Sistem Informasi Akademik

Digunakan untuk mengelola data akademik dan administrasi perkuliahan mahasiswa. eAkademik dirancang sebagai software generic yang dapat digunakan untuk mengelola aktivitas akademik mahasiswa dan dosen seperti saat proses rencana studi, pengelolaan kurikulum dan semester, pengelolaan nilai hingga transkrip yang telah sesuai dengan standar pelaporan PDDIKTI. eAkademik juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengeluarkan laporan dan print out yang berkaitan dengan data akademik yang umum dibutuhkan oleh perguruan tinggi seperti KRS, KHS, Transkrip, jadwal kuliah maupun jadwal mengajar, sampai dengan Ijazah dan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah).

Software generic yang dimaksud adalah sistem informasi akademik ini dapat diimplementasikan dengan berbagai macam model perguruan tinggi dari mulai akademi, institut, sekolah tinggi, politeknik hingga universitas. Dengan pengalaman implementasi di lebih dari 150 perguruan tinggi di Indonesia, eAkademik juga mendukung model perkuliahan dengan sistem blok/berbasis kompetensi.

Sistem informasi akademik ini telah terdaftar Hak Cipta di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Pendaftaran EC00201704126.

Sistem Informasi Akademik

Beragam fitur standar untuk aturan-aturan dalam penyelenggaraan proses akademik seperti jenis nilai, jatah SKS & SKS toleransi, syarat predikat kelulusan hingga gelar kelulusan. Mendukung pengelolaan kurikulum, mata kuliah, prasyarat mata kuliah hingga penyetaraan mata kuliah antar kurikulum.

Untuk fitur kemahasiswaan, sistem ini mendukung proses pengelolaan data mahasiswa, dosen pembimbing akademik, cuti mahasiswa, mahasiswa mengundurkan diri dan mahasiswa drop out.

Kemudian dalam fitur pengaturan semester, sistem ini mendukung proses pengelolaan jenis semester (semester ganjil, genap, dan perbaikan), aturan semester, penjadwalan kuliah, ujian tengah, ujian akhir serta pengelolaan tesis dan disertasi untuk mahasiswa pascasarjana.

Sistem ini juga mendukung proses pengelolaan rencana studi mahasiswa, KRS paket, pengelolaan nilai, pengelolaan hasil studi, transkrip nilai, nilai transfer, tugas akhir, mahasiswa magang/PKL dan Yudisium & Wisuda.

Baca juga : Membalik Telapak Tangan, Semudah Itulah Mengelola Data Dengan eCampuz

 

 

Lalu apa saja fitur lain yang ada di eAkademik?

Mendukung Implementasi Multi Kurikulum

eAkademik dirancang untuk mengikuti proses perubahan kurikulum yang mungkin terjadi pada saat pergantian semester. Dengan demikian dalam pengelolaan data mahasiswa lama tidak akan terkendala dengan kemungkinan terjadinya kesalahan kode kuliah, serta masalah kesetaraan mata kuliah.

Mampu Mengelola Kurikulum Berbasis Blok

Selain untuk model kurikulum reguler, eAkademik mendukung kurikulum berbasis blok. Kurikulum ini biasanya digunakan untuk program studi yang menyelenggarakan proses perkuliahan dengan mengimplementasikan pembagian mata kuliah berbasis blok. Terdiri dari berbagai macam metode pembelajaran seperti tutorial, skills lab, praktikum, pleno, kuliah umum, dll.

Selain itu mendukung pengelolaan tema materi pada setiap matakuliah dan metode pembelajaran, pengelolaan metode pembagian peserta subkelas/kelompok untuk setiap metode pembelajaran dan materi, pengelolaan peserta dan cetak presensi untuk setiap sub kelas/kelompok, pencatatan dan rekapitulasi kehadiran mahasiswa untuk setiap sub kelas/kelompok, pengelolaan jadwal tatap muka mingguan maupun model jadwal spesifik tanggal, konfigurasi komponen nilai secara dinamis untuk general, per prodi, maupun per mata kuliah, pengelolaan nilai mahasiswa KBK dan support KRS paket maupun KRS mandiri melalui portal mahasiswa.

Kemudahan Pengelolaan Dokumen Kelulusan

eAkademik dilengkapi dengan fitur penerbitan transkrip mahasiswa dalam beberapa format berbeda yang dapat dikonfigurasikan dengan sangat mudah, misalnya terkait dengan penggunaan nilai terakhir atau nilai terbaik, termasuk juga penyesuaian jika terjadi pengulangan (perbaikan nilai).

Tak hanya dokumen Transkrip, terdapat fitur untuk cetak dokumen Ijazah yang tentunya akan disesuaikan dengan format Ijazah dari perguruan tinggi.

 

Bagaimana dengan Permenristekdikti Nomor 59 Tahun 2018 tentang Sertifikat Kompetensi?

SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah)

SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi, berisi informasi tentang pemenuhan kompetensi lulusan dalam suatu Program Pendidikan Tinggi. Surat keterangan ini juga menjadi dokumen tambahan yang menginformasikan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan seorang lulusan kepada pihak pengguna lulusan. Di dalamnya terdapat penjelasan yang obyektif dari prestasi dan kompetensi lulusan selain prestasi yang berkaitan dengan perolehan akademik, sehingga meningkatkan kelayakan kerja (employability).

Di sistem eAkademik ini dalam waktu dekat ada fitur khusus untuk mengelola data yang dibutuhkan untuk SKPI. Cerita tentang bagaimana fitur SKPI disematkan di eAkademik akan kami kupas pada tulisan berikut.

 

***

 

Bagi pelanggan kami yang berlangganan eAkademik, dengan senang hati kami berikan layanan tambahan untuk membantu operator melakukan pelaporan PDDIKTI Feeder menggunakan aplikasi kami, eFeeder. Tidak hanya itu saja, untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses informasi akademiknya, kami berikan juga aplikasi mobile Android bernama mCampus. Ulasannya, tentu akan kami bagikan secara detil di artikel selanjutnya 😉

 

ecampuz