Merdeka belajar kampus merdeka merupakan kebijakan yang didasarkan pada perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan perkembangan teknologi. Dimana nantinya, kegiatan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020 akan mendukung mahasiswa mengambil mata kuliah di luar jurusan. Baik itu masih dalam satu perguruan tinggi maupun kampus berbeda. Tapi, bagaimanakah dengan sistem pelaporan hasil belajar di kampus merdeka? Dan apa saja yang dilakukan Tim eCampuz sebagai salah satu mitra perguruan tinggi menyikapi perubahan tersebut? Simak dalam ulasan lengkapnya berikut ini.

Perubahan umum dalam menyambut model pembelajaran Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Sebelum resmi dilakukan program kampus merdeka di berbagai perguruan tinggi, kini juga sudah ada beberapa fitur yang mengalami perubahan dalam pelaporan data. Fitur yang mengalami perubahan menurut informasi dari Forlap DIKTI diantaranya,

Rencana pembelajaran semester

Dimana detail mata kuliah terdapat pencatatan lengkap mulai dari pertemuan pertama membahas materi apa, pertemuan berikutnya dan lain-lain. Dan data pencatatan tersebut harus dimasukkan pada master mata kuliah PDDIKTI. Namun, hal ini tidak menjadi masalah dan dapat langsung sinkronisasi melalui aplikasi eFeeder eCampuz menuju Feeder DIKTI. Sebab sebelum adanya rencana tersebut, Tim eCampuz telah melakukannya.

Rencana evaluasi pembelajaran mata kuliah

Tidak hanya mencatatkan detail materi apa saja yang disampaikan tiap semesternya, dalam master mata kuliah juga akan ada evaluasi pembelajaran. Evaluasi ini nantinya akan diinput oleh pihak kampus sendiri. Namun untuk perubahan ini, Tim eCampuz masih terus melakukan riset bagaimana alur dan menunggu informasi selanjutnya.

Tambahan validasi kelulusan pada pencatatan kelulusan

Dimana pada bagian ini akan ada validasi kelulusan mahasiswa, bahwa ia telah menyelesaikan studi pada periode semester ganjil atau pun genap. Yang dulunya ada semester antara maka di bagian ini, hanya dua pilihan periode kelulusan.

Penambahan asal fakultas pada data master mahasiswa

Jika dulunya hanya tercatat program studi mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi, maka nantinya akan ada data informasi lebih lengkap mengenai fakultas dari mahasiswa tersebut pada eFeeder 4.0. Namun hal ini tidak wajib, jika berbentuk sekolah tinggi maka cukup mencatatkan program studinya saja.

Perubahan pencatatan prestasi dan aktivitas mahasiswa pada data master

Dalam pencatatan aktivitas mahasiswa, pihak kampus dapat memasukkan data mengenai prestasi yang sudah dilakukan mahasiswa bersangkutan. Misalnya, prestasi ketika mengikuti perlombaan maupun penelitian tingkat nasional maupun internasional.

Perubahan Feeder 4.0 terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Ada 8 aktivitas mahasiswa dalam sistem kampus merdeka yang akan berjalan. Salah satunya, mahasiswa akan diperbolehkan mengambil mata kuliah diluar program studi. Baik itu dalam satu perguruan tinggi maupun perguruan tinggi berbeda.

 

Menyambut Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Feeder 4.0

Baca juga: eFeeder Untuk Mempermudah dan Mempercepat Pelaporan Data dari Kampus ke PDDIKTI

 

Bagaimanakah alur Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Alur untuk kegiatan merdeka belajar kampus merdeka adalah akan adanya perguruan tinggi yang bertindak sebagai penyelenggara dan perguruan tinggi peserta. Kedua perguruan tinggi tersebut akan melakukan memorandum of understanding (MOU) atau pun kesepakatan melakukan kampus merdeka. Alur untuk sistem PDDIKTI akan dimulai dengan pihak penyelenggara membuat kelas serta memberikan tanda khusus bahwa merupakan kampus merdeka. Lalu, beberapa mata kuliah yang masuk dalam program kampus merdeka akan didetailkan dalam sistem. Siapa saja peserta yang boleh mengikuti, metode pembelajarannya daring atau luring, dan lain-lain. Selanjutnya pihak penyelenggara harus melaporkan melalui aplikasi kampus merdeka PDDIKTI untuk melakukan sinkronisasi data. Untuk pihak peserta, diwajibkan mencatatkan data mahasiswa yang sedang mengikuti kampus merdeka.

Namun, aplikasi ini berbeda dengan PDDIKTI dan Forlap Dikti biasanya. Jadi, akan ada aplikasi baru yang bernama kampus merdeka. Dimana semua data terkait sistem yang berhubungan baik itu penyelenggara maupun peserta kampus merdeka akan dilaporkan di aplikasi ini.

Adakah perubahan lain setelah melakukan MOU antar perguruan tinggi ketika melaksanakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka?

Selain mengirimkan data mahasiswa maupun membuat kelas, bagi pihak penyelenggara dan peserta, nantinya juga akan ada tambahan perubahan dalam status aktivitas kuliah mahasiswa. Akan ada fitur baru atau pun tanda yang bisa dimasukkan oleh perguruan tinggi peserta bahwa mahasiswa tersebut sedang mengikuti kampus merdeka. Artinya ada beberapa pilihan status mahasiswa selain, lulus, aktif, cuti, non aktif, juga ada status sedang mengikuti kampus merdeka.

Setelah pencatatan, pihak peserta kampus merdeka juga harus mengonversi nilai transfer dari mahasiswa yang mengikuti perkuliahan di luar prodi maupun perguruan tinggi. Hal lain, yang juga akan ada setelah perkuliahan kampus merdeka selesai, data nilai tersebut diberikan label khusus. Misalnya, mendapat nilai dari perguruan tinggi mana maupun fakultas apa ketika dalam satu perguruan tinggi.

Selain hal tersebut, akan ada pencatatan penilaian lain pada eFeeder 4.0 tentang aktivitas mahasiswa. Seperti, magang atau praktek kerja, asistensi mengajar, penelitian, proyek kemanusiaan, kewirausahaan, studi proyek dan program membangun desa. Untuk laporan akhir dari 7 kegiatan mahasiswa tersebut akan dikembalikan kepada kampus masing-masing.

Baca juga: Dinamika Pendampingan Pelaporan Feeder PDDIKTI dalam Menjaga Kredibilitas Data

feeder-pddikti-ecampuz

eCampuz Siap Menyambut Merdeka Belajar dengan eFeeder 4.0

Adanya model pembelajaran kampus merdeka membuat beberapa hal harus mengalami penyesuaian. Seperti adanya pihak kampus sebagai penyelenggara dan pihak lain sebagai peserta. Selain itu, metode pelaporan aktivitas mahasiswa juga akan lebih kompleks. Hal ini harusnya tidak akan menjadi masalah bagi pihak perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Tim eCampuz. Karena sebenarnya aplikasi eAkademik dan  eFeeder sudah memiliki beberapa fitur-fitur tersebut. Jadi, tinggal dihubungkan dengan aplikasi baru PDDIKTI tentang kampus merdeka. Untuk hal-hal lain yang belum terdapat dalam fitur eCampuz maka masih dilakukan riset sembari menunggu update informasi dari kampus terkait maupun PDDIKTI.