Kenapa outfit ke kampus harus sopan dan kece?

Situasi akibat Pandemi COVID-19 mulai membaik dan memicu percepatan pemulihan di berbagai sektor kehidupan, salah satunya pendidikan. Setelah sebelumnya melaksanakan kuliah online selama kurang lebih 2 tahun, mayoritas perguruan tinggi di Indonesia kini mulai menerapkan sistem perkuliahan tatap muka atau offline. Artinya, mahasiswa diharuskan berada di kampus untuk mengikuti kegiatan perkuliahan.

 

Hmm, pasti rasanya menyenangkan bukan?

Kembali menjalani rutinitas sebagai mahasiswa yang dapat berinteraksi secara langsung dengan lingkungan kampus setelah hampir 2 tahun kuliah online. Rasa antusias serupa tentu juga dirasakan oleh mahasiswa baru yang tahun ini memulai aktivitas perkuliahan. Jika sebelumnya di bangku SMA Sobat eCampuz mengenakan seragam untuk bersekolah, di kampus sedikit berbeda nih karena kamu akan diperbolehkan untuk berpakaian bebas loh~

Bebas disini bukan berarti Sobat eCampuz boleh berpakaian secara sembarangan ya! mengingat tiap program studi di perguruan tinggi memiliki aturan tata cara berpakaian yang berbeda-beda. Namun secara umum pakaian yang dikenakan harus sopan dan rapi. Baca juga: Apasih Arti SKS, IP, IPK dan Istilah Perkuliahan Lainnya?

Eitsss, no worry dong! Berpakaian sopan dan rapi tetap bisa kelihatan keren kok, nggak percaya? Nih, Tim eCampuz punya 5 rekomendasi item outfit kece yang pastinya bisa banget kamu contoh untuk berangkat ke kampus, catat ya!

 

1. Kemejaarti sks ipk asdos ecampuz

Kemeja berkerah jadi pakaian wajib yang harus dimiliki oleh mahasiswa, karena memiliki kesan simple namun tetap elegan dan formal. Selain itu, kemeja juga memiliki beragam jenis motif dan model lengan yang berbeda. Mulai dari lengan pendek, panjang dan tiga perempat. Sobat eCampuz bisa memadukan kemeja dengan bawahan seperti celana jeans, celana bahan, atau celana cullotte. Keuntungan lainnya adalah kemeja juga bisa digunakan sebagai outer ketika mengenakan t-shirt  agar tampilan lebih terkesan formal. Pastikan Sobat eCampuz memilih bahan kemeja yang bagus ya supaya tetap nyaman saat digunakan.

2. Blazer

Kalau kamu suka dengan tampilan elegan dan rapi, bisa banget nih menggunakan konsep outfit smart-casual seperti memadukan pakaian terkini tanpa meninggalkan kesan profesional. Salah satunya dengan menggunakan blazer sebagai layer (outer) dengan camisole inner atau t-shirt yang bisa bikin penampilanmu semakin on trend dan punya aksen catchy! Untuk bawahannya, kamu bisa menggunakan celana jeans agar tetap terkesan santai atau celana bahan dan set setelan blazer.

3. Sepatu yang nyaman

Pilih sepatu yang tertutup dan nyaman untuk dipakai ke kampus ya Sobat! Kamu bisa menggunakan sepatu slip-on atau sneaker yang bisa kamu mix and match dengan outfit apapun untuk kesan casual. Namun, buat kamu yang ingin tampil lebih formal sepertinya loafers dan flat shoes bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain karena terlihat lebih formal, menggunakan kedua tipe sepatu tersebut juga mudah, karena tidak perlu mengikat tali sepatu. Oiya, menggunakan flat shoes bisa membuat kamu terkesan lebih feminim dengan effortless loh!

4. Totebag/Tas Ransel

Membawa laptop, buku, tempat air minum, dan sederet barang bawaan lainnya tentu memerlukan tas dengan kapasitas besar (yang dapat digunakan untuk memuat seluruh barang tadi ke kampus). Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan totebag dengan bahan canvas supaya tampilanmu terlihat lebih santai. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan totebag dengan bahan seperti leather atau synthetic leather untuk menampilkan kesan formal dan elegan. Nggak ketinggalan, tas ransel juga selalu jadi pilihan tepat agar tubuhmu dapat menopang beban barang bawaan secara merata.

tips-kursus-online-ecampuz

5. Jam Tangan

Aksesoris yang satu ini cukup penting untuk dipakai ya sobat, yup… jam tangan! Selain berfungsi sebagai alat penunjuk waktu, jam tangan juga bisa bikin penampilanmu jadi lebih keren. Pilihlah jam tangan yang nyaman dan sesuai dengan gaya Sobat eCampuz.

Itulah beberapa item yang dapat sobat padu-padankan agar ketika kuliah tatap muka di kampus tetap terlihat keren dan kece. Jangan lupa untuk tetap menyimak materi perkuliahan dari dosen. Selain itu, sobat juga bisa mengasah kemampuan (skills) agar ketika lulus tidak panik menghadapi kesenjangan dengan dunia kerja. Baca juga: 5 Tips Saat Memilih Kursus Online