Sebagai mahasiswa kadang pernah merasakan uang kiriman seret, atau sering ada tugas, dan menghabiskan banyak biaya. Mau minta ke orang tua merasa tidak enak hati? Tenang, sobat eCampuz bisa mencoba untuk kerja freelance lewat situs online.

Situs online yang menyediakan freelance akan membantu kamu mendapatkan uang tambahan meskipun masih berstatus mahasiswa. Nggak perlu minder, karena memang ada banyak pekerjaan freelance yang tidak terlalu mengutamakan latar pendidikan seperti layaknya pekerjaan tetap. Kalian tidak perlu takut akan jam kerja yang membuat tugas kuliah jadi terbengkalai. Karena pekerjaan yang ditawarkan lewat situs freelance tidak biasanya lebih mengutamakan tenggat waktu selesai pekerjaan, jadi kamu bisa atur jam kerjamu sendiri.

Dengan bekerja secara freelance, kuliah tetap lancar dan sobat eCampuz bisa tambah cuan. Mau tahu apa saja situs freelance yang cocok buat mahasiswa? Yuk, simak informasi lengkap berikut ini!

1. Projects.co.id

freelance-projects

Situs freelance untuk mahasiswa yang sudah cukup terkenal namanya projects.co.id. Lewat situs ini kamu bisa mencari berbagai tipe bida freelance. Untuk feenya sendiri juga bervariasi, mulai dari puluhan ribu sampai jutaan rupiah ketika sobat eCampuz berhasil menyelesaikan tugas.

Cara untuk mencoba freelance di situs ini, cukup dengan mendaftar saja secara gratis. Kemudian buat akun dan cari project yang ditawarkan dengan tipe dan harga sesuai keinginan. Pembayaran akan masuk ke rekening akun kamu dan bisa ditransfer langsung ke rekening. Untuk rekomendasi freelance mahasiswa lewat aplikasi ini kamu bisa coba.

  • Menulis artikel
  • Memasukan data 
  • Admin sosial media, dan masih banyak lagi.

2. Freelancer

freelance-freelancer

Berikutnya ada freelancer.co.id yang bisa jadi rekomendasi situs untuk menambah cuan sobat mahasiswa. Lewat situs ini kamu bisa mendapatkan tambahan uang saku dengan mata uang dollar lho. Untuk bidang yang tersedia mulai dari jurnalistik, IT, pemasaran, penerjemah, desain grafis, dan sebagainya.

Jadi, kalau sobat eCampuz adalah mahasiswa jurusan bahasa maupun IT website ini bisa jadi rekomendasi terbaik. Cara pendaftarannya lewat situs freelancer.co.id, lalu isi data diri dan keahlian secara lengkap. Kemudian sobat eCampuz bisa pilih project sesuai harga, waktu pengerjaan, dan sebagainya. 

Beberapa rekomendasi pekerjaan freelance yang patut kamu coba lewat situs ini adalah

  • Desain grafis
  • Penerjemah bahasa

3. Sribu

freelance-sribu-sribulancer

Situs lokal untuk tambah cuan para sobat mahasiswa ada Sribu. Dahulu situs ini bernama Sribulancer. Di sini ditawarkan berbagai pilihan bidang pekerjaan freelance. Kamu bisa pilih mana yang sesuai dengan keterampilanmu.

Karena merupakan website freelance lokal, pembayaran setelah menyelesaikan proyek juga cukup mudah. Karena tersedia banyak pilihan bank dan ada jaminan uang kembali ketika freelancer atau penyedia jasa mangkir dari tugas. Sribu menjamin keamanan dari setiap pekerjaan yang ditawarkan dengan memastikan beberapa hal berikut:

  1. Freelancer berkualitasIdentitas freelancer (KTP, kontak dan portofolio) melewati proses seleksi ketat
  2. Aman – Pembayaran dijamin aman. Pembayaran akan diteruskan ke Freelancer hanya setelah penyedia jasa menyetujui hasil pekerjaan Freelancer.
  3. Tim supports responsive – Tim support Sribu siap membantu apabila kalian kesulitan/menemukan masalah ketika menggunakan platform Sribu.

Untuk freelancer mahasiswa, lewat situs ini kamu bisa coba beberapa pekerjaan ini:

  • Penerjemah
  • Desain grafis
  • Penulisan artikel
  • Input data
  • Riset, dan masih banyak lagi.

4. UpWork

freelance-upwork

Situs freelance yang cocok untuk mahasiswa saat libur semester, ada UpWork. Lewat website ini kamu bisa mendapatkan berbagai tipe pekerjaan. Setiap proyek pada UpWork akan dibayar per jam dengan fee sesuai kesepakatan. Tidak hanya itu saja, penawaran proyek lewat situs ini juga ada jangka panjang dan pendek.

Jadi, sobat eCampuz bisa menyesuaikan dengan waktu luang setelah kuliah. Karena situs ini membayar freelancer per jam, maka ada tools tracking perhitungan jam kerja. Makin mirip seperti bekerja di kantor bukan? Untuk rekomendasi proyek lewat situs UpWork, bisa coba.

