Kuliah Online Jadi Membosankan?

Kebijakan pembatasan kegiatan berskala besar (PSBB) tidak hanya berlaku bagi pekerja saja. Dosen sekaligus mahasiswa juga harus ikut merasakan dampak kebijakan tersebut. Kuliah daring (online) harus dilakukan sampai batas waktu yang belum benar-benar ditentukan. Meskipun Kemendikbud menginstruksikan pembelajaran tatap muka dimulai pada Januari 2021 nanti, tapi itu semua dengan catatan apabila virus Corona  sudah benar-benar hilang. 

Tentunya banyak tantangan dalam menjalani kuliah daring ini, salah satunya bagaimana cara membuat kelas online tetap menarik? Mahasiswa tetap antusias dengan apa yang disampaikan dosen, dan akhirnya walaupun kuliah online tetap harus bisa dinikmati baik dosen maupun mahasiswa. Kira-kira bagaimana ya caranya? Mari kita bahas satu persatu resepnya. 

Tips 1 — Siapkan Materi Menarik 

Terkadang mata kuliah yang hakikatnya santai menjadi terasa berat karena faktor cara penyampaian materi  secara monoton. Untuk menghindari itu, sobat eCampuz dapat mengoptimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada di Microsoft Power Point untuk membuat slide presentasi. Seperti: slide animation, efek transitions, video capture, dan flash video

Selain itu, yang tak kalah penting adalah slide presentasi yang sobat tampilkan menggunakan bahasa yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Jika slide menggunakan gambar, pilihlah gambar yang jelas dengan resolusi cukup sehingga tidak blur.

Tips 2 — Gelar Presentasi

Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membuat dan melakukan presentasi secara berkelompok agar kelas online menjadi lebih hidup dengan adanya diskusi antar mahasiswa. Materi presentasi yang disajikan bisa bersumber dari materi yang sudah ditentukan sebelumnya. Kreatifitas mahasiswa juga dapat dipancing dengan memberikan kisi-kisi untuk dikulik lebih jauh.

Langkah ini juga bisa sobat eCampuz lakukan untuk memberi kesan bahwa sebagai seorang dosen bukan kemudian Anda pemilik penuh kelas tersebut. Artinya, mahasiswa juga berhak menjadi pengemudi di kelas dan dosen adalah fasilitator.

Tips 3 — Adakan Kuis 

Setelah presentasi materi perkuliahan, tidak ada salahnya jika mahasiswa diberikan kuis untuk mengulas materi yang sudah dipelajari. Kuis ini bisa sobat eCampuz berikan setiap dua minggu sekali, agar mahasiswa menyimak dengan benar materi yang sudah diberikan. 

Tips 4 — Siapkan “Ice Breaking” 

Di sela-sela perkuliahan apabila dirasa tegang dan terkesan monoton, sobat eCampuz sangat perlu menyiapkan materi ice breaking untuk mengusir rasa bosan dan tegang. Dengan begitu suasana kelas akan terasa cair dan hangat kembali. Ice breaking ini juga bisa sobat lakukan untuk memancing partisipasi mahasiswa, jika dirasa kelas online terasa kaku dan pasif. Ice breaking bisa sobat lakukan dengan berbagai cara. Misalkan bercerita, melakukan yel-yel, memberikan teka-teki, gerak badan, atau pun permainan lainnya. Bisa juga dengan memutar video yang bersifat motivasi ringan untuk mahasiswa.

Sobat eCampuz juga bisa membuat kuis online ringan yang seru dengan menggunakan Kahoot! Diambil dari laman Wikipedia, Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, digunakan sebagai teknologi pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Ini adalah permainan pembelajaran, “Kahoots”, adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajah web atau aplikasi Kahoot.

Tips 5 — Berikan Apresiasi 

Berikan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah melakukan presentasi atau pun yang menjawab kuis yang  sobat eCampuz berikan kepada mereka. Apresiasi ini bisa berupa point tambahan keaktifan atau tambahan nilai perkuliahan. Langkah ini dilakukan untuk menambah semangat belajar mahasiswa. Apresiasi yang sederhana ini akan memberikan semangat untuk mahasiswa untuk memperhatikan saat kelas online.

Tips 6 — Evaluasi 

Sistem pembelajaran juga perlu adanya evaluasi meskipun kita sudah merasa menjalankan dengan sebaik mungkin. Libatkan mahasiswa dalam proses evaluasi untuk mengetahui dengan pasti kesalahan dan kekurangan sistem pembelajaran yang sudah kita jalankan. 

Nah itu dia beberapa resep yang bisa sobat eCampuz kreasikan saat melangsungkan kuliah daring. Resep di atas tentunya perlu disertai proses evaluasi secara terus menerus. Temukan kombinasi yang tepat untuk mendapatkan resep sistem belajar daring yang optimal. Jika sobat eCampuz punya resep tambahan pengelolaan belajar daring, boleh sekali dipersilahkan tambahannya di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel kami yang lainnya.

Baca juga: 6 Tips Tetap Produktif di Masa Krisis