Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) merupakan sebuah proses panjang dalam rangkaian masuknya calon mahasiswa ke suatu perguruan tinggi. Banyaknya jumlah pendaftar sebagai calon mahasiswa hingga mencapai angka ratusan bahkan ribuan tentunya perlu didukung oleh sistem yang memadai. Dianggap memadai apabila sebuah sistem atau aplikasi dapat memenuhi kebutuhan kedua belah pihak, baik perguruan tinggi maupun pendaftar.

PMB Tanpa Antri, Berikut Fitur Ampuh eAdmisi

PT. Solusi Kampus Indonesia telah menjadi mitra lebih dari 200 perguruan tinggi di Indonesia, serta memiliki solusi tepat guna dalam pelaksanaan PMB. eCampuz Cloud dengan mekanisme berlangganan adalah produk yang ditujukan sebagai solusi atas permasalahan di berbagai perguruan tinggi. eCampuz Cloud merupakan sistem informasi terintegrasi dari beberapa modul aplikasi perguruan tinggi. Dimulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa (PMB), pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan sumber daya manusia, riset, perpustakaan hingga dashboard untuk menunjang pengambilan keputusan oleh pimpinan. Baca juga: PMB Online, Kampus Harus Pakai Gak Sih?

Untuk mengelola  proses penerimaan calon mahasiswa dengan baik, eCampuz memiliki modul eAdmisi. Sistem informasi eAdmisi merupakan aplikasi penyelenggaraan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dengan beragam fasilitas untuk memudahkan panitia dan pendaftar. Dilengkapi sistem pelaporan yang efisien untuk mengelola dan mengevaluasi data pendaftaran. Sehingga membantu penyelenggara untuk mengelola data dengan lebih efisien. Dengan menggunakan sistem sebagai basis integrasi data, secara langsung dapat mendukung pengurangan penggunaan kertas (paperless).

Dengan memanfaatkan teknologi, eAdmisi memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran calon mahasiswa baru karena dapat dilakukan secara online. Fitur yang mendukung proses pendaftaran ini disebut juga Front Office. Fitur ini meliputi Entry Biodata Online Support untuk melengkapi data calon mahasiswa, Host to Host dengan bank mitra perguruan tinggi yang berfungsi sebagai integrasi data secara online dengan bank mitra dan mendukung proses pembayaran, Penjualan PIN Online berfungsi sebagai integrasi dengan bank Mitra terkait dengan pembelian online formulir pendaftaran (PIN) sehingga dapat memudahkan rekapitulasi dan memperluas jangkauan potensi pendaftar luar daerah. (Baca juga: Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru)

Pemilihan Program Studi, Jalur Masuk Pemetaan Otomatis ke Ruang Ujian, dan Bukti daftar dilengkapi jadwal lengkap ujian yang harus diikuti. Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan, eAdmisi dapat membuat Nomor Pendaftaran (PIN) serta Nomor Ujian secara otomatis dengan format kode sesuai dengan yang dimiliki perguruan tinggi yang bersangkutan. Nomor dan data calon mahasiswa ini kemudian dicetak menjadi kartu ujian sesuai dengan format perguruan tinggi. Data calon mahasiswa yang sudah masuk ke dalam sistem akan langsung dilaporkan pada eksekutif perguruan tinggi yang bersangkutan. Laporan ini meliputi distribusi lokasi kota atau propinsi pendaftar, program studi dan jumlah peminatnya, serta gambaran pendapatan dari aktivitas pendaftaran mahasiswa baru.

Untuk pengelolaan data bagi penyelenggara, eAdmisi menyediakan fitur Pengelolaan jalur masuk dan kelompok ujian yang ditawarkan, pengelolaan program studi yang ditawarkan per kelompok ujian, setting jadwal ujian masuk per kelompok ujian, pengelolaan ruang ujian, setting untuk automatic mapping pendaftar, pengelolaan data pendaftar, pengelolaan nilai ujian, sorting pendaftar berdasarkan nilai ujian, penerimaan pendaftar menjadi calon mahasiswa, dan integrasi data ke berbagai aplikasi dalam satu ekosistem.

Integrasi Bank

Setelah proses sorting dan penerimaan pendaftar menjadi calon mahasiswa, data yang sudah diolah kemudian diintegrasikan dengan eRegistrasi yang merupakan sistem informasi Registrasi dan Heregistrasi Mahasiswa. eRegistrasi memuat data hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru dan data referensi akademik atau umum. Ada beberapa pertanyaan yang dapat menjawab persoalan-persoalan terkait proses eAdmisi hingga alur pembayaran registrasi saat proses PMB, jika menggunakan aplikasi eCampuz. Diantaranya:

  • Berapa institusi bank mitra atau institusi pembayaran yang telah eCampuz support sejauh ini?
  • Bagaimana variasi dari teknologi lain yang eCampuz kembangkan dengan setiap bank mitra?
  • Bagaimana proses PMB pada Aplikasi eAdmisi mulai dari pembuatan tagihan sampai diterimanya status pembayaran formulir?
  • Apa permasalahan yang biasanya terjadi saat proses implementasi?
  • Bagaimana skema alur pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP)? Apakah memiliki alur konteks yang sama dengan proses eAdmisi?

Simak lengkapnya dalam artikel Integrasi Bank Mitra Saat Proses PMB, Registrasi, dan Heregistrasi Kampus