Bimbingan Skripsi di Kala Pandemi

Skripsi adalah proses paling ujung yang harus ditempuh oleh mahasiswa tingkat akhir jenjang Strata 1 (S1). Skripsi bisa diibaratkan seperti syarat sekaligus bukti bahwa mahasiswa tersebut mampu membuat karya ilmiah yang senada dengan keilmuan yang sedang mereka dalami selama masa perkuliahan. Dan proses bimbingan adalah puncak dari ketahanan dan ketangguhan mahasiswa dalam menulis, menjelaskan, dan berargumentasi dengan pembimbingnya (Bramastia, 2020). 

Pada proses ini mahasiswa dituntut untuk ekstra sabar, tekun, serta semangat. Namun, yang perlu Sobat eCampuz ketahui bahwa selamanya bahan bakar semangat skripsi itu tidak hanya berasal dari sisi mahasiswa, tapi peran dosen pembimbing juga tak kalah penting. Dan justru dosen pembimbing adalah ujung tombak proses penyelesaian skripsi mahasiswa. 

Sebelum pandemi virus Corona terjadi, banyak mahasiswa mengeluh karena alasan sulitnya ketemu dosen pembimbing. Padahal dosen juga lebih sering berada di kampus, hal ini menjadi aneh. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang, semua kegiatan harus work from home. Pasti menambah panjang daftar alasan mahasiswa untuk menyelesaikan skripsinya. 

Tapi tenang, eCampuz punya beberapa tips yang pastinya bisa bikin bimbingan skripsi lancar dan tidak ada lagi mahasiswa yang mengeluh sulit bimbingan skripsi. Begini tipsnya, here we go! 

1. Buatlah Grup Bimbingan 

Jika sobat eCampuz melakukan bimbingan terhadap banyak mahasiswa, adanya grup adalah suatu hal yang wajib. Lewat grup  kita bisa memberikan informasi ke banyak mahasiswa dalam sekali langkah tanpa harus mengirim pesan satu persatu ke banyak mahasiswa.

Melalui grup kita bisa mengatur sekaligus memberikan update jadwal bimbingan terkini, update informasi bimbingan secara langsung dan tentunya kita bisa memberikan motivasi kepada mahasiswa agar tetap semangat menyelesaikan skripsi. Jika kampus Anda sudah memiliki akun Google for Education, wah bisa banget tuh memanfaatkan Google Classroom untuk mengelola grup kecil bimbingan skripsi Anda.

2. Pantau Kemajuan Bimbingan Secara Rutin

Pada proses penyelesaian skripsi atau tugas akhir, manajemen semangat adalah kunci utama. Sebagai dosen wajib memberikan motivasi ke mahasiswa dengan rutin memberikan pantauan perkembangan kemajuan pengerjaan skripsi rutin. Jadilah dosen yang responsif terhadap mahasiswa bimbingan, berilah saran ke mahasiswa agar ia bertemu kembali dengan anda. 

3. Bagikan Referensi kepada mahasiswa 

Sesekali bagikan beberapa referensi penulisan kepada mahasiswa, agar bidang yang mereka tekuni dan sedang dikerjakan menjadi terarah. Referensi ini bisa berupa buku, jurnal ilmiah, maupun website yang bisa menjadi bahan rujukan mahasiswa. Berbagi referensi kepada mahasiswa juga akan memberikan kesan kepedulian kita terhadap mereka sehingga ini akan memunculkan semangat penyelesaian tugas mereka.

4. Sesekali Lakukan Video Conference 

Langkah yang satu ini memang kadang sangat perlu kita lakukan. Selain bisa menambah semangat kepada mahasiswa, langkah ini juga akan memberikan kesan keseriusan bahwa proses penyelesaian skripsi ini memang benar-benar tanggung jawab kita selaku dosen yang bertugas membimbing skripsi mereka. 

Video conference bisa menjadi alternatif pengganti sesi tatap muka seperti bimbingan sebelum adanya pandemi. Video conference akan mempermudah proses bimbingan karena mahasiswa bisa langsung memberikan cross check kesalahan penulisan, sekaligus memberikan pertanyaan  secara langsung. Sambil melakukan video conference sobat bisa sembari bertanya kabar mahasiswa dan memberikan motivasi kepada mereka secara langsung. 

5. Gunakan Teknik Berbagi Dokumen

Secara teknis pembelajaran jarak jauh (daring) memang sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi, terutama jaringan internet. Sobat eCampuz bisa memanfaatkan berbagai tools berbagi dokumen yang tersebar banyak di internet. Dengan alternatif berbagi dokumen ini diharapkan dosen pembimbing dan mahasiswa bisa saling kolaborasi dan memberikan catatan terhadap dokumen skripsi tanpa membutuhkan kertas atau pun tools lain. 

6. Selalu Jaga Kesehatan 

Kalau yang ini hukumnya adalah harus dan sangat wajib bagi dosen maupun mahasiswa. Saat pandemi seperti ini menjaga kesehatan its number one, hehe. Untuk menjaga badan tetap fit dan bugar, kita bisa lakukan dengan menjalankan pola hidup sehat, patuhi protokol kesehatan dimanapun berapa dan istirahat yang cukup. 

Nah, jadi bagaimana sobat eCampuz? Sederhana bukan? Semoga beberapa tips di atas bisa membantu proses membimbing tugas akhir mahasiswa menjadi lebih  Semoga Bermanfaat.  

Baca juga: Berhentilah Mengkhawatirkan Pikiran Orang Lain Tentangmu