Mengapa harus menghubungi dosen melalui pesan singkat?

Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut menjadi pribadi mandiri, adaptif, dan kritis. Apalagi terkait dengan bidang akademik yang lekat dengan mahasiswa. Jika pada pendidikan sebelumnya di SMA, guru akan sangat memperhatikan dan memberikan segala detail informasi terkait pembelajaran kepada siswanya maka di perguruan tinggi justru berbeda. Mahasiswa, tidak bisa sekedar menunggu inisiatif teman atau dosen menjelaskan detail terkait tugas atau perkuliahan yang diberikan. Sehingga penting memiliki keberanian untuk inisiatif bertanya kepada dosen baik secara langsung atau melalui pesan singkat.

Perlu diingat nih Sobat eCampuz, bahwa dalam menghubungi dosen ada beberapa aturan, etika dan tata krama yang harus terapkan loh. Permasalahannya seringkali mahasiswa takut dan bingung gimana sih cara sopan ketika hendak menghubungi dosen? Terlebih jika dosen tersebut dikenal sebagai dosen killer oleh mahasiswa 🤓. Tapi tenang deh, Tim eCampuz akan kasih tau tips dan aturan yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi dosen, simak yaa!

Baca juga: Apasih Arti SKS, IP, IPK dan Istilah Perkuliahan Lainnya?

arti sks ipk asdos ecampuz1. Perhatikan waktu

Aturan pertama ini penting banget nih Sobat eCampuz, kamu harus memperhatikan waktu yang tepat ketika hendak menghubungi dosen. Jangan sampai kamu mengirim pesan singkat ke dosen di waktu yang sudah larut karena akan dinilai nggak sopan. Sebaiknya, kamu menghubungi dosen pada saat jam kerja.

 

2. Awali dengan salam

“Assalamualaikum”
“Selamat pagi, Bapak/Ibu ……”
Salam pembuka mengisyaratkan bahwa kamu sedang melakukan percakapan formal, sehingga penting bagi mahasiswa untuk menyisipkan salam pembuka sebagai awal dari pesan yang akan sampaikan.

 

3. Permintaan maaf

“Sebelumnya, mohon maaf karena mengganggu waktu Bapak/Ibu ”

Permohonan maaf disini bukan karena kamu telah melakukan kesalahan, namun menunjukan bahwa kamu menghargai waktu yang dimiliki dosen. Mengingat setiap dosen memiliki kegiatan yang cukup padat.

 

4. Perkenalkan diri

“Perkenalkan, saya Amanda NPM 20201019 mahasiswa Bapak/Ibu di mata kuliah ……… pada semester ini”
Ingat, dosen memiliki banyak sekali mahasiswa yang beliau ajar, tentu tidak mungkin dosen mengingat dengan detail tiap mahasiswanya. Sehingga penting bagi kamu untuk memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, NIM/NPM, program studi dan sampaikan mata kuliah terkait yang ingin kamu tanyakan kepada dosen pengampu. Tidak memperkenalkan diri merupakan kesalahan sangat fatal loh, Sobat eCampuz!

 

5. Sampaikan pesan dengan singkat dan jelas

Usahakan untuk mengirim pesan atau pertanyaan yang ingin kamu tanyakan dengan kalimat yang efektif, jangan bertele-tele dan hindari spamming. Gunakan bahasa yang formal dan perhatikan penggunaan tanda baca agar pesan yang kamu sampaikan mudah untuk dipahami.

 

6. Ucapkan terimakasih dan salam penutup

Akhiri pesan yang kamu tulis dengan terimakasih dan salam penutup. Baca juga: 5 Tips Jitu Mahasiswa Produktif Saat Perkuliahan Hectic!

Agar kamu lebih paham, Tim eCampuz udah siapin contoh susunannya khusus buat kamu.

Assalamualaikum, Selamat pagi, Bapak/Ibu
Sebelumnya, mohon maaf mengganggu waktu Bapak/Ibu.
Perkenalkan, saya Amanda NPM 20202019 mahasiswa Bapak/Ibu di mata kuliah Pancasila kelas C pada semester ini.
Saat ini saya sedang menyusun makalah tugas akhir untuk mata kuliah Pancasila yang diampu Bapak/Ibu, terkait hal ini saya membutuhkan tanda tangan Bapak/Ibu pada lembar pengesahan saya. Kiranya, kapan saya dapat menemui Bapak/Ibu?
Terimakasih.
Wassalam.

Jadi, kini Sobat eCampuz nggak perlu bingung lagi ketika harus menghubungi dosen. Karena poin-poin di atas akan mempermudah kamu untuk menyampaikan pesan ke dosen.