Admisi merupakan sistem informasi yang digunakan untuk membantu perguruan tinggi dalam proses pengelolaan penerimaan mahasiswa baru. Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru ini mengelola penyelenggaraan seleksi masuk perguruan tinggi dengan menyediakan beberapa fasilitas yang memberikan kemudahan bagi pendaftar dalam melakukan proses pendaftaran serta memiliki sistem pelaporan lengkap sehingga membantu panitia untuk mengelola data pendaftaran lebih efisien, serta mengurangi penggunaan kertas (paperless).

 

Beberapa keunggulan dari Sistem Informasi eAdmisi ini adalah:

1. Proses Pendaftaran Mudah

Sistem informasi ini memudahkan proses pendaftaran masuk perguruan tinggi dengan memanfaatkan teknologi internet. Sehingga calon mahasiswa tidak perlu datang ke kampus untuk sekedar mendaftar maupun mengirimkan berkas.

2. Generator PIN dan Nomor Ujian

Sistem informasi ini dapat men-create nomor pendaftaran (PIN) serta nomor ujian secara otomatis dengan format kode sesuai dengan yang dimiliki perguruan tinggi terkait.

3. Pencetakan Kartu Ujian

Sistem informasi ini mampu mencetak kartu ujian sesuai dengan format dari perguruan tinggi terkait. Sehingga kampus dapat melakukan manajemen proses ujian seleksi masuk dengan mudah karena dalam kartu ujian sudah terset untuk nama, konsentrasi pilihan, nama gedung hingga ruang ujian

4. Integrasi Pembelian Online Nomor PIN dengan Bank

Sistem informasi ini mampu terintegrasi dengan bank mitra kampus terkait dengan pembelian online formulir pendaftaran (PIN), memudahkan rekapitulasi dan memperluas jangkauan potensi pendaftar luar daerah. Calon pendaftar dengan mudah melakukan proses pendaftaran ke kampus dengan mudah kapan saja dimana saja.

5. Laporan Statistik Serta Info Eksekutif

Sistem informasi ini menyajikan pelaporan yang lengkap dan cepat bagi para eksekutif terkait data pendaftar, distribusi lokasi kota/provinsi pendaftar komparasi program studi dengan jumlah peminatnya, serta gambaran pendapatan dari aktivitas pendaftaran mahasiswa baru. (Baca juga: Proses Pendaftaran Kini Lebih Mudah dengan gtAdmisi)

 

Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

 

Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru ini memiliki fitur yang akan menunjang kampus dalam mengelola proses penerimaan mahasiswa baru. Di sisi portal sistem informasi eAdmisi memiliki fitur diantaranya seperti, entry biodata online, support host to host dengan bank, pemilihan prodi berdasarkan kelompok ujian dan jalur masuk, pemetaan otomatis ke ruang ujian dan bukti daftar yang dilengkapi dengan jadwal lengkap ujian yang harus diikuti. 

 

Kemudian dari sisi back office terdapat fitur diantaranya, pengelolaan jalur masuk dan kelompok ujian yang ditawarkan, pengelolaan prodi yang ditawarkan per kelompok ujian, setting jadwal ujian masuk per kelompok ujian, pengelolaan ruang ujian, setting untuk automatic mapping pendaftar, pengelolaan data pendaftar, pengelolaan nilai ujian, sorting pendaftar berdasarkan nilai ujian dan penerimaan pendaftar menjadi calon mahasiswa. (Baca juga: Proses Pendaftaran Tanpa Antri, Fitur Ampuh gtAdmisi)

 

Sistem informasi ini telah digunakan oleh Universitas Cenderawasih, Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta, Universitas Riau, Universitas Baiturrahman dan lebih dari 150 perguruan tinggi di Indonesia. Dalam implementasi sistem informasi eAdmisi memiliki cerita unik yang berbeda-beda seperti:

 

1. Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Cenderawasih (pmb.uncen.ac.id).

Di Universitas Cenderawasih sistem informasi eAdmisi memiliki keunggulan yaitu pendaftar bisa memilih lokasi ujian sesuai dengan jalur yang dipilih. Dimungkinkan untuk melaksanakan ujian masuk di luar daerah dengan pendaftar memilih sendiri lokasi ujian sesuai dengan pilihan lokasi yang telah ditentukan dari pusat.

 

2. Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta (sipenmaru.poltekkes-solo.ac.id).

Di Poltekkes Solo sistem informasi eAdmisi memiliki model pendaftaran yang khas dengan poltekkes. Sistem informasi ini mengakomodir manajemen ujian masuk berupa ujian tulis dan tes kesehatan.

3. Sistem informasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Riau (um.unri.ac.id).

Di Universitas Riau sistem informasi eAdmisi memiliki keunggulan diantaranya mampu menentukan UKT mahasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Penentuan UKT ini bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem, maupun manual oleh tim penerimaan mahasiswa baru.

 

Yuk permudah proses pengelolaan penerimaan mahasiswa baru di kampus anda, klik link dibawah ini!

ecampuz