Demi memfasilitasi kuliah online, artikel kali ini akan mengulas tentang proses pengelolaan tugas dan ujian pada aplikasi eAkademik bersama Mbak Rosa. Aplikasi eAkademik merupakan portal yang dirancang untuk dosen atau pun mahasiswa dalam mengelola sistem perkuliahan. Di masa Pandemi Covid-19 ini, mahasiswa dan dosen sudah mengurangi intensitas tatap muka demi memutus mata rantai penyebaran virus. Hal ini juga berdampak pada proses belajar-mengajar yang biasanya dilakukan secara luring. Demi mendukung proses belajar-mengajar agar tetap berjalan,  aplikasi eAkademik telah memberikan fasilitas berupa fitur pengelolaan tugas dan ujian yang dapat digunakan oleh dosen maupun mahasiswa dalam kuliah online

sistem informasi akademik

Baca juga: Sistem Informasi Akademik: 5 Aspek Suksesi Implementasi


Selama menjalani kuliah online, fitur apa saja yang sering diakses pada aplikasi eAkademik?

Mbak Rosa mengatakan saat Pandemi Covid-19 dan kampus melaksanakan kuliah online, aplikasi eAkademik menjadi hal yang sering disebut dalam implementasi terutama ketika masa ujian akhir semester. Beliau juga menampilkan bahwa traffic yang paling banyak diakses pada aplikasi eAkademik adalah menu virtual class. Menu tersebut belakangan ini banyak diakses oleh dosen dan mahasiswa, khususnya untuk memberikan soal ujian akhir atau mengunggah hasil ujian akhir. Menu virtual class dilengkapi dengan fitur materi kuliah, tugas kuliah, ujian online dan diskusi online. Karena perguruan tinggi sedang melalui akhir semester, yang paling sering diakses adalah fitur ujian kelas. Ditunjukkan pula pada fitur daftar ujian, para dosen dapat mengunggah soal ujian. 

Contohnya, dosen dapat mengisi application form untuk menambahkan file ujian dan informasi tambahan seperti nama ujian, keterangan atau informasi ujian, dan tanggal penyelenggaraan ujian. Setelah itu, mahasiswa dapat mengunduh file ujian pada aplikasi eAkademik dan dosen dapat melihat daftar nama mahasiswa yang telah mengumpulkan hasil ujian serta memberikan nilai secara langsung pada aplikasi eAkademik. Mbak Rosa menambahkan bahwa untuk ujian tengah semester, terdapat tahapan yang sama dengan ujian akhir semester.

belajar-online-corona-ecampuz

Baca juga: Tentang Pembelajaran Daring, Corona Mengajarkan Kita 3 Hal

 

Bagaimana proses pengelolaan kuliah online di eAkademik, jika dalam satu mata kuliah atau kelas memiliki dua dosen pengampu?

Mbak Rosa menyampaikan jika mata kuliah memiliki lebih dari satu dosen pengampu serta harus melaksanakan kuliah online, maka hak akses dalam pemberian ujian akhir semester akan diberikan kepada dosen koordinator. Jadi untuk mengelola dan mengunggah soal ujian hanya dapat dilakukan oleh satu dosen pengampu. Koordinasi yang terjadi di dalamnya dapat berupa salah satu dosen pengampu melakukan koreksi, sementara dosen lainnya dapat mengelola dan mengakses aplikasi eAkademik. Sehingga proses ujian akhir dapat dilaksanakan dengan baik. 

 

Bagaimana cara mahasiswa mengakses virtual class selama kuliah online?

Selama kuliah online mahasiswa dapat log-in pada aplikasi eAkademik sebagai mahasiswa. Mbak Rosa menunjukkan bahwa pada aplikasi eAkademik, mahasiswa akan dihadapkan dengan kuesioner evaluasi kinerja dosen selama satu semester dan itu bersifat wajib diisi sebelum mengakses virtual class. Jadi, mahasiswa tidak dapat mengakses virtual class sebelum mengisi kuesioner evaluasi kinerja dosen. Hal ini berguna agar program studi yang bersangkutan mendapatkan feedback dari para mahasiswa.

Setelah itu, mahasiswa dapat mengakses menu virtual class pada bagian ujian akhir agar dapat mengunduh file soal yang diberikan oleh dosen pengampu. Mahasiswa dapat mengunduh file soal ujian kapan saja selama waktu pengerjaan yang diberikan oleh dosen masih terbuka. Waktu pengerjaan yang diberikan juga berkaitan dengan waktu pengumpulan hasil ujian. Saat waktu yang diberikan telah lewat, maka mahasiswa tidak dapat lagi mengunggah file hasil ujian atau pun mengunduhnya. Saat mahasiswa mengunggah file hasil ujian, akan muncul kolom keterangan pada aplikasi eAkademik agar dapat diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan. Selain itu, selama waktu pengerjaan masih terbuka mahasiswa masih dapat melakukan revisi kembali pada hasil ujian yang telah diunggah lalu dikumpulkan kembali pada aplikasi eAkademik.

merdeka belajar kampus merdeka

Baca juga: Menyambut Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Feeder 4.0

Menu virtual class pada aplikasi eAkademik memfasilitasi dosen dan mahasiswa dalam menjalankan proses belajar-mengajar secara online selama masa Pandemi Covid-19. Dosen pengampu mata kuliah dapat berbagai materi kuliah secara online dan menyampaikan tugas-tugas kuliah kepada mahasiswa. Selain itu, menu virtual class juga memfasilitasi mahasiswa dan dosen untuk mendukung terjadinya diskusi kelas secara online melalui fitur diskusi online.

Misalnya, dosen menyampaikan topik yang akan didiskusikan oleh mahasiswa pada fitur diskusi online. Kemudian mahasiswa akan memberikan tanggapan pada kolom komentar setelah dosen menyampaikan topik diskusi. Nantinya dosen dapat melihat siapa saja mahasiswa yang aktif memberikan tanggapan dari topik tersebut. Mbak Rosa juga menyampaikan bahwa killer fiture pada menu virtual class adalah fitur materi kuliah, tugas kuliah, ujian dan diskusi online. Jadi, aplikasi eAkademik benar-benar digunakan bukan hanya untuk pengurusan Kartu Rencana Studi (KRS) melainkan juga digunakan saat kuliah secara daring.