Pertanyaan ini sering ditanyakan, dan kami akan mencoba sebaik mungkin mengulasnya pada artikel kali ini. Berapa harga Sistem Informasi Akademik Terpadu? Kami akan memulai dengan menjelaskan apa saja layanan dan produk yang dikemas dalam Sistem Informasi Akademik Terpadu-nya eCampuz ini.

Solusi Sistem Informasi Akademik Terpadu, adalah bagian penting dari package eCampuz baik versi Suite maupun Cloud. eCampuz Cloud adalah layanan dengan model bisnis sewa (lazim dikenal juga dengan Software as a Service) . Kedua adalah eCampuz Suite, kami desain dengan model bisnis jual putus (termasuk pemeliharaan, berkisar 3 hingga 12 bulan). Sekali lagi, kami akan menyebutnya sebagai Sistem Informasi Akademik Terpadu, meliputi proses penerimaan mahasiswa baru, pembayaran uang kuliah, hingga kelulusan mahasiswa. Detilnya akan dipaparkan pada paragraf berikutnya. Sebelumnya, pricing first ūüėČ

 

Harga Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Cloud

Untuk Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Cloud, harga sewanya adalah Rp 10.000,- per mahasiswa aktif per-bulan (belum termasuk PPn), dengan minimum pembayaran per-bulan secara institusi, adalah Rp 3.000.000,- (kami kenakan ini pada Kampus dengan jumlah mahasiswa di bawah 300 mahasiswa aktif, belum termasuk PPn