Pertukaran Pelajar dalam Negeri

Ingin merasakan pertukaran pelajar ke kampus lain tapi masih tetep pengen di dalam negeri biar nggak jauh banget dari orang tua? Program Permatasari bisa jadi solusinya nih sobat eCampuz. Ada yang udah pernah tau tentang program ini? Artikel kali ini kami akan berbagi info tentang apa itu Program Permatasari yang dibesut guna mendukung Program Merdeka Belajar & Kampus Merdeka Kemendikbud Republik Indonesia.

Satu tahun sudah program Merdeka Belajar diluncurkan oleh mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. Program ini ditujukan untuk semua tingkat satuan pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah, hingga tinggi. Pada pendidikan tinggi, Merdeka Belajar tidak dapat dipisahkan dari program Kampus Merdeka. Melalui program ini, diharapkan tujuan dari Merdeka Belajar dapat dicapai. Hal ini sesuai dengan pernyataan Mendikbud pada laman kampusmerdeka.kemendikbud.go.id, konsep Merdeka Belajar adalah dasar dari diadakannya Kampus Merdeka.

Bagi kamu mahasiswa, pasti istilah Kampus Merdeka tak asing terdengar. Bahkan, di kampusmu sendiri kebijakan ini sudah terdengar akrab dan bahkan sudah diterapkan dengan penyesuaian kebijakan pada tiap kampus.

Lantas sebenarnya apa sajakah kebijakan dari Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kemendikbud? Terdapat empat kebijakan Kampus Merdeka, diantaranya adalah : 

  1. Memberikan kewenangan bagi Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta untuk mendirikan atau membuka prodi baru
  2. Program reakreditasi otomatis untuk semua peringkat dan diperbolehkan bagi prodi atau PT yang sudah siap untuk reakreditasi atau akreditasi ulang
  3. Mendikbud mempermudah persyaratan bagi PTN Badan Layanan Umum (BLU) dan Satuan Kerja (Satker) menjadi PTN Badan Hukum (PTN BH) tanpa mempertimbangkan akreditasi PT tersebut
  4. Mahasiswa memiliki hak untuk mengambil mata kuliah di luar program studinya (prodi) dan melakukan perubahan definisi SKS (Sistem Kredit Semester). Namun, hal ini tidak berlaku bagi prodi kesehatan.

Berdasarkan empat kebijakan tersebut, mahasiswa dapat terlibat langsung pada kebijakan nomor 4. Kemendikbud telah menyiapkan program untuk menyukseskan Kampus Merdeka, salah satunya dengan program PERMATA-SARI.

 

Pengertian Program PERMATA-SARI

Permata-Sari adalah program pertukaran pelajar, singkatan dari Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit yaitu program pertukaran mahasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BPK-PTN) wilayah barat dan diikuti oleh 33 PTN. PTN wilayah barat tersebut dapat mengirimkan dan menerima mahasiswa dari PTN wilayah barat lainnya untuk menjalani perkuliahan baik dalam prodi yang sama ataupun berbeda. 

Lebih jelasnya, Kemendikbud memberikan hak belajar minimal 1 semester di luar program studi sebagai implementasi kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

eCampuz-Post-Blog-Data-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-Wajib-Lapor-PDDIKTI

Baca juga: Data Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang Wajib Dilaporkan ke PDDIKTI

Tujuan Program PERMATA-SARI

Mungkin kamu akan bertanya, untuk apa sih, Mendikbud memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan belajar diluar prodinya. Salah satu tujuan yang pasti, yaitu untuk mendukung kebijakan kampus merdeka, tujuan lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Memperluas pengalaman belajar mahasiswa di PT lain
  2. Penguatan ilmu dan keterampilan mahasiswa
  3. Menambah teman dan relasi dari berbagai daerah 
  4. Mengeksplorasi keanekaragaman nusantara
  5. Menciptakan SDM yang dapat berkompetisi di Tren Global

 

Pilihan Universitas Program PERMATA-SARI

Nah, kamu sudah tertarik untuk merasakan belajar minimal 2 SKS di luar prodi atau bahkan di luar kampusmu?

