Ingatkah sobat eCampuz ketika kecil dulu, punya angan-angan atau keinginan kelak dewasa akan menjadi apa? Mungkin ingin jadi dokter, guru, polisi, atau cita-cita lain yang sangat keren. Saat ini, apakah karir impian sobat masih sama dengan yang dulu? Sudahkah jalan yang sobat ambil sesuai dengan jalan yang menuju cita-cita tersebut? Jika iya, semangat dan selamat melanjutkan hingga sobat sampai ke titik tujuan. Kalaupun belum sesuai, itu tak mengapa. Karena semakin bertambahnya usia, semakin banyak hal yang dilalui, membuat kita memilih pilihan-pilihan yang ‘tersedia’. Jalan yang tak mudah, atau bahkan keinginan kita yang berubah seiring berkembangnya zaman menjadikan kita “memilih jalan lain”.

Berbicara tentang karir, salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilihnya adalah prospek pekerjaan tersebut. Apakah 10 tahun ke depan pekerjaan ini masih tetap eksis atau bahkan ‘menghilang’ karena tergantikan. Sebagaimana prospek pekerjaan pada generasi orang tua kita tentu berbeda dengan generasi kita. Ada pekerjaan yang masih relevan hingga saat ini dan ada pula yang tidak bahkan sepi peminat. Karena zaman yang berubah inilah memunculkan jenis pekerjaan-pekerjaan baru yang lebih cocok dengan kebutuhan sekarang dan sesuai dengan kebiasaan generasinya.

Saat ini, generasi yang baru terjun ke dunia kerja adalah Generasi Z. Mungkin sobat yang sedang membaca artikel ini juga termasuk ke dalam generasi Z yang baru atau sebentar lagi akan memasuki dunia kerja. Lalu, jenis karir apa saja yang diminati oleh kawula Zers dan bagaimanakah karakternya ketika bekerja? Mari mengenal lebih Gen Z lebih dalam.

Mengenal Gen Z dan Karakternya di Dunia Kerja

Generasi Z atau Gen Z terdiri dari kelompok orang yang lahir pada tahun 1997-2012. Sebagai generasi yang akrab dengan teknologi dan internet, atau disebut juga sebagai i-Geners, generasi ini menyukai tantangan, fleksibel, dan menyukai lingkungan yang memberi ruang untuk tumbuh dan lebih kreatif sehingga Gen Z dapat membuka atau mencari peluang kerja baru yang sesuai dengan minat atau bakatnya. Bagi Gen Z, kerja tak harus pulang pergi ke kantor dan berpatok pada waktu tertentu. Karena mahir teknologi atau tech savvy, membuat Gen Z dapat bekerja dimanapun dan kapanpun.

Menurut CNBC, Gen Z tertarik bekerja pada bidang yang memiliki influence (pengaruh) dan impact (dampak). Gen Z paling puas dengan peran yang memberi mereka kesempatan untuk membentuk budaya perusahaan dan memiliki dampak sosial. Selain itu, Gen Z juga tertarik bekerja di perusahaan yang mempunyai budaya kerja kolaboratif, inklusif, dan inovatif. Laman customerservicemanager juga mengemukakan bahwa Gen Z ingin mempunyai tujuan dan perusahaan tempat Gen Z bekerja peduli terhadap pengembangan diri dan kesejahteraan mereka. Oleh karena itu, Gen Z lebih mempertimbangkan bekerja pada lingkungan kerja yang cocok untuk mereka dan tidak segan mengajukan resign jika perusahaan tersebut dinilai tidak sejalan. 

5 Hal yang Dicari Gen Z dalam Pekerjaan dan Karir

Berikut merupakan hal yang dicari oleh Gen Z ketika bekerja berdasarkan laman entrepreneur :

1. Tujuan dari pekerjaan

Gen Z lebih memilih untuk menghargai tugas dan memberi dampak pada tempat kerja mereka dibandingkan mengejar gaji yang tinggi. Gen Z akan memilih bekerja di perusahaan yang nilai-nilainya selaras dengan mereka daripada perusahaan yang menawarkan gaji lebih tinggi.

2. Lingkungan kerja yang sehat dan fleksibel

Gen Z menghargai perusahaan yang memprioritaskan kesehatan fisik dan mental karyawannya.

3. Rasa kebersamaan yang kuat

Generasi ini ingin terhubung dengan orang-orang yang sering mereka temui untuk saling berkolaborasi dan menyelesaikan masalah. Mereka juga ingin mendapat bimbingan dari atasan untuk membina hubungan jangka panjang, menerima nasihat profesional, dan merasakan peluang untuk bertumbuh dalam perusahaan.

4. Ingin berdampak pada perusahaan

Sebagai generasi yang berorientasi pada tindakan dan ingin ikut andil dalam pertumbuhan perusahaan, Gen Z juga menghargai atasan yang memiliki pola pikir yang sama dan mempercayai mereka.

5. Menghayati prinsip kewirausahaan dan inovasi

Meskipun Gen Z tidak bekerja di startup, mereka masih ingin bekerja pada perusahaan yang mewujudkan prinsip kewirausahaan dan inovasi. Mereka menghindari tugas dan tanggungjawab yang ‘kaku’ dan memilih untuk mempelajari skill baru.

10+ Pilihan Karir Impian Anak Gen Z
Baca juga: 5 Tips Memperbesar Peluang Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus Kuliah

Karir Impian Gen Z

Setelah mengenali karakter Gen Z, muncul jenis pekerjaan baru yang dinilai lebih friendly untuk karakter Gen Z dan sesuai dengan perkembangan zaman yang sangat dekat dengan teknologi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut merupakan karir impian Zers yang belum ada di generasi sebelumnya.

  1. Computer Scientist
  2. Video game desainer atau developer
  3. Android atau iOS developer
  4. Machine Learning Engineer
  5. Junior Software Engineer
  6. Game Master
  7. Social Media Manager
  8. Data Sicentist
  9. Project Engineer
  10. Content Creator
  11. IT Specialist
  12. Product Manager

Selain karir impian, LinkedIn merangkum 5 skill yang banyak dipelajari oleh fresh graduate menurut laman bestcolleges, diantaranya adalah :

  1. Data visualization
  2. Data modeling
  3. Python
  4. Web analytics
  5. Database

Itulah beberapa hal mengenai karir impian Generasi Z. Apakah sobat eCampuz relate dengan karakter-karakter Gen Z dan sudah menemukan karir impiannya? Jika sobat eCampuz ingin mengetahui karir apa yang cocok dengan minat dan bakat kalian, temukan jawabannya melalui IdentiKa. Tim IdentiKa dengan senang hati akan membantu sobat menuju karir impian. Semoga bermanfaat.