Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi adalah rangkaian kegiatan satu pekan sebagai ruang diskusi dalam pertemuan antar pejuang mutu untuk upgrade dan update wawasan mengenai pengelolaan penjaminan mutu di perguruan tinggi bersama dengan para narasumber ahli dan kompeten di bidangnya.

Kegiatan ini telah sukses digelar dalam rangka memperkuat semangat para pejuang mutu untuk terus memperbarui khazanah wawasan mengenai pengelolaan penjaminan mutu di perguruan tinggi terutama agar terus linier dengan perubahan regulasi yang ada. Inisiatif penyelenggaraan Pekan Penjaminan Mutu diprakarsai oleh eCampuz (PT Solusi Kampus Indonesia) dan dimulai tanggal 3 hingga 7 Oktober 2023 di Grand Rohan Yogyakarta.

Acara Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi menjadi wadah penting bagi ratusan pejuang mutu dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk berkumpul, berdiskusi, dan berbagi pengalaman. Tujuan utama dari diselenggarakannya Pekan Penjaminan Mutu adalah untuk memfasilitasi dan menjembatani kebutuhan perguruan tinggi dalam menjaga dan meningkatkan kualitas mutu yang berkelanjutan. Melalui forum ini, para Pejuang Mutu dapat berbagi pengalaman, memperbarui wawasan, dan mempelajari praktik terbaik dalam penjaminan mutu di lingkungan pendidikan tinggi. Dengan demikian, harapannya setiap institusi dapat mengembangkan strategi yang tepat untuk memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, terdapat tiga agenda utama yang mengisi Pekan Penjaminan Mutu ini. Kegiatan pertama sekaligus sebagai pembuka Pekan Penjaminan Mutu pada tanggal 3 Oktober 2023 adalah “Customer Gathering Pejuang Mutu“, dimana para peserta mendapatkan paparan materi yang menggugah pikiran. Salah satu sorotan utama adalah presentasi mengenai “Implementasi Permendikbud Ristek No.53 Tahun 2023 di Universitas Gadjah Mada” serta “Refreshment Implementasi SPMPT dan SPMI di Perguruan Tinggi”.

Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Jamitu.id juga meliris versi terbaru dari platform mereka, yaitu eSPMI v.2.0. Teknologi terkini diimplementasikan dengan disematkannya API untuk membantu proses pelaporan data perguruan tinggi dalam membuat laporan. API yang disediakan untuk memberikan dukungan dan kemudahan dalam melaporkan data yang berkaitan dengan kinerja program studi dan perguruan tinggi. API ini memberikan sarana yang mudah dan terintegrasi untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam menyusun Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) serta Laporan Kinerja Perguruan Tinggi (LKPT). Dengan ditanamkannya API dalam eSPMI V.2.0, proses pelaporan menjadi lebih efisien, akurat, dan terstruktur. Masyarakat akademik dapat mengandalkan teknologi ini untuk menganalisis dan mengevaluasi pencapaian serta perkembangan institusi pendidikan tinggi mereka. Melaui versi terbaru yang telah dirilis ini, menunjukkan komitmen Jamitu.id dalam memberikan solusi yang inovatif dan berkelanjutan bagi perguruan tinggi untuk menjaga mutu dan transparansi dalam penyajian informasi kinerja.

Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
Baca juga: Tips Sukses Digitalisasi SPMI Perguruan Tinggi

Kegiatan yang kedua adalah Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan yang terakhir adalah Pelatihan Audit Mutu Internal (AMI) Perguruan Tinggi yang berlangsung pada tanggal 4―7 Oktober 2023. Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil percobaan praktik kelompoknya, sehingga dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengimplementasikan SPMI di perguruan tinggi masing-masing. Selanjutnya peserta juga dibekali dengan pengetahuan yang dibutuhkan dalam melakukan proses audit mutu internal dalam sesi Pelatihan AMI.

Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi

Terlaksananya acara ini tidak lepas dari kerja sama dan dukungan dari Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas UGM (SPMRU UGM) yang telah memberikan kontribusi yang tak ternilai dalam keberhasilan Pekan Penjaminan Mutu tahun 2023.

Pekan Penjaminan Mutu tahun ini menjadi istimewa karena diselenggarakan pada bulan Oktober yang bertepatan dengan beberapa peringatan penting dalam sejarah bangsa. 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, mengenang semangat perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan dasar negara Pancasila. Tak hanya itu, bulan Oktober juga menjadi saksi peringatan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang memperkuat semangat kemandirian dan ketahanan bangsa. 28 Oktober, diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda, menandai semangat persatuan dan kesatuan para pemuda dalam membangun bangsa dan negara. Semangat perjuangan para pahlawan di momen-momen bersejarah ini tak hanya menginspirasi kita dalam mengenang sejarah, tetapi juga menjadi sumber semangat bagi para Pejuang Mutu. Mereka, sebagai insan akademisi dengan dedikasi tinggi, telah mendedikasikan diri untuk memajukan penjaminan mutu di perguruan tinggi.

Pekan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi
Baca juga: 4 Langkah Mudah Menggunakan Platform eSPMI

Kualitas mutu yang berkelanjutan di perguruan tinggi tidak luput dari proses penjaminan mutu melalui digitalisasi SPMI. Dalam era digitalisasi yang semakin mengglobal, transformasi digital dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) telah menjadi tonggak penting dalam memastikan kualitas mutu pendidikan berkelanjutan di perguruan tinggi. Melalui platform inovatif seperti Jamitu.id, para Pejuang Mutu dapat memanfaatkan teknologi terkini untuk memperkuat upaya-upaya penjaminan mutu di lingkungan lembaga pendidikan masing-masing. Digitalisasi SPMI memungkinkan pengelolaan data yang lebih efisien dan akurat, memungkinkan perguruan tinggi untuk membuat keputusan yang lebih terinformasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Beberapa layanan yang ditawarkan di platform Jamitu.id, diantaranya adalah JamituTools, JamituEvent, JamituTraining, dan JamituEdu.

Sebagai penutup atas rasa syukur, kami ingin menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada semua peserta, narasumber, dan tidak lupa kepada Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas UGM yang telah turut serta memberikan kontribusi besar dalam kesuksesan acara ini. Semangat Pejuang Mutu akan terus menggelora, dan kami berharap Pekan Penjaminan Mutu akan terus menjadi momen yang memperkokoh semangat dan kualitas penjaminan mutu di perguruan tinggi Indonesia. To Win the Future of Indonesia!