Setelah ada patch 4 di PDDIKTI, sobat eCampuz pasti hectic karena harus menyiapkan data-data tambahan untuk dilaporkan ke PDDIKTI. Pihak kampus tiba-tiba diminta melaporkan aktivitas kegiatan dari Merdeka Belajar di kampus. Nah, untuk merespons kebutuhan tersebut, Tim eCampuz menyiapkan bantuan melalui aplikasi eAkademik

Fitur MBKMMas Sakti, salah satu tim eCampuz yang terlibat dalam persiapan fitur baru ini akan berbagi dengan sobat eCampuz. Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang biasa disingkat MBKM memiliki delapan kegiatan pembelajaran, yaitu pertukaran pelajar, magang, asistensi mengajar, penelitian riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen, dan membangun desa (KKN tematik). Delapan kegiatan ini sudah tersedia pelaporannya di PDDIKTI, dengan teknis pelaporan yang berbeda antara satu kegiatan dengan kegiatan lain. Simak videonya: Fitur MBKM pada eAkademik

Kegiatan pertukaran pelajar, misalnya, dikhususkan ada alur tersendiri: terdapat perguruan tinggi penyelenggara dan perguruan tinggi peserta. Mahasiswa dari perguruan tinggi peserta dapat mengambil mata kuliah dari perguruan tinggi penyelenggara. Di PDDIKTI, perguruan tinggi penyelenggara mencatatkan pembuatan kelas dengan status Kampus Merdeka. Dari perguruan tinggi peserta, akan ada mahasiswa yang mendaftar dan mengikuti perkuliahan; perkuliahan berlangsung seperti perkuliahan biasa. Pada akhir semester akan ada ujian dan mahasiswa dari perguruan tinggi peserta akan mendapatkan nilai. Nilai ini yang akan dibawa ke perguruan tinggi peserta. Perguruan tinggi peserta akan mencatatkan ke PDDIKTI sebagai nilai konversi, dan tetap masuk ke transkrip nilai.

Terkait 7 kegiatan pembelajaran lainnya, secara teknis di PDDIKTI kegiatan-kegiatan tersebut dicatatkan di menu Aktivitas Mahasiswa, berbeda dengan menu untuk pertukaran pelajar tadi. Operator PDDIKTI di kampus akan mencatatkan kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi tersebut; jenis aktivitasnya apa, dosen pembimbing kegiatan, peserta kegiatan siapa. Setelah akhir kegiatan, mahasiswa akan mendapatkan nilai dan dicatatkan oleh perguruan tinggi terkait melalui menu Konversi Kampus Merdeka.

Siapa yang memegang peran untuk input biasanya tergantung kebijakan kampus, meski umumnya peran tersebut dipegang oleh operator PDDIKTI di kampus (yang biasanya hanya satu orang). Biasanya, setelah kampus menggunakan eFeeder, SDM terpecah sesuai jobdesc masing-masing, menyisakan satu operator PDDIKTI yang akan menarik data.

Terkait patch 4.0, tim eCampuz memang sudah berkomitmen akan terus mengikuti update dari PDDIKTI dan berusaha menyesuaikan perubahan bisnis proses di kampus. Fitur MBKM di aplikasi eAkademik direncanakan rilis paling lambat awal Juni untuk membantu sobat eCampuz.

Menu-menu yang sedang dikerjakan oleh tim eCampuz tidak hanya sesuai dengan PDDIKTI, melainkan juga akan bisa mendukung kebutuhan pengguna. Contoh, dosen dapat melihat jadwal Merdeka Belajar Kampus Merdeka, atau perguruan tinggi penyelenggara bisa mencatat mahasiswa peserta walau peserta dari perguruan tinggi lain. Artinya, untuk kegiatan pertukaran pelajar, fitur MBKM eAkademik ini sudah bisa mendukung kebutuhan perguruan tinggi penyelenggara dan perguruan tinggi peserta.

manfaat merdeka belajar kampus merdeka ecampuz blog
Baca juga: Selidik Manfaat Merdeka Belajar Wujud Kampus Merdeka

Aplikasi eAkademik menyiapkan 10 menu untuk keperluan pelaporan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yaitu:

1. Kelas MBKM

Menu ini dipakai oleh perguruan tinggi penyelenggara pertukaran pelajar untuk membuat kelas dengan status Kampus Merdeka. Operator PDDIKTI cukup menarik data kelas Kampus Merdeka yang sudah dibuat. Pembuatan kelas ini mirip dengan pembuatan kelas reguler pada aplikasi eAkademik, hanya pengguna perlu memberi tanda ceklis pada bagian Kampus Merdeka.

