Sekarang-sekarang ini kita sering dituntut untuk bekerja multi-tasking baik itu di sekolah, kampus, kantor, bahkan dalam kegiatan sehari-hari. Sebagai contoh, Sobat eCampuz mungkin pekan ini harus ikut rapat di tiga organisasi, belajar untuk kuis di empat mata kuliah, dan menyiapkan tugas presentasi kelompok. Ditambah jadwal olahraga yang baru bulan lalu ditambahkan karena belakangan walau masih muda tapi sudah sering gampang capek dan sakit punggung, duh siapa di sini yang mulai suka gampang pegal-pegal?

Mobile Apps yang Punya Manfaat Lebih

Tuntutan ini hadir tapi bukan tanpa solusi. Bersyukurnya, di era juga yang semakin maju teknologinya ini, masalah yang hadir tadi sudah ada banyak teknologi yang bisa membantu, tinggal kita mau mencoba mencarinya atau tidak. Kali ini Tim eCampuz akan berbagi aplikasi berbasis mobile yang bisa membantu kalian yang ingin menjadi lebih produktif dan mengatur multi-kegiatan agar semua selesai sesuai harapan.

Mobile Apps Multi Function – NOTION

mobile apps

Dikutip dari Wikipedia, Notion adalah aplikasi freemium berbasis web yang digunakan untuk mencatat (note-taking) dan membantu agar lebih produktif, dikembangkan oleh Notion Labs Inc. Notion menawarkan alat-alat untuk mengorganisir segala sesuatu, seperti mengatur tugas (task management), melacak proyek (project management), daftar tugas (to-do lists), memberi markah (bookmarking), dan lain-lain. Tambahan fitur-fitur yang dapat digunakan dalam mode luring bisa didapatkan di aplikasi berbasis desktop dan mobile untuk Windows, macOS, Linux, Android, and iOS. Pengguna bisa membuat template yang dapat disesuaikan, menambahkan video, dan konten web, juga berkolaborasi dengan orang lain secara bersamaan.

Sobat eCampuz dapat menggunakan Notion untuk mengerjakan tugas bersama teman-teman atau sebagai pengingat daftar tugas diri sendiri.

Untuk memakai Notion, kita tidak memerlukan pelatihan khusus. Notion menawarkan kemampuan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan sebuah pustaka yang berisi template gratis juga berbayar, dengan fungsi kecerdasan buatan dari Notion. Kita bisa menulis dan memperbaiki kontent, merangkum catatan yang pernah dibuat, rapat singkat sehari-hari, menyesuaikan tone, menerjemah dan memeriksa tulisan. Fitur keamanan termasuk Security Assertion Markup Language (SAML) single sign-on dan private team spaces untuk level Business and Enterprise.

Notion terhubung dengan SaaS termasuk GitHub, GitLab dan Zoom, Lucid Software, Cisco Webex dan Typeform.

Mobile Apps Habit Tracker

mobile-apps-habit-tracker

Habit Tracker adalah aplikasi yang direkomendasikan oleh Kendall Roach, seorang konselor profesional berlisensi di Springfield, Missouri dan spesialis kesehatan mental di Babylon untuk banyak pasien ADHD dewasa yang kesulitan menyelesaikan tugas atau pekerjaan sehari-hari.

Kita semua sudah tau jika kita memiliki kebiasaan yang sehat, dapat meningkatkan kesejahteraan dengan berbagai cara. Dilansir dari salah satu artikel Forbes Health, menurut Dr. Sepehri, “Mempraktikkan kebiasaan baru yang sehat dapat memiliki efek domino, mendorong Anda untuk menambahkan lebih banyak rutinitas sehat yang menambah kesuksesan Anda.” Hal tersebut tidak hanya meningkatkan kesejahteraan kita secara keseluruhan, tetapi juga kepercayaan diri dan rasa percaya diri kita. Pada dasarnya seperti self love, ketika kita memprioritaskan kebiasaan yang mengingatkan kita untuk menghargai diri sendiri dan kesehatan.