  • Desain grafis
  • Desain logo
  • Editor video
  • Pengisi suara, dan masih banyak lagi.

5. Peopleperhour

freelance-peoplehour

Berikutnya ada situs freelance buat kalian mahasiswa yang bisa programming, desain grafis, suka nulis, jago bikin aransemen musik, atau mungkin berminat sama dunia marketing? Ada situs Peopleperhour namanya. Lewat website ini sobat eCampuz bisa coba berbagai proyek terkait pengerjaan website yang bisa jadi portofolio nanti. Untuk rekomendasi freelance yang bisa kamu coba ada beberapa pilihan seperti.

  • SEO
  • Design
  • Web developer
  • Video, photo, image
  • Design packaging product
  • Marketing
  • Management Development
  • dan masih banyak lagi!

6. College Recruiter

freelance-college-recruiter

Sobat mahasiswa atau fresh graduate yang ingin tambah cuan di waktu luang, bisa coba jadi freelancer di College Recruiter. Lewat situs ini kamu bisa pilih berbagai bidang pekerjaan sesuai profil diri. Sudah ada sejak tahun 1991, website ini pastinya aman dan terpercaya. Kalau sobat eCampuz adalah mahasiswa yang ingin tambah cuan lewat situs ini, berikut beberapa rekomendasi proyek:

  • Akuntan
  • Marketing
  • IT, dan masih banyak lagi.

7. Fiverr

freelance-fiverr

Lewat situs Fiverr sobat eCampuz juga bisa coba berbagai bidang freelance. Website ini menawarkan pembayaran dengan mata uang US Dollar. Jadi, kapan lagi masih jadi mahasiswa tapi digaji dollar, udah gitu jam kerjanya fleksibel lagi. Untuk rekomendasi bidang proyek yang bisa kamu pilih seperti:

  • Penulis dan penerjemah
  • Desain grafis
  • Programming dan sebagainya.

8. Glints

freelance-glints

Situs cari kerja freelance yang cukup populer di kalangan mahasiswa maupun pencari kerja ada Glints. Website ini menyediakan berbagai bidang pekerjaan dan pendaftarannya gratis. Tidak hanya itu saja, sobat eCampuz juga bisa upgrade skill lewat situs Glints, karena tersedia juga berbagai kursus online di sana.

Makin lengkap bukan? Selain bisa dapat cuan, sekaligus meningkatkan skill yang dimiliki. Beberapa project di situs Glints juga tersedia yang berbasis luar negeri lho. Untuk rekomendasi bidang proyek yang bisa kamu pilih tanpa ganggu waktu kuliah antara lain:

  • Admin sosial media
  • Penulis artikel
  • Penerjemah
  • Desain grafis, dan masih banyak lagi.

9. Kontenesia

freelance-kontenesia

Nah, buat sobat eCampuz yang merasa punya skill oke buat nulis dan mau tambah cuan dengan membuat artikel? Sobat eCampuz bisa coba cari proyek di situs Kontenesia. Website ini menyediakan jasa proyek pengerjaan artikel SEO, jasa copywriting, dan sebagainya. Untuk client situs ini juga Startup dan berbagai perusahaan ternama di Indonesia. 

Jadi, bisa tambah cuan sekaligus mempercantik portofolio kamu. Untuk jasa freelancer lewat website ini juga bervariasi. Mulai dari puluhan ribu sampai ratusan. Sobat eCampuz bisa pilih mana yang proyek yang tidak akan mengganggu waktu kuliah.

10. Basabasi.co

freelance-basabasi

Sebagai mahasiswa pasti sering merasakan capek akan rutinitas dan memilih berdiam diri. Bahkan karena saking lelahnya untuk ketemu orang lain pun kurang minat. Tapi, tahu nggak rasa lelah akan kehidupan kampus tersebut bisa jadi cuan lho?

Caranya, kamu bisa jadikan cerita pendek dan kirim ke Basabasi.co. Situs ini bisa jadi tempat kamu nulis dan dibayar. Curhatanmu yang dinarasikan dengan sajak-sajak mendayu bisa banget malah bikin kamu cuan. Lewat Basabasi.co kamu bisa mengirimkan cerita pendek, artikel, puisi, bahkan resensi buku.

Kabar baiknya fee jika berhasil lolos dan diunggah di website mulai Rp200.000 per tulisannya. Jadi, makin cuan kalau kamu sering-sering nulis dan berhasil tayang di website mereka. 

Baca juga: 10+ Pilihan Karir Impian Anak Gen Z

Jadi gimana nih sobat eCampuz? Menjadi seorang freelancer bisa jadi salah satu cara buat kalian memenuhi kebutuhan tarikan-tarikan sosial tanpa minta tambahan dari orang tua 🤣 Menjadi freelancer di berbagai rekomendasi situs di atas patut dicoba nih, selain karena aman, hasil pekerjaan kalian bisa dijadikan tambahan di portofolio. Kira-kira apakah mulai tertarik jadi freelancer sambil tetap kuliah?