Aloha, semoga Sobat eCampuz semua selalu sehat ya 😊

Anyway, tahun akademik baru periode 2021/2022 akan segera dimulai. Bagaimana kabar kampus Sobat? Pastinya harus sudah punya persiapan yang mantap untuk menjaring dan menyambut mahasiswa baru di tahun akademik baru nanti.

Tahun akademik baru tentunya akan selalu diawali dengan satu kegiatan penting, yaitu seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Seleksi PMB ini tidak lain bertujuan untuk menemukan mahasiswa yang unggul sesuai dengan minat bidang mereka. Berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta telah memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) untuk mendukung proses tersebut. Pemanfaatan TI ini salah satunya adalah dengan menerapkan sistem pendaftaran online bagi calon mahasiswa baru, dengan harapan proses dapat berjalan lancar dan lebih efisien. 

Lalu, apakah setiap kampus perlu menerapkan sistem pendaftaran mahasiswa baru secara online? Jawabannya, tentu saja wajib dan harus

Kenapa? Bayangkan jika sebuah kampus tidak atau belum menerapkan PMB online, seluruh calon mahasiswa baru harus benar-benar mempersiapkan waktu untuk datang ke kampus dan membawa seabrek berkas fisik pendaftaran. Setibanya di kampus masih harus menuliskan satu persatu data kelengkapan pendaftaran dalam formulir pendaftaran mahasiswa baru. Wah…repot daftarnya, repot seleksinya, panitia bisa-bisa menginap di kampus. 

Bandingkan dengan sistem PMB online. Calon mahasiswa hanya perlu menyiapkan jaringan internet untuk mengakses halaman PMB online, tidak harus datang jauh-jauh dan meluangkan waktu untuk datang ke kampus. Syarat dan berkas pendaftaran dapat dilengkapi dimanapun dan kapanpun sesuai periode pembukaan pendaftaran.

Selain itu, apabila formulir berkas pendaftaran masih berbentuk fisik kertas dengan tulisan tangan pastinya akan menyulitkan panitia PMB dalam mencatat atau merekapitulasi kembali data formulir pendaftaran. Tentunya hal ini menjadi celah rawan terhadap kesalahan input data. Dalam proses pelaporan hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru juga akan menyita waktu yang lama. Hal ini berefek pada lambatnya informasi hasil seleksi. Padahal hasil seleksi tersebut sangat dinanti oleh calon mahasiswa. 

Jika ditelusuri lebih jauh akan ada banyak lagi permasalahan lain dan tentunya itu semua dapat diminimalisir dengan pemanfaatan TI. Apalagi saat Pandemi Covid-19 belum kunjung berakhir. Setiap orang diharuskan mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya dengan menghindari kerumunan massa. Hal ini dapat dihindari melalui sistem pendaftaran online

Poin paling penting adalah sistem PMB secara online mendukung sistem One Day Service (ODS). Sehingga prosesnya bisa berjalan secara singkat, efektif dan efisien. Bahkan data penerimaan mahasiswa baru bisa langsung terintegrasi dengan Sistem Akademik (SIAKAD) kampus

Jika hal ini diterapkan dalam lingkungan kampus Sobat, otomatis akan ada banyak keuntungan yang dirasakan. Terutama segi minat calon mahasiswa yang mendaftar. Karena jangkauan sistem PMB Online yang luas, maka pendaftaran calon mahasiswa akan mengalami kenaikan. Tentu saja berkat dukungan mudahnya proses PMB.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengapa penerapan PMB Online di kampus Sobat harus segera dilaksanakan. Jika sobat eCampuz ingin menerapkan sistem pendaftaran online ini, kami siap membantu dengan sistem eCampuz Suite & eCampuz Cloud yang kami miliki. 

Baca juga : Jangan Khawatir Jalankan PMB Online Saat Pandemi Corona