Dilansir dari laman Kemendikbud, program Permata-Sari 2021 diikuti oleh 33 PTN terdaftar. Berikut adalah daftar PTN wilayah barat yang bisa kamu jadikan tujuan :

  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Malikussaleh
  3. Universitas Teuku Umar
  4. Universitas Samudra
  5. ISBI Aceh
  6. Universitas Islam Negeri Arraniry
  7. Universitas Sumatera Utara
  8. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  9. Universitas Negeri Medan
  10. Universitas Riau
  11. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif
  12. Universitas Maritim Raja Ali Haji
  13. Universitas Andalas
  14. Universitas Negeri Padang
  15. ISI Padang Panjang
  16. Universitas Jambi
  17. Universitas Bengkulu
  18. Universitas Sriwijaya
  19. Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  20. Universitas Bangka Belitung
  21. Universitas Lampung
  22. Institut Teknologi Sumatera Utara
  23. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  24. Universitas Indonesia
  25. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  26. Universitas Negeri Jakarta
  27. UPN “Veteran” Jakarta
  28. Universitas Pertahanan
  29. Universitas Singaperbangsa Karawang
  30. Institut Pertanian Bogor
  31. Universitas Siliwangi
  32. Universitas Tanjungpura
  33. Universitas Palangka Raya

 

Tahapan Agenda Program PERMATA-SARI

Sebelum kamu resmi menjalani student exchange atau pertukaran mahasiswa di kampus lain, ada beberapa tahapan yang harus kamu lalui. Beberapa tahapan tersebut adalah :  

1. Pendaftaran dan Pengumpulan Berkas

Peserta (mahasiswa) mendaftar program Permata-Sari kemudian mengumpulkan berkas ke PTN masing-masing. Selanjutnya pengelola PTN akan mengisi data prodi serta jadwal mata kuliah.

2. Pengumuman Peserta Terpilih

Penetapan dan seleksi dilakukan oleh masing-masing PTN

3. Mahasiswa Memilih Matkul Melalui Website Permata-Sari

Peserta terpilih dari masing-masing PTN selanjutnya membuat akun dan login ke website permatasari untuk memilih mata kuliah.

4. Agenda Perkuliahan

Setelah kamu resmi menjadi mahasiswa Permata-Sari, selanjutnya kamu dapat menjalani perkuliahan yang akan dimulai sesuai jadwal masing-masing PTN.

 

Alur Pendaftaran Program PERMATA-SARI

Program Permata-Sari 2021 telah ditutup pada Januari lalu. Meskipun begitu, jika kamu tertarik mengikuti program ini, kamu dapat menyimak tahap pendaftaran untuk mempersiapkan diri. Alur pendaftaran telah dirangkum dari website resmi Permata-Sari.

Alur pendaftaran program Permata-Sari 2021 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Calon mahasiswa Permata-Sari mendaftar melalui PTN masing-masing

Mekanisme dan ketentuan pendaftaran setiap PTN dapat berbeda. Pendaftaran tahap pertama ini disesuaikan dengan arahan masing-masing PTN.

2. Pengelola Permata-Sari tiap PTN menginputkan daftar calon mahasiswa ke sistem

Pengelola Permata-Sari tiap PTN akan menginputkan calon mahasiswa ke website Permata-Sari. Adapun batas akhir penginputan yaitu tanggal 21 Januari 2021.

3. Peserta membuat dan mengaktifkan akun pada sistem Permata-Sari

Setelah data peserta diinputkan oleh pengelola Permata-Sari masing-masing PTN, peserta wajib mengaktifkan akun pada sistem PERMATA-SARI BKS PTN Barat pada tanggal 22-23 Januari 2021.

4. Calon mahasiswa Permata-Sari memilih mata kuliah

Sistem pemilihan mata kuliah bersifat “first come first serve” atau siapa cepat dia dapat. Artinya, mahasiswa yang lebih dulu memilih suatu mata kuliah tercatat sebagai pendaftar mata kuliah tersebut jika masih tersedia kuota.

Kuota mata kuliah yang diambil dibatasi maksimal sejumlah 4 mahasiswa per PTN per kelas mata kuliah yang ditawarkan PTN lain. Adapun mahasiswa pendaftar berhak memilih minimal 2 SKS dan maksimal 20 SKS.

5. Pengumuman Mahasiswa Permata-Sari

Daftar mahasiswa terpilih akan diumumkan melalui website PERMATA-SARI BKS Barat.

6. Mahasiswa memulai perkuliahan

Mahasiswa Permata-Sari terpilih mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan masing-masing PTN sesuai mata kuliah yang diambil. Perkuliahan akan dilakukan secara daring.

 

Sistem pendidikan saat ini sudah lebih fleksibel. Mahasiswa tidak hanya berkuliah dan berpacu pada nilai (angka) di kampusnya saja melainkan dapat mengeksplor hal-hal baru di kampus lain dan difasilitasi oleh pemerintah. 

Jika kamu tertarik atau mempunyai rencana untuk melakukan pertukaran mahasiswa, kamu dapat mengikuti program Permata-Sari untuk mencapai tujuanmu.

mcampus-menggapai-kampus-merdeka

Baca juga: mCampus, Cita-cita Besar untuk Menggapai Kampus Merdeka