Dikutip dari situs Top Three Guides, versi gratis dari aplikasi ini menyediakan poin kebiasaan-kebiasaan yang bisa ditambahkan tanpa batas. Ini adalah salah satu nilai plus karena biasanya aplikasi gratis untuk pencatatan kebiasaan hanya bisa menambahkan 3 poin kebiasaan yang bisa dilacak, dan tentu saja rasanya kurang. 

Meskiupun Davetech Co. juga menawarkan versi premium, versi gratisnya sendiri sebetulnya sudah cukup lengkap. Aplikasi ini menawarkan cara-cara melacak kebiasaan berdasarkan waktu, jarak, atau satuan unit. Misal, Sobat eCampuz bisa menambahkan target berjalan 10.000 langkah per hari. Jika Sobat eCampuz baru sempat berjalan 8.000 langkah hari ini, Sobat eCampuz memang belum memenuhi target harian, tapi capaian hari ini tetap bisa ditambahkan agar terlacak bahwa hari ini Sobat eCampuz setidaknya pernah berjuang. Contoh lain: jika Sobat eCampuz punya target makan tiga buah per hari, di aplikasi ini Sobat eCampuz bisa tambahkan target buah satu per satu dan melacaknya satu per satu.

Sebagai aplikasi gratisan, Habit Tracker juga menawarkan banyak rangkuman dan analisis-analisis kebiasaan kita. Pada halaman Overview, Sobat eCampuz bisa melihat progres tiap kebiasaan dan bisa melihat detail masing-masing kebiasaan. Tampilan yang lebih detail bisa menunjukkan persentase pencapaian bulanan dan tahunan, juga current streaks, best streaks, rekaman, total persentasi habit yang selesai dan banyak lagi.

Ini bisa dimanfaatkan jika Sobat eCampuz ingin membangun kebiasaan sehat yang baru dan sustainable. Sayangnya, untuk saat ini aplikasi berbasis mobile ini baru bisa didapatkan di AppStore. Jika Sobat eCampuz tertarik mencoba, silakan unduh aplikasi di sini.

Mobile Apps Khusus Buat Mahasiswa – mCAMPUS

3 Mobile Apps yang Bisa Bantu Kalian Lebih Produktif

Terakhir dan tidak kalah membantu Sobat eCampuz untuk lebih produktif adalah aplikasi mCampus. mCampus adalah aplikasi berbasis mobile untuk mengakses berbagai macam informasi akademis, layanan kampus dan untuk berinteraksi dengan masyarakat kampus. mCampus terintegrasi dengan kampus yang menggunakan sistem informasi manajemen akademik eCampuz.

Untuk menggunakan mCampus, silakan unduh mCampus di sini kemudian login menggunakan ID mahasiswa.

Di aplikasi mCampus, terdapat fitur jadwal kuliah, jadwal ujian, tagihan pembayaran. Sobat eCampuz bisa tuh memadukan ketiga aplikasi sebagai alat bantu agar Sobat eCampuz bisa produktif berkegiatan sehari-hari. Misal, setelah mengetahui jadwal kuliah di aplikasi mCampus, Sobat eCampuz bisa langsung menyusun daftar kegiatan menggunakan Notion untuk seminggu ini sesuai mata kuliah.

Nah, setelah mendapatkan jadwal ujian di aplikasi mCampus, bisa juga digabungkan dengan aplikasi Habit Tracker. Sobat eCampuz jadi bisa menyusun kebiasaan baru yaitu belajar dengan target tertentu, sampai waktu ujian tiba. Sepertinya menyenangkan, bukan? Tugas dan kegiatan yang lebih tertata dan terlacak biasanya akan lebih memacu semangat. Apalagi jika kita berhasil menyelesaikan tugas sesuai target.

3 Mobile Apps yang Bisa Bantu Kalian Lebih Produktif
Baca juga : mCampus, Cita-cita Besar untuk Menggapai Kampus Merdeka

Nah, apakah Sobat eCampuz tertarik mencoba untuk mengkombinasi ketiga aplikasi ini untuk hari-hari yang lebih produktif?