Tim eCampuz menyadari dunia digital dan teknologi yang begitu cepat berkembang tentunya tidak hanya membuat sistem berubah, tapi juga pelaku di dalamnya beradaptasi. Begitu juga dengan perkembangan media operasional kampus yang terus berbenah sehingga menuntut segala sumber daya manusia (SDM) baik dosen, mahasiswa sampai pegawai di lingkup kampus terus update skill untuk menjawab segala kebutuhan perguruan tinggi. Itulah sebabnya layanan eCampuz Services ada sebagai pilihan untuk meningkatkan skill demi terciptanya SDM di bidang manajemen dan tata kelola informasi, merujuk pada Permenristekdikti Nomor 62 Tahun 2017 tentang Tata Kelola TI di Lingkungan Kementerian RISTEKDIKTI.

Lalu, apa sebenarnya eCampuz Services itu?

eCampuz services adalah salah satu dari 3 layanan yang dimiliki eCampuz selain, eCampuz suite dan eCampuz cloud. Jika dua layanan tersebut terfokus pada aplikasi dengan fitur-fitur didalamnya baik itu layanan perpustakaan, registrasi, akademik dan lain-lain yang akan memudahkan pihak perguruan tinggi dalam hal menunjang operasional dari segi digital maka eCampuz Services sangat berbeda.

Seperti yang kita ketahui, sistem yang baik tidak hanya didukung oleh aplikasi terbaru dengan fitur beragam. Namun SDM yang menjalankannya juga harus mempunyai skill untuk membuat implementasi sistem tersebut bisa berjalan lancar dan fungsinya optimal. 

Itulah sebabnya, untuk meningkatkan skill maupun mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh perguruan tinggi, eCampuz menawarkan eCampuz services yang berfokus untuk membantu kampus dalam hal konsultasi maupun training SDM, agar bisa bekerja secara maksimal dan profesional untuk membantu perkembangan kampus sesuai visi misi yang diharapkan.

Apa saja yang bisa dikonsultasikan pihak perguruan tinggi dengan eCampuz?

Dalam setiap perguruan tinggi tentunya memiliki visi misi untuk mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan menggunakan eCampuz services maka pihak kampus bisa mengonsultasikan tentang berbagai hal mulai dari masterplan teknologi informasi, blueprint TI, audit sistem informasi dan lain-lain.

Contohnya, ketika pihak perguruan tinggi ingin menggunakan berbagai aplikasi agar sistem operasional kampus berjalan maksimal, maka bisa mengonsultasikan terlebih dulu kepada tim eCampuz services. Pada layanan ini, pihak kampus akan diberikan analisa menggunakan data untuk idealnya berapa aplikasi atau fitur yang digunakan dengan memaksimalkan SDM yang ada. Hal itu bertujuan, agar sistem yang diimplementasikan nantinya bisa berjalan lancar tanpa kendala.

Baca juga: Sistem Informasi Kepegawaian: 7 Tahun Pengalaman Implementasi

Training apa saja yang disediakan dalam eCampuz Services?

Ada berbagai training yang disediakan eCampuz services yang bisa membantu perguruan tinggi meningkatkan skill SDM dalam bidang pengembangan pengetahuan dan teknologi informasi. Beberapa training yang disediakan diantaranya web programming, security sistem informasi manajemen kampus, e-learning atau LMS (Learning Manajemen System) dan lain-lain. Setelah dilakukan pelatihan, SDM didalamnya diharapkan mampu menggunakan berbagai fitur aplikasi agar berjalan lancar dan maksimal sesuai dengan fungsinya.

Lalu, apakah bisa menggunakan jasa training ataupun konsultasi jika tidak menggunakan aplikasi dari eCampuz?

Ketika pihak perguruan tinggi tidak menggunakan aplikasi dari eCampuz, tentunya tetap bisa bekerjasama melalui eCampuz services. Sebab layanan ini tidak hanya berfokus untuk melakukan pelatihan atau pun mengonsultasikan aplikasi dari eCampuz saja. Namun ketika ingin mendapatkan informasi lebih seperti training upgrade skill juga bisa dilakukan.

Contohnya, ketika pihak IAIN Surakarta sudah memiliki berbagai fitur dan aplikasi untuk menunjang operasional perguruan tinggi. Maka kerja sama yang dilakukan adalah konsultasi sebagai upaya memaksimalkan berbagai fitur. Selain itu, kerjasama tersebut juga membantu pihak IAIN Surakarta untuk membuat blue print agar nantinya pelaporan dan pengumpulan data bisa fokus terintegrasi. Sehingga memudahkan support data agar dapat disajikan secara cepat dan lengkap.

Contoh lainnya adalah ketika Direktorat UGM telah menggunakan berbagai fitur, maka dibutuhkan perumusan SOP (Standard Operating Procedure). Agar nantinya semua data maupun sistem tersebut bisa berfungsi maksimal dengan standar yang sama meskipun direktoratnya berbeda-beda.

Kesimpulan

Layanan eCampuz service merupakan salah satu solusi terbaik untuk membantu pihak perguruan tinggi dalam hal meningkatkan skill maupun membantu penyusunan SOP, blueprint, sampai audit sistem informasi dan lain-lain agar nantinya fitur-fitur maupun aplikasi yang digunakan bisa berjalan maksimal dan minim kendala.

Selain itu, dengan melakukan perencanaan dan mengonsultasikan terlebih dulu terkait kebutuhan akan fitur-fitur maupun aplikasi dengan SDM yang dimiliki perguruan tinggi sendiri, tentu akan membantu menekan biaya yang harus dikeluarkan. Hal lain, yang juga menjadi perhatian adalah, tidak ada kewajiban atau pun keharusan untuk menggunakan aplikasi dari pihak eCampuz sendiri. Jadi, misalnya perguruan tinggi sudah menjalankan aplikasi maupun belum memiliki aplikasi yang menunjang operasional kampus maka tetap bisa melakukan kerjasama.

Baca juga: eRiset, Solusi Pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi