Presensi kuliah hari ini, bisa nggak seribet dulu sobat eCampuz! ― Pendidikan tinggi telah mengalami banyak perubahan seiring dengan kemajuan teknologi. Salah satu perubahan paling signifikan adalah bagaimana cara presensi kuliah dikelola. Dulu, mahasiswa harus mengisi daftar hadir kuliah secara manual atau menggunakan kartu presensi fisik. Namun, di era digital ada banyak sekali aplikasi yang memudahkan mahasiswa untuk mengelola presensi kuliah dengan sangat mudah.

Salah satunya bisa melalui aplikasi mobile mCampus dari PT Solusi Kampus Indonesia (eCampuz). Aplikasi berbasis Android dan iOS ini dapat diunduh secara gratis. Data-data yang ada di mCampus terintegrasi dengan aplikasi lain seperti eAkademik dan ePembayaran. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur presensi mandiri ini, pastikan kampus kalian sudah menggunakan aplikasi eAkademik ya! Fitur Presensi Online ini bisa dilakukan hanya dengan 5 langkah saja lho. Sobat eCampuz yang ingin tahu apa saja manfaat dan bagaimana langkah-langkah mudah dalam melakukan presensi online, simak penjelasan berikut ini.

Mengapa Perlu Beralih ke Aplikasi Online?

Perguruan tinggi telah merasakan dampak besar dari kemajuan teknologi. Mulai dari e-learning hingga sumber daya daring, perkembangan teknologi telah memudahkan akses terhadap informasi dan secara perlahan juga mengubah proses pembelajaran. Kini presensi kuliah secara online menjadi solusi terbaik yang memudahkan para mahasiswa maupun pihak kampus untuk mengelola daftar presensi.

Ketika sobat eCampuz beralih ke aplikasi online untuk mengelola presensi kuliah ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Berikut beberapa alasan mengapa penggunaan presensi online sangat bermanfaat.

1. Kemudahan Akses

Aplikasi presensi online memungkinkan mahasiswa untuk dengan mudah mengakses jadwal kuliah, daftar hadir, dan informasi penting lainnya. Hal ini membuat pengelolaan kehadiran lebih nyaman dan efisien. Tidak hanya oleh mahasiswa sendiri, admin Bagian Akademik yang bertugas juga menjadi dimudahkan dengan data presensi yang secara otomatis sudah dapat dilihat dari aplikasi. Nggak lagi-lagi deh rapelan ngumpulin satu persatu berkas dan input data presensi kuliah.

2. Pengurangan Kecurangan

Meskipun dilakukan secara daring, beberapa aplikasi presensi online dilengkapi dengan fitur keamanan. Misalnya saja pemindaian wajah atau sidik jari, yang membantu mengurangi peluang kecurangan dalam mengisi presensi kuliah.

3. Pelacakan Presensi yang Akurat

Manfaat berikutnya adalah membantu proses absensi lebih akurat. Dengan aplikasi online pihak fakultas atau prodi di suatu kampus dapat dengan mudah melacak kehadiran mahasiswa dan menghindari masalah seperti pengisian daftar hadir manual yang tidak akurat. Melalui proses bisnis pengisian presensi yang sudah dirancang sedemikian rupa dan penerapan teknologi yang tepat, kecurangan dapat diminimalisir.

4. Pengingat Kehadiran

Aplikasi online juga ada yang menyediakan pengingat yang dapat membantu mahasiswa untuk tidak melewatkan waktu kelas perkuliahan. Hal ini sangat berguna terutama dalam jadwal yang padat. Mahasiswa yang kampusnya sudah menggunakan mobile apps mCampus, dapat mengecek juga jadwal perkuliahannya melalui aplikasi tersebut. 

5. Laporan Kehadiran yang Mudah

Dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses laporan kehadiran melalui aplikasi online. Laporan kehadiran tersebut nantinya bisa digunakan sebagai bahan evaluasi ketika menjelang akhir semester.

6. Kemudahan Penyesuaian

Aplikasi online juga memungkinkan perguruan tinggi untuk dengan mudah menyesuaikan sistem presensi sesuai dengan kebijakan kampus. Jadi, prosesnya tetap lebih fleksibel.

Presensi Kuliah dengan Mudah, Khusus untuk Mahasiswa Kampusmu!
Baca juga:3 Mobile Apps yang Bisa Bantu Kalian Lebih Produktif

Manfaat Presensi Online Bagi Mahasiswa

Dengan adanya aplikasi presensi online tidak hanya memudahkan pihak universitas dalam pengelolaan administrasi, tapi mahasiswa juga mempunyai banyak keuntungan. Berikut ini adalah keuntungan mahasiswa jika universitas sudah menerapkan presensi online.

