudahkan mahasiswa ketika menginginkan kepindahan program studi karena alasan tertentu. Hal ini dapat dilakukan namun tetap mengacu pada kuota dan grade tiap-tiap program studi.

 

“Bagaimana dengan manajemen laporan atau hasil rekapitulasi data PMB online?”

Kampus dengan mudah melihat hasil proses PMB melalui aplikasi eCampuz. Data seperti jumlah pendaftar, program studi paling diminati, dan asal daerah pendaftar terbanyak dapat diketahui secara langsung. Sehingga kampus memiliki bahan acuan untuk memasarkan kampus pada periode PMB berikutnya.

Baca juga: PMB Online, Kampus Harus Pakai Gak Sih?

Apabila kampus Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kapabilitas aplikasi PMB Online eCampuz dan mencoba demonya. Silakan berkunjung ke tautan berikut www.ecampuz.com