Dewasa ini perkuliahan daring (online) adalah sebuah keharusan, meski pada awalnya mungkin masih banyak kampus yang belum terbiasa namun sekarang daring seolah santapan pokok dan menjadi sebuah keharusan. Perencanaan dan persiapan yang matang agar semua berjalan lancar dan bisa dinikmati oleh pelajar dan pengajar adalah kunci yang paling utama.

Salah satunya adalah dengan memilih metode pembelajaran yang pas dan sesuai, Blended Learning salah satunya. Metode pembelajaran ini menggabungkan dua metode yaitu konvensional (tatap muka) dan digital. Hal ini dinilai lebih fleksibel dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran.

Kemudian bagaimana agar Blended Learning bisa berjalan efektif? Penasaran kan sobat eCampuz? Berikut beberapa Tips agar Blended Learning berjalan secara efektif selama perkuliahan daring:

 

1. Siapkan Manajemen Pembelajaran dengan Rapi dan Baik

Sebelum memulai pertemuan sebaiknya buatlah rencana pembelajaran dan siapkan apa saja yang dibutuhkan selama perkuliahan nanti. Salah satunya seperti pengelolaan kelas perkuliahan. Sobat bisa menggunakan Virtual Class yang disediakan oleh eCampuz, susun dan aturlah serapi mungkin. Bedakan kelas menurut mata kuliah ataupun semester yang sudah ada, selayaknya kelas tatap muka biasa.

Dengan pengelolaan kelas yang rapi, diharapkan sobat bisa dengan mudah mengatur tugas kuliah, ujian, ataupun materi pembelajaran dengan tepat.

 

2. Lakukan “Flipped Classroom” dengan Tepat

Flipped Classroom merupakan metode penyampaian materi di luar pembelajaran kelas online yang sudah dibuat. Metode ini bisa diartikan sebagai kelas diskusi tambahan dimana mahasiswa bisa mengeksplorasi lebih dalam mengenai materi yang diberikan di kelas online bersama teman-temannya. Ini kesempatan lebih bagi mahasiswa agar berlatih memecahkan masalah soal-soal sekaligus membangun jiwa team work.

Apabila metode flipped ini bisa dilakukan dengan baik, maka kegiatan belajar mengajar akan terasa lebih efektif dan menjadikan kelas belajar makin hidup dengan hadirnya banyak diskusi.

 

3. Menciptakan Kelas yang Menarik dan Interaktif

Seperti halnya kelas tatap muka yang butuh suasana penyemangat agar stamina belajar tetap OK…, ajak mahasiswa untuk berkomunikasi dua arah, meskipun ini adalah pembelajaran daring ciptakan kelompok diskusi kecil agar mahasiswa aktif saling melempar pertanyaan.

Sebagai dosen usahakan jangan terlalu menguasai kelas, biarkan para mahasiswa memberikan feedback. Mahasiswa bisa mengambil sumber dari berbagai materi dan bahan belajar dari luar kelas, agar tercipta merdeka belajar yang sebenar-benarnya.

 

4. Fokus Pada Desain Pembelajaran

Hal yang terpenting dalam blended learning adalah desain pembelajarannya. Sebagai dosen harus fokus pada desain pembelajaran yang akan disampaikan kepada para mahasiswa.

Urutan pertama bisa sobat mulai dengan penentuan strategi pembelajaran yang digunakan. Yang kedua adalah hal yang berkenaan dengan teknologi yang dipakai. Pilihlah teknologi yang paling cocok dan pas serta dapat dinikmati oleh seluruh mahasiswa. Ketiga, bangun komunikasi dua arah yang melibatkan secara langsung mahasiswa dalam proses berlangsungnya pembelajaran.

 

5. Kuasai Teknologi Dasar

Penguasaan teknologi menjadi kunci utama bagi suksesnya Blended Learning ini, bahkan tidak hanya Blended Learning saja. Metode pembelajaran daring lainnya pun pelaku daring baik dosen maupun mahasiswa harus mempunyai cukup dasar penggunaan teknologi.

Bisa dibayangkan apabila empat tips sebelumnya sudah tersusun rapi namun ternyata mahasiswa maupun dosennya sekalipun belum memiliki kecakapan teknologi, maka akan sia – sia  saja dan tidak akan berjalan, alias macet.

Diantara beberapa skill dasar yang diharapkan sudah dikuasai antara lain seperti touch typing, web navigation, copying and pasting, penggunaan hyperlink, dan downloading and uploading dokumen.

 

Demikian beberapa resep yang dapat sobat eCampuz terapkan agar metode Blended Learning berjalan afektif. Apabila beberapa resep tadi dapat diterapkan dengan baik, mahasiswa maupun dosen akan sangat bisa menikmati pembelajaran dengan asik. Situasi ini akan pas dan terbantu dalam implementasinya jika ekosistem eCampuz sebagai solusi pendukung pembelajaran Blended Learning anda.

Baca juga artikel tentang 5 Alasan E-Learning Mendadak Populer

 

Sumber Gambar : https://cdn-images-1.medium.com/max/1200/1*TdxBRV3kLOSv1wvuvIZeGA.jpeg