1. Efisiensi Waktu

Presensi online menghemat waktu mahasiswa. Sobat eCampuz tidak perlu lagi mengisi daftar hadir manual atau mengantri untuk melakukan presensi. Hal ini memungkinkan kamu untuk lebih fokus pada pembelajaran.

2. Dokumentasi yang Mudah

Aplikasi presensi online dapat mencatat riwayat kehadiran mahasiswa. Hal ini dapat digunakan sebagai bukti kehadiran dalam kasus perselisihan atau permasalahan administratif lainnya. Di beberapa kampus, ada aturan khusus yang mengikat terkait presensi atau kehadiran mahasiswa di kelas perkuliahan, yaitu harus mencapai minimum presentase tertentu agar bisa digunakan sebagai syarat mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS). Apakah kampus sobat eCampuz seperti itu juga?

3. Kemudahan Akses Informasi

Mahasiswa dapat dengan mudah mengakses informasi tentang jadwal kuliah, materi perkuliahan, tugas, dan pemberitahuan lainnya melalui aplikasi online. Hal ini memudahkan sobat eCampuz untuk tetap terinformasi tentang hal-hal penting yang terkait dengan kuliah. 

Solusi Presensi Kuliah Mudah Dengan mCampus✨

Salah satu mobile apps yang bisa memudahkan mahasiswa maupun perguruan tinggi adalah mCampus. Aplikasi berbasis mobile ini memberikan kemudahan informasi akademik dan layanan kampus lainnya. Melalui mCampus ada banyak sekali fitur yang akan membantu sobat eCampuz. Mulai dari fitur jadwal kuliah, jadwal ujian, sampai dengan informasi tagihan pembayaran. Jadi, sobat eCampuz akan mendapatkan berbagai info seputar data akademikmu dalam satu genggaman dan memudahkan dalam mengatur semua kegiatan harian kalian. 

Saat ini di mCampus juga sudah ada fitur baru yaitu presensi online mandiri yang bisa dilakukan secara mudah hanya dengan 5 langkah. Tapi, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pihak perguruan tinggi yang sudah memakai layanan dari eCampuz yaa. Selain itu, pastikan juga dosen mata kuliah tersebut sudah mengaktifkan fitur presensi mandiri pada aplikasi Portal eAkademik. Untuk 5 langkah mudah presensi online melalui mobile mCampus adalah sebagai berikut.

  1. Langkah awal, buka aplikasi mCampus yang sudah kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store
  2. Kemudian login menggunakan akun mahasiswa di Portal eAkademik yang sudah dimiliki. Pastikan nama universitas kamu sudah berada di daftar pilihan kampus yang tersedia.
  3. Kemudian pilih menu “Presensi Online” yang berada di menu bar bagian bawah.

    presensi-kuliah
    Tampilan menu Presensi Online
  4. Setelah muncul tampilan mata kuliah hari ini, pilih “Presensi” pada mata kuliah yang sudah kalian ikuti kelas perkuliahannya. Pastikan bahwa di mata kuliah tersebut sudah muncul keterangan “Presensi Online Tersedia” dengan status centang hijau. 
  5. Terakhir, akan muncul pop up yang menandakan bahwa proses presensi pada mata kuliah tersebut sudah berhasil. Sobat eCampuz hanya perlu memilih “Ok” dan status presensi pada mata kuliah tersebut sudah berubah.

    presensi-kuliah
    Tampilan ketika presensi online berhasil dilakukan
  6. Di mCampus, kalian bisa juga melihat riwayat presensi dari pertemuan yang lalu. Informasi yang tampil pada riwayat ini bisa kalian dapati juga di Portal eAkademik.

    presensi-kuliah
    Tampilan daftar riwayat kelas perkuliahan
presensi-kuliah
Baca juga: Urusan Transaksi Bayar Kuliah Jadi Lebih Mudah Menggunakan eCampuz

Presensi online akan sangat memudahkan mahasiswa, dosen, maupun admin petugas akademik di perguruan tinggi. Karena beberapa langkah penting telah dikelola oleh aplikasi, menjadikannya lebih efisien. Sobat eCampuz pun bisa menggunakan aplikasi mCampus yang menawarkan fitur tersebut. Melalui aplikasi ini proses presensi menjadi mudah dan sobat eCampuz bisa mendapatkan informasi akademik maupun pelayanan kampus secara cepat.

Nah, siapa nih yang juga sudah menggunakan presensi online mandiri dengan mCampus? Bagaimana pengalaman kalian dalam menggunakan fitur tersebut? Boleh banget share di kolom komentar yaa. Bagi sobat eCampuz yang masih belum menggunakan dan tertarik untuk bisa mendapatkan kemudahan dari yang sudah kita bahas di atas? Daftarkan kampusmu ke AMS Cloud dari eCampuz sekarang juga 😉