Istilah Perkuliahan yang Sering Didengar

Dunia perkuliahan menjadi salah satu satu tempat paling diimpikan oleh sebagian besar siswa yang baru lulus SMA. Dalam masa transisi ini tentu tidak hanya ada perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa, tetapi juga perubahan lingkungan, sistem belajar, juga beban tanggung jawab yang lebih besar. Tahun pertama perkuliahan biasanya menjadi proses adaptasi bagi mahasiswa baru, yang tak jarang belum mengerti beberapa istilah teknis perkuliahan yang ada di perguruan tinggi seperti SKS, IP, IPK, Asdos, BEM dan sebagainya.

 

Loh, jadi apa bedanya IP dan IPK?

Tenang, pada artikel ini Tim eCampuz bakal kasih tau beberapa istilah penting dalam dunia perkuliahan khusus untuk mahasiswa baru supaya nggak merasa bingung pas denger mengenai istilah-istilah ini, apa aja sih? Yuk simak! Baca juga: Persyaratan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

 

program pertukaran mahasiswa eCampuz Blog

1. NIM/NPM

NIM (Nomor Induk Mahasiswa) dan NPM (Nomor Pokok Mahasiswa) adalah nomor khusus yang digunakan sebagai identitas mahasiswa di perguruan tinggi. Kedua istilah ini memiliki kegunaan yang sama, yang membedakan hanya dalam penyebutannya saja. 

2. SKS

SKS adalah Satuan Kredit Studi adalah bobot studi yang harus ditempuh mahasiswa. Biasanya setiap mata kuliah memiliki paling sedikit 1 SKS, sedangkan untuk mata kuliah wajib biasanya berbobot 3 sampai 4 SKS.

3. IPS/IP

Indeks Prestasi Semester, adalah jumlah nilai yang akan kamu dapatkan setiap semester.

4. IPK

Indeks Prestasi Kumulatif, berbeda dengan IPS, IPK adalah penggabungan nilai (IPS) dari semua semester yang sudah kamu tempuh. 

5. KRS

Kartu Rencana Studi, semacam jadwal yang berisikan detail identitas mahasiswa, jadwal kelas, mata kuliah dan nama dosen dalam satu semester. 

6. KKN

Kuliah Kerja Nyata adalah program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa. Beberapa kampus mewajibkan KKN sebagai salah satu mata kuliah yang harus ditempuh pada semester 6 atau 7. 

7. UKT

Uang Kuliah Tunggal, adalah jumlah biaya tetap yang harus dibayarkan oleh mahasiswa dalam tiap semester. Sistem UKT hanya berlaku bagi mahasiswa yang berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

8. Rektor

Rektor merupakan pemimpin tertinggi dalam sebuah universitas atau perguruan tinggi, biasanya rektor memiliki masa jabatan selama 4 tahun. Biasanya kantor seorang rektor disebut dengan rektorat. 

9. Dekan 

Dekan merupakan pemimpin tertinggi dalam sebuah fakultas di perguruan tinggi. Biasanya kantor dekan disebut dengan Dekanat. 

10. Kaprodi

Kepala Program Studi, merupakan pimpinan tertinggi di sebuah jurusan. Di beberapa kampus lainnya, Kaprodi disebut juga sebagai Kajur atau Kepala Jurusan. Baca juga: 5 Tips Saat Memilih Kursus Online

tips-kursus-online-ecampuz

11. Dosen

Dosen adalah tenaga pendidik yang mengajar di perguruan tinggi, kalau di sekolah tenaga pendidik disebut Guru, sedangkan di perguruan tinggi tenaga pendidik disebut dengan Dosen.

12. Dosen Pembimbing

Dosen pembimbing adalah dosen yang bertugas untuk membimbing mahasiswa dalam suatu kegiatan atau jangka waktu tertentu. Sebagai contoh ketika mahasiswa mengerjakan skripsi atau tugas akhir, akan ada dosen pembimbing khusus yang akan membimbingnya.

13. Asisten Dosen (Asdos)

Asisten dosen merupakan mahasiswa yang diberikan tugas untuk membantu pekerjaan dosen, khususnya mengajar di kelas. 

14. BEM

BEM atau Lembaga Eksekutif Mahasiswa. Memiliki 2 tingkatan, yaitu BEM Universitas dan BEM Fakultas. Seperti namanya, BEM merupakan organisasi mahasiswa yang bertugas untuk melaksanakan program kerja (proker) di kampus, menjadi perwakilan aspirasi mahasiswa, dan sebagainya.

15. DPM/BPM/MPM/DEMA/HIMA

DMP merupakan Dewan Perwakilan Mahasiswa, sedangkan BPM adalah Badan Perwakilan Mahasiswa, selanjutnya MPM adalah singkatan dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa. Terakhir, HIMA adalah Himpunan Mahasiswa. 

Keempatnya merupakan badan organisasi dalam lingkup universitas, yang membedakan hanya tingkatan dan namanya saja. Secara umum mereka memiliki tugas yang hampir sama, yaitu mengevaluasi, menerapkan, dan menyesuaikan peraturan-peraturan kemahasiswaan. 

16. UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah wadah pengembangan diri atau ekstrakurikuler di perguruan tinggi. Contoh: UKM Fotografi, UKM Jurnalistik, UKM Musik, dan lainnya. Mengikuti UKM juga bisa bikin kamu berkembang loh, memperluas wawasan dan meningkatkan soft skill, hard skill dan digital skill. Baca juga: Apa Itu Digital Skill?

17. SIAKADdigital skill

SIAKAD atau Sistem Informasi Akademik adalah portal online yang dimiliki perguruan tinggi dengan fungsi beragam, seperti mengakses informasi seputar kampus, input KRS, pengumpulan tugas mahasiswa, akses materi, pembayaran kuliah, digital library, dan sebagainya. Bertujuan memudahkan mahasiswa, dosen dan civitas academica untuk mengakses data kampus yang dibutuhkan.

Saat ini, SIAKAD tidak hanya tersedia dalam wujud website saja, namun juga berbentuk aplikasi yang bisa didownload melalui smartphone. Seperti mCampus yang merupakan aplikasi mobile untuk mengakses informasi akademis, seperti melihat nilai, jadwal kuliah, dan layanan kampus. Aplikasi mCampus datanya terintegrasi dengan kampus yang menggunakan sistem informasi manajemen akademik eCampuz. Untuk menggunakannya mahasiswa cukup mendownload mCampus kemudian login menggunakan ID mahasiswa.

18. Magang/KKL

Merupakan kegiatan kerja di industri yang berhubungan dengan studi. Biasanya beberapa perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan magang atau KKL (Kuliah Kerja Lapangan) di semester 6 atau 7. 

19. Skripsi/Tugas Akhir

Skripsi adalah karya tulis ilmiah atau penelitian yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai prasyarat kelulusan program studi Strata-1 (S1). Sedangkan Tugas Akhir adalah proyek yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebagai syarat kelulusan program studi tertentu. Biasanya bentuk Tugas Akhir, seperti: proyek film, perencanaan bangunan, pameran seni, dan sebagainya

20. Wisuda

Wisuda adalah upacara pelantikan mahasiswa yang telah lulus menyelesaikan skripsi atau tugas akhirnya untuk kemudian mendapatkan gelar akademik. 

Nah, itu tadi adalah sederet istilah-istilah yang ada dalam dunia perkuliahan. Tenang, sobat eCampuz nggak perlu menghafal semuanya kok, karena nantinya sobat eCampuz akan familiar dengan sendirinya seiring dengan proses adaptasi di dunia perkuliahan.