eCampuz memahami perkembangan dunia digital yang cukup pesat membuat semua bidang terus berbenah, tidak terkecuali perguruan tinggi. Perguruan Tinggi yang disebut menjadi sebuah ladang dibentuknya tenaga profesional, tentunya harus mempunyai sistem IT yang memadai terlebih dalam pengelolaan data. Itulah sebabnya, berbagai aplikasi dibuat sebagai salah satu sarana mempermudah sistem dalam perguruan tinggi. Dari salah satu alasan tersebutlah eCampuz hadir dengan berbagai layanan untuk membantu mempermudah operasional kampus dalam bidang pengolahan data.

Lalu, Apa itu Ecampuz?

eCampuz merupakan PT Solusi Kampus Indonesia yang resmi berdiri sejak tahun 2018. Dulunya, eCampuz merupakan anak perusahaan dari PT. Gamatechno Indonesia sebagai unit usaha Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bergerak dibidang teknologi informasi dan komunikasi.

eCampuz sendiri memiliki 3 produk layanan utama:

  1. eCampuz suite
  2. eCampuz cloud
  3. eCampuz services

Ketiga layanan tersebut akan membantu sistem penjaminan mutu internal sesuai kebutuhan kampus masing-masing.

Mengenal Layanan eCampuz

Ada 3 produk pilihan layanan eCampuz yang akan membantu memberikan kemudahan dalam operasional pengolahan dibidang data maupun penjaminan mutu internal. Untuk layanan eCampuz suite sistem pemesanan merupakan beli putus. Yang artinya pihak kampus akan mendapatkan source code, fitur dan berbagai aplikasi di dalamnya yang bisa dikelola dan dikembangkan sendiri sesuai kebutuhan kedepannya.

Selain itu, layanan eCampuz Suite juga akan membantu mendesain aplikasi maupun sistem sesuai keinginan maupun kebutuhan kampus yang bersangkutan. Jadi, semua sistem yang ada didalamnya akan sangat sesuai dengan keinginan kampus (customize).

Sedangkan layanan eCampuz Cloud merupakan salah satu produk yang bisa perguruan tinggi pesan dengan metode pembayaran setiap bulan. Yang artinya sistem kerjasama dari layanan cloud adalah sewa. Jadi, fitur-fitur yang tersedia lebih fleksibel untuk berbagai bentuk perguruan tinggi.

Layanan atau produk terakhir eCampuz adalah services. Dimana produknya merupakan jasa konsultasi dan training dengan tujuan mencetak SDM yang unggul, terlatih serta handal untuk membangun pendidikan tinggi sesuai dengan amanah Undang-Undang.

Perbedaan eCampuz Suite dan Cloud

Seperti yang kita semua ketahui kebutuhan akan layanan setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Itulah sebabnya, eCampuz memiliki dua layanan yang akan membantu memberikan kemudahan dalam permasalahan operasional kampus. Untuk layanan cloud bedanya adalah di sistem sewa-pakai yang artinya pihak perguruan tinggi tidak mempunyai hak penuh dalam kustomisasi fitur. Jadi, fitur-fitur yang dikembangkan bersifat fleksibel dan umum. Perubahan dapat dilakukan hanya pada bagian tertentu yang berkaitan dengan identitas personal tiap-tiap perguruan tinggi.

Sedangkan eCampuz suite merupakan layanan penuh yang bisa dijalankan perguruan tinggi secara mandiri dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan dan keinginan. Hal ini dikarenakan semua sistem informasi dibeli putus, jadi semua yang ada dalam aplikasi tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi dan memiliki hak seutuhnya terhadap perubahan semua fitur di dalamnya.

Baca juga: Ini Yang Kami Lakukan Saat Setup Aplikasi eCampuz Cloud

Kapan kita membutuhkan layanan eCampuz Suite?

Hal tersebut mungkin menjadi pertanyaan sebelum memutuskan menggunakan layanan eCampuz Suite ataupun Cloud. Perlu diketahui, ketika ingin menggunakan layanan tersebut tidak berpatok pada jumlah mahasiswa di perguruan tinggi.

Yang artinya, jika perguruan tinggi memiliki jumlah mahasiswa 2000 lebih disarankan menggunakan layanan suite ataupun could, kembali kepada kebutuhan masing-masing. Jika, pihak kampus ingin mendapatkan semua fitur lengkap, fleksibel sesuai keinginan maka akan lebih baik menggunakan layanan suite. Namun, jika dirasa menggunakan layanan cloud sudah bisa mencukupi kebutuhan operasional kampus, hal tersebut juga tidak menjadi masalah.

Bagaimana sistem kerjasama untuk pemesanan eCampuz suite?

Karena layanan ini bersifat custom dan fleksibel tentunya akan dilakukan komunikasi di awal. Jadi, pihak perguruan tinggi akan memberikan informasi kepada team eCampuz tentang fitur apa saja yang dibutuhkan, kesepakatan lamanya waktu pengerjaan, implementasi project, sampai dengan adanya garansi yang diberikan eCampuz kepada perguruan tinggi jika ada fitur-fitur yang mengalami masalah dalam kurun waktu tertentu sesuai kesepakatan.

Selain itu, dalam tahap pengerjaan pihak kampus juga bisa mengontrol progress fitur yang dipesan secara langsung. Dimana team akan melaporkan secara berkala kepada pihak perguruan tinggi tentang project yang sedang berjalan.

Bagaimana sistem pembayaran eCampuz suite?

Ketika pihak perguruan tinggi apapun baik universitas, politeknik maupun sekolah kedinasan memesan layanan eCampuz suite. Maka sistem pembayaran akan dilakukan secara fleksibel. Jadi, bisa disesuaikan dengan anggaran perguruan tinggi masing-masing. Misalnya saja, pembayaran di awal 30 %, ketika proses pengerjaan 50%, dan di akhir implementasi fitur maupun aplikasi tersebut 20%. Atau pun bisa melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan bersama nantinya.

Kesimpulan

Berbagai fitur eCampuz hadir sebagai solusi untuk membantu mempermudah operasional perguruan tinggi. Khususnya layanan suite yang bisa menjawab semua kebutuhan sesuai keinginan perguruan tinggi secara custom. Tentunya dengan garansi terpercaya dan metode pembayaran maupun pemesanan yang sangat memudahkan perguruan tinggi. Jadi, pihak kampus tidak perlu khawatir akan terjadinya hal tidak diinginkan selama menggunakan aplikasi maupun fitur tersebut dikemudian hari.

Baca juga: Tips Agar Blended Learning Optimal