2. Jadwal Kelas MBKM

Walaupun tidak ada tidak ada di PDDIKTI, menu ini dibuat supaya secara operasional dosen lebih mudah melihat jadwal perkuliahan. Ketika operator akademik membuat kelas dengan status Kampus Merdeka dan sudah membuat jadwal, dosen bisa lihat kapan perkuliahan berlangsung. Jadwal kelas ini juga akan muncul di portal dosen, seperti jadwal kelas reguler.

3. Jadwal Ujian MBKM

Ini juga merupakan menu tambahan, untuk perguruan tinggi penyelenggara mengatur jadwal ujian kelas Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sama seperti jadwal kelas, jadwal ujian ini juga akan muncul di portal dosen.

4. Peserta MBKM

Menu ini digunakan oleh perguruan tinggi penyelenggara untuk mencatat peserta kelas dari perguruan tinggi peserta. Walaupun mahasiswa yang ikut kelas Merdeka Belajar Kampus Merdeka tidak tercatat di basis data perguruan tinggi penyelenggara, tetap bisa dicatat di menu ini.

5. Rencana Studi MBKM

Menu ini digunakan oleh perguruan tinggi penyelenggara untuk mencatat rencana studi mahasiswa dari perguruan tinggi peserta, untuk mencatat mata kuliah apa saja yang diambil.

6. Input Nilai MBKM

Menu juga digunakan oleh perguruan tinggi penyelenggara. Input nilai Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini akan berkaitan dengan konversi nilai yang akan dibawa oleh mahasiswa perguruan tinggi peserta, untuk diserahkan ke perguruan tinggi peserta. 

7. Mahasiswa MBKM

Menu ini digunakan oleh perguruan tinggi peserta untuk mendata mahasiswa dari perguruan tinggi asal (perguruan tinggi peserta) yang mendaftar kelas Merdeka Belajar Kampus Merdeka. 

8. Nilai Transfer MBKM

Menu ini khusus untuk mencatat nilai konversi di perguruan tinggi peserta, sehingga ketika mahasiswa yang pulang ke perguruan tinggi asal membawa nilai konversi dapat dicatat.

9. Aktivitas Mahasiswa MBKM

Menu ini bisa digunakan oleh perguruan tinggi peserta dan perguruan tinggi penyelenggara untuk mencatat tujuh kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka lainnya. Setiap kegiatan dapat dilakukan oleh lebih dari satu mahasiswa dengan satu dosen pembimbing.

10. Konversi Nilai MBKM

Setelah mendapatkan nilai, operator akademik bisa input nilai kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang telah diikuti oleh mahasiswa.

Harapan tim eCampuz dengan adanya menu Merdeka Belajar Kampus Merdeka ini akan membantu pelanggan setia eCampuz atau bahkan calon klien agar semua kegiatan pembelajaran dan aktivitas lainnya bisa terbantu. Setelah aplikasi eAkademik update, harapannya sobat eCampuz dapat langsung mencoba fitur ini. Tentu saja untuk menggunakan fitur ini, sobat eCampuz akan tetap dipandu dan dibantu oleh Tim eCampuz.

 

10 Menu MBKM Pada Aplikasi eAkademik

akademik mbkm
10 Menu MBKM Pada Aplikasi eAkademik

Mas Sakti, salah satu tim eCampuz yang terlibat dalam persiapan fitur baru ini akan berbagi dengan sobat eCampuz. Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang

Product Currency: IDR

Product Price: 10000

Product In-Stock: InStock

Editor's Rating:
5