Bagi Sobat eCampuz yang sudah lulus kuliah, apakah pernah mendapatkan survei dari mantan kampus? Survei ini biasanya bentuk tindak lanjut dari mantan kampus untuk melacak alumni-alumni mereka, apakah para alumni berhasil diserap di lapangan pekerjaan, berapa banyak yang berhasil diserap di lapangan pekerjaan, dan apakah pekerjaan alumni-alumni tersebut sejalan dengan jurusan/program studi dan level pendidikan mereka. Survei inilah yang dikenal dengan nama studi pelacakan jejak lulusan, atau lebih kerap disebut dengan tracer study.

Manfaat survei tracer study ini antara lain; evaluasi kualitas pendidikan, memahami tingkat kepuasan alumni, digunakan untuk penyusunan program pembelajaran yang lebih baik, meningkatkan keterlibatan alumni, memperbaiki strategi pemasaran dan komunikasi untuk mempromosikan citra baik perguruan tinggi, mengukur kesiapan kerja alumni, usaha peningkatan reputasi perguruan tinggi, dan membangun jaringan profesional yang lebih kuat.

tracer study
Baca juga: Masih Abai dengan Tracer Study? Simak Tujuan dan Manfaatnya bagi Kampus

Dikutip dari tracerstudy.kemdikbud.go.id, tracer study dinilai penting karena menjadi alat evaluasi kinerja perguruan tinggi dan sekarang telah menjadi salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), sebagai kelengkapan dalam dokumen Evaluasi Diri yang diperlukan dalam pengajuan proposal melalui Kemendikbud. Tracer study online Dikti ditujukan untuk melacak jejak lulusan/alumni yang dilakukan 2 tahun setelah lulus dan bertujuan untuk mengetahui:

  1. Outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja (termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama), situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.
  2. Output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi.
  3. Proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi. Hasil tracer study akan membantu perguruan tinggi dalam mengetahui posisi lulusan yang telah terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja. Hasil tracer study yang kemudian dilaporkan ke Dikti akan membantu program pemerintah dalam rangka memetakan kebutuhan dunia kerja dengan pembangunan pendidikan di Indonesia.

Sebagai penyedia solusi digitalisasi pengelolaan data kampus yang berusaha memenuhi kebutuhan kampus dari hulu ke hilir, eCampuz juga menyediakan sistem informasi pengelolaan data alumni perguruan tinggi, yaitu eAlumni. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media interaksi melalui fitur Tracer Study. Fitur pelacakan jejak alumni atau Tracer Study di aplikasi eAlumni, dapat menyajikan data pengukuran dan pelacakan kinerja lulusan sehingga diperoleh indikator yang jelas tentang jumlah, profil kerja masa mendatang serta pelatihan yang diperlukan.

Aplikasi eAlumni juga memiliki fitur-fitur yang dapat menunjang keperluan Sobat eCampuz dalam mengelola tracer study sebagai berikut;

  • Manajemen registrasi & direktori alumni
  • Pencarian data alumni berdasarkan nama, NIM, Program Studi, angkatan tahun masuk, tanggal lulus
  • Pengaturan periode aktif kuisioner tracer study
  • Pembuatan pertanyaan kuisioner dengan beragam jenis jawaban, seperti pilihan ganda, text panjang, maupun pilihan lebih dari satu
  • Laporan pengisian tracer study berdasarkan periode pengisian
  • Portal personal untuk alumni

Unggah Data Tracer Study ke Situs Tracer Study Dikti Lebih Mudah dengan eAlumni

Kemendikbudristekdikti sudah mulai merintis kompilasi data tracer sudy nasional. Sobat eCampuz dapat mengunjungi tracerstudy.kemdikbud.go.id untuk pengisian tracer study bagi perguruan tinggi strata satu dan ke atas, sedangkan untuk untuk pengisian tracer study bagi sekolah kejuruan dan sekolah vokasi atau setara, Sobat eCampuz silakan kunjungi tracervokasi.kemdikbud.go.id.

Terkait kompilasi tracer study yang dibuat oleh Kemendikbudristekdikti, ada satu keuntungan lain jika Sobat eCampuz memakai aplikasi eAlumni; mudah mengunggah data hasil tracer study ke situs yang disediakan Kemendikbudristekdikti tersebut. Bagaimana caranya? Sobat eCampuz bisa simak di video ini, atau ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan hasil tracer study

Proses penyiapan file excel hasil tracer study dilakukan melalui aplikasi eAlumni. Sobat eCampuz bisa memilih menu Tracer Study > Laporan Tracer Study. Kemudian Sobat eCampuz bisa klik tombol Export Excel pada periode tracer study yang akan dilaporkan. File excel tracer study tersebut akan diunduh ke perangkat Sobat eCampuz.

2. Unduh template dari web tracer study Kemdibudristekdikti

Sobat eCampuz silahkan kunjungi website tracer study tracerstudy.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke akun Sobat eCampuz. Setelah itu, pilih menu Unggah Data > klik tombol Tambah Data > unduh Template Dokumen Data Responden. Sobat eCampuz dapat memindahkan data dari file Excell yang sudah diunduh pada poin 1 dari aplikasi eAlumni ke file template dokumen data responden yang diunduh dari web tracer study Kemendikbudristekdikti. Sobat eCampuz hanya perlu melakukan “salin-tempel” karena aplikasi eAlumni sudah menyesuaikan urutan jawaban dengan tracer study Kemendikbudristekdikti.

Jangan lupa simpan template yang sudah diisi data dari laporan tracer study.

3. Unggah data ke web tracer study Kemdibudristekdikti

Sobat eCampuz kembali kunjungi website tracer study tracerstudy.kemdikbud.go.id kemudian masuk ke akun Sobat eCampuz. Setelah itu, pilih menu Unggah Data > klik tombol Pilih Dokumen > silakan pilih dokumen yang sudah disimpan pada proses langkah poin 2 di atas > klik tombol Unggah Dokumen.

Bagaimana? Dengan aplikasi eAlumni, proses unggah data tracer study ke situs tracerstudy.kemdikbud.go.id┬ájadi lebih mudah, bukan? 😉