Urusan Transaksi Bayar Kuliah Jadi Lebih Mudah – Perkembangan metode pembayaran sudah jauh. Dikutip dari situs BI tentang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah, metode pembayaran diawali dengan metode barter pada masa prasejarah, dan saat ini transaksi mata uang digital adalah metode paling mutakhir. Sejak era modern, alat pembayaran terus berkembang dari alat pembayaran tunai (cash based) ke alat pembayaran non tunai (non-cash). Seperti alat pembayaran berbasis kertas (paper based) misalnya cek dan bilyet giro yang diproses menggunakan mekanisme kliring atau settlement. Selain itu dikenal juga alat pembayaran paperless seperti transfer dana elektronik dan alat pembayaran memakai Kartu ATM, Kartu Kredit, Kartu Debit dan Kartu Prabayar (card-based).

Perbedaan mendasar terletak pada instrumen yang digunakan. Sistem pembayaran tunai menggunakan uang kartal (uang kertas dan logam) sebagai alat pembayaran. Sedangkan pada sistem pembayaran non-tunai, instrumen yang digunakan berupa Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), cek, bilyet giro, nota debit, maupun uang elektronik (card based dan server based).

Pada satu dekade terakhir, telah terjadi gelombang digitalisasi dan mengubah secara drastis perilaku masyarakat. Pola konsumsi masyarakat pun mulai bergeser dan menuntut pembayaran serba cepat, mobile, serta aman melalui berbagai platform antara lain web, mobile, Unstructrured Supplementary Service Data (USSD) dan SIM Toolkit (STK).

Masih dilansir dari situs yang sama, berikut adalah metode pembayaran dibagi berdasarkan kanal pembayaran yang digunakan oleh bank dan/atau lembaga keuangan lain di Indonesia:

  1. Shared Delivery Channel
    • ATM: Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine
    • EDC: Electronic Data Capture, digunakan untuk kartu kredit maupun debit.
  2. Propietary Channel
    • Mobile banking; menggunakan aplikasi mobile yang diluncurkan oleh bank terkait. Kita bisa mengunduh aplikasinya di Android market atau Apple market sesuai ketersediaan dan jenis ponsel kita.
    • Internet banking; internet banking tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi. Kita bisa mengaksesnya melalui peramban, di semua gawai yang menyediakan peramban.
  3. QR Code 

Metode pembayaran jika dilihat dari instrumen pembayaran di Indonesia terbagi menjadi sebagai berikut:

  1. Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK); yaitu pembayaran yang melalui mesin ATM, menggunakan kartu kredit, dan menggunakan kartu debet.
  2. Uang elektronik; yaitu terbagi uang elektronik dengan chip biasanya menggunakan kartu, atau uang elektronik berbasis server yang lebih dikenal dengan nama dompet digital.

Selain pembagian metode pembayaran di atas, pembayaran tunai secara manual saat ini juga masih didukung oleh lembaga-lembaga perbankan yaitu setor tunai melalui teller.

Keragaman metode pembayaran belakangan ini memberikan kemudahan juga bagi kita yang ingin membayar kuliah. Bank biasanya memberikan opsi pembayaran melalui ATM, mobile/internet banking, atau pembayaran langsung di teller. Langkah teknis pembayaran biasanya berbeda tergantung bank yang menyediakan opsi pembayaran.

Urusan Transaksi Bayar Kuliah Jadi Lebih Mudah Menggunakan eCampuz
Baca juga: Pembayaran SPP Mahasiswa di eCampuz Cloud Beserta Variasi Bisnis Prosesnya

Pembayaran Terintegrasi di Perguruan Tinggi

Semakin meroketnya aktivitas belanja online di market place, banyak masyarakat umum yang sudah semakin familiar dan cakap dalam melakukan transaksi pembayaran secara online. Hal tersebut tidak hanya untuk transaksi pembelanjaan saja, namun juga transaksi pembayaran untuk uang kuliah di perguruan tinggi. Rasanya sekarang ini sudah menjadi hal yang umum apabila pembayaran uang kuliah tidak lagi hanya bisa dilakukan melalui loket keuangan, tapi bisa dilakukan dengan sangat mudah dari manapun, kapanpun, lewat segenggam gawai yang terhubung dengan koneksi internet. Namun, tentu saja kemudahan tersebut bisa dirasakan oleh mahasiswa apabila institusi tempat belajarnya juga sudah mengimplementasikan sistem pembayaran yang support intergrasi dengan bank mitra kampus.

ePembayaran

Bagi Sobat eCampuz yang sudah menggunakan sistem akademik dari eCampuz, tentu sudah tahu bahwa pembayaran kuliah sudah terintegrasi dengan sistem dari kampus. Salah satu aplikasi dari eCampuz yang digunakan untuk keperluan pembayaran kuliah adalah ePembayaran.

ePembayaran adalah Sistem Informasi Pembayaran mahasiswa yang diakses oleh back office kampus, dengan fleksibilitas fitur setting tarif. Terintegrasi dengan Bank Mitra untuk pembayaran online dan dapat terhubung dengan laporan akuntansi perguruan tinggi bagi kebutuhan penjurnalan transaksi SPP secara otomatis.

ePembayaran menyesuaikan teknologi bank mitra perguruan tinggi untuk dapat terintegrasi dalam pembayaran SPP Online. Perguruan tinggi akan mendapatkan kenyamanan dari kecepatan penyajian status pembayaran mahasiswa. Kemungkinkan ketersediaan kanal pembayaran yang lebih luas juga menyumbang kemudahan yang dapat dirasakan oleh mahasiswa.

bayar kuliah
Daftar kanal yang sudah terintegrasi dengan ePembayaran

Saat ini, eCampuz sudah bekerja sama dengan banyak bank untuk mempermudah proses pembayaran. Diantaranya adalah BNI, Mandiri, BRI, BCA, Bank Riau Kepri, Bank Sinarmas, Bank Nagari, Bank Papua, Bank Jateng, Bank BPD DIY, Bank Alto, Bank Sumut, Bank BTN, Bank Bengkulu, Bank Mega Syariah, BSI, Bank Bukopin, serta pembayaran digital melalui Simponi, BayarInd, dan LinkAja.

bayar kuliah
Tangkapan layar pada salah satu menu di mCampus

mCampus

Dari sisi mahasiswa, pembayaran terintegrasi ini juga dapat dirasakan manfaat dan kemudahannya. eCampuz memiliki satu aplikasi berbasi mobile yang dapat digunakan oleh mahasiswa, yaitu mCampus.

mCampus digunakan untuk mengakses berbagai macam informasi akademis, layanan kampus dan untuk berinteraksi dengan masyarakat kampus. mCampus terintegrasi dengan kampus yang menggunakan sistem informasi manajemen akademik eCampuz. Untuk menggunakan mCampus, mahasiswa Sobat eCampuz dapat mengunduh aplikasi di Playstore atau Appstore kemudian masuk menggunakan ID mahasiswa.

Sobat eCampuz dapat melihat tagihan dan riwayat pembayaran tagihan di menu Pembayaran atau Payment. Semua data yang tersaji di sini merupakan hasil perhitungan atau setting dari aplikasi ePembayaran. Sobat eCampuz tinggal melihat tagihan yang tertera dan melakukan pembayaran melalui bank yang bekerja dengan kampus dan menggunakan metode pembayaran yang dirasa paling memudahkan.

Dengan segala kemudahan dan beragam pilihan yang ditawarkan teknologi, Sobat eCampuz sekarang bisa menghemat tenaga agar lebih bisa fokus belajar.