Hai Sobat eCampuz 🙂 meskipun masih masa pandemi gini, kalian masih semangat belajar kan? Apalagi sekarang walaupun kuliah dilakukan secara daring, sobat eCampuz tidak perlu lagi takut boros kuota internet dan harus ngurangi uang jajan demi bisa ikutan video conference. Say no to lazy, apalagi boros! Tentunya ini semua berkat dukungan beberapa operator seluler di Indonesia menghadirkan kuota atau paket data yang mendukung kegiatan belajar dari rumah. Hmm…kira-kira kuota belajar bisa juga dipakai buat akses Youtube atau sosmed (sosial media) nggak ya? 😀

Dilansir dari laman Kompas.com, kuota belajar ini hanya bisa digunakan untuk mengakses situs atau membuka aplikasi belajar daring saja ya sobat. Jadi, kalau sobat eCampuz ingin mengakses sosmed atau bermain game online, tetap akan memakai kuota reguler yang kalian punya.

Sayangnya gaes, nggak semua operator selular di Indonesia mempunyai paket seperti ini lho. Penjelasan selanjutnya akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan kuota belajar dari beberapa pilihan operator yang bisa sobat eCampuz coba:

Telkomsel 

Telkomsel memberikan penawaran kuota belajar ini sebesar 10GB dengan harga Rp 10,- yang berlaku selama 30 hari. Kuota ini bisa dimanfaatkan sobat eCampuz untuk mengakses beberapa aplikasi pembelajaran seperti Google Classroom, Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge Assessment English, Kipin School 4.0, Pijar Sekolah, AyoBelajar, Zoom, Google Meet, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, dan lain-lain.

Untuk mengaktifkan paket kuota belajar 10GB Rp10,- ini sobat eCampuz bisa mengakses melalui aplikasi MyTelkomsel atau dengan dial kode berikut ini di smartphone kalian *363*844#.

XL Axiata

Operator XL Axiata menghadirkan Program Kuota Edukasi dari Kemendikbud sebesar 50GB/bulan bagi dosen dan mahasiswa. Kuota edukasi 50GB ini dapat dinikmati seharga Rp 1 (Rp 1.000) tetapi dengan syarat nomor XL sobat eCampuz harus sudah terdaftar di Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) sebelum tanggal 11 September 2020. Bonus kuota ini berlaku untuk periode September-Desember 2020.

Kuota gratis ini akan langsung masuk ke nomor dosen atau mahasiswa yang sudah terdaftar mulai tanggal 15 September 2020.

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo juga tak kalah cepat dalam merespon kebutuhan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) ini, Indosat hadir dengan paket  IMClass yang menyediakan paket pintar sebesar 30GB untuk belajar online dan mengakses beberapa platform belajar online, seperti RuangGuru, Quipper, Sekolahmu.com dan Rumah Belajar.

Selain itu paket IMClass ini bisa juga digunakan untuk mengakses platform e-Learning dan situs resmi beberapa universitas di Indonesia. Selain paket IMClass, Indosat juga menyediakan paket Pro Freedom Apps yang bisa digunakan untuk mengakses platform video conference seperti Cisco Webex, Zoom, dan Microsoft Teams.

Tri Indonesia

Bagi sobat eCampuz pengguna kartu 3 Indonesia baik perdana maupun AlwaysOn, kalian diberikan tambahan kuota untuk mengakses e-Learning selama 30 hari lho. Tambahan kuota tersebut bisa dipakai untuk mengakses beberapa aplikasi e-Learning seperti Google Classroom, Ruang Guru, Edmodo, dan Zenius. 

by.U

Operator seluler satu ini masih terbilang sangat muda usianya, karena belum genap 2 tahun hadir di tengah masyarakat. ByU adalah anak perusahaan dari Telkomsel yang sudah lebih lama hadir dan menggunakan sinyal Telkomsel yang sudah terbukti punya jaringan terluas dan terkuat di seluruh wilayah Indonesia. Makanya paket belajar yang dia tawarkan sama dengan yang ditawarkan oleh Telkomsel, yakni sebesar 10GB dalam 30 hari. Dilihat dari brandingnya, operator selular ini memang mengedepankan kebutuhan berselancar di dunia maya bagi penggunanya.

Kuota belajar ByU bisa dinikmati pengguna dengan membayar Rp 1,- saja dan hanya bisa diaktifkan 1 kali dalam 30 hari tersebut. Bagi sobat eCampuz yang menggunakan operator ByU ini bisa mengaktifkan melalui aplikasi mobile ByU. Di dalam aplikasi mobile tersebut akan ada menu Reward Pengguna, kemudian pilih Topping Kuota Belajar.

Demikian penjelasan singkat mengenai  pilihan operator yang menyediakan kuota belajar bagi dosen dan mahasiswa. Nah lhoo, operator kalian termasuk salah satu diantara pilihan di atas nggak nih? Ini bisa menjadi referensi pilihan sobat eCampuz. Oiya, kalau kalian punya pilihan rekomendasi yang lain atau punya tips untuk lebih berhemat kuota lagi, sobat eCampuz bisa share kolom komentar yah. Semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga: 5 Tips Saat Memilih Kursus Online