Ingin membuat pertanyaan kuisioner tracer study untuk alumni, tapi mulai dari mana ya? ― Sobat eCampuz, semoga kita semua selalu dalam keadaan baik dan sehat yaa. Pelacakan jejak alumni atau yang biasa kita kenal dengan istilah tracer study menurut Kepala LLDikti Wilayah III, Dr. Paristiyanti Nurwardani, M.P., adalah sebuah riset untuk melacak dan mengevaluasi kinerja alumni dalam mencari pekerjaan setelah ia lulus dari perguruan tinggi. Cara yang umum dilakukan adalah melalui pengisian kuisioner yang ditujukan kepada alumni kampus beberapa saat ketika mereka telah lulus.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai seperti apa contoh pertanyaan tracer study di perguruan tinggi dan apa kesimpulan yang bisa diperoleh dari setiap pertanyaan yang diajukan. Kami mencoba rangkum dari materi presentasi Bapak Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc, Ph.D., dan Bapak Dr. Bambang Setia Budi, S.T., M.Eng., dalam situs Universitas HKBP Nommensen Medan yang berjudul “Sosialisasi dan Workshop Penelusuran Lulusan melalui Tracer Study – Analisis dan Interpretasi”.

Proses tracer study ini dapat dianggap sebagai sebuah riset menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada para alumnus perguruan tinggi mengenai pencarian kerja, situasi pekerjaan dan pengaplikasian kompetensi yang diperoleh selama mereka kuliah. Hal ini biasanya dilakukan oleh kampus setiap 2 tahun sekali.

tracer study
Baca juga: Masih Abai dengan Tracer Study? Simak Tujuan dan Manfaatnya bagi Kampus

Apa tujuan dilaksanakannya tracer study bagi kampus?

Tracer Study bagi kampus bertujuan untuk mengetahui bagaimana kabar terakhir dari para alumnus yang dihasilkan pasca kelulusan dan sejauh apa kontribusi perguruan tinggi terhadap kompetensi alumni. Data tersebut kemudian akan menjadi bahan evaluasi bagi kampus dalam perbaikan kurikulum pelajaran untuk menyesuaikan terhadap karir selanjutnya yang sesuai atau selaras dengan program studi yang ditawarkan oleh kampus. Selain itu, hasil dari tracer study tersebut nantinya juga akan dilaporkan ke Dikti untuk membantu program pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia. Ini juga menjadi nilai tambah bagi kampus dalam proses akreditasi perguruan tinggi oleh BAN-PT.

Lalu, bagaimana bentuk format dan contoh kuisioner yang wajib ada dalam tracer study?

Nah, untuk bentuk format dan contoh kuisioner dapat kita lihat melalui tabel di bawah ini. Sebagai catatan, seluruh informasi yang tersaji dalam tabel tersebut bersumber dari materi presentasi kedua tokoh yang telah kami sebutkan di paragraf awal di atas. Berikut uraian penjelasan lengkapnya.

[table id=3 /]

Kegiatan tracer study yang dilaksanakan oleh kampus sejatinya adalah untuk kebaikan kampus dan mahasiswa. Melihat masih sering kami jumpai kampus yang mengalami kendala dalam melakukan pelacakan jejak alumni atau tracer study, eCampuz turut hadir menawarkan solusi untuk memudahkan kampus menjalankan aktivitas ini melalui aplikasi eAlumni. Aplikasi tersebut adalah sistem informasi pengelolaan data alumni perguruan tinggi agar database yang dimiliki kampus dapat terstruktur dengan baik. eAlumni berfungsi sebagai media interaksi melalui fitur tracer study.

Tracer study di perguruan tinggi seringkali sulit dilakukan karena beberapa faktor. Pertama, kendala dalam mengumpulkan data dari alumni yang mungkin sudah tersebar di berbagai lokasi. Kedua, kurangnya partisipasi dari lulusan yang sibuk dengan karier atau kehidupan pribadi mereka. Ketiga, keterbatasan sumber daya dan teknologi untuk melacak jejak alumni dengan akurat. Keempat, tingkat perubahan pekerjaan dan karier yang tinggi membuat sulit untuk memahami dampak lulusan perguruan tinggi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, perlu adanya strategi yang efektif dan inovatif dalam melaksanakan tracer study guna meminimalkan hambatan-hambatan tersebut.

Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi eAlumni salah satunya telah mendukung pelaporan data tracer study ke tracerstudy.kemdikbud.go.id. Selain itu, terdapat fitur lain berupa fleksibilitas untuk input jenis pertanyaan apakah pertanyaan untuk jawaban pilihan ganda atau jawaban kalimat panjang. Penggunaan aplikasi eAlumni tentu sangat mudah bagi yang baru mencoba dan tidak ribet digunakan karena semua sudah ada panduan penggunaan aplikasi.

tracer study
Baca juga: Tracer Study yang Sesuai dengan Standar DIKTI

Demikian sobat eCampuz penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar tracer study. Untuk informasi selengkapnya terkait aplikasi eAlumni, sobat eCampuz kami persilahkan untuk menuju etalase produk yang ada di sini. Namun, jika dirasa masih kurang, dapat juga menghubungi melalu chat ke WA official eCampuz. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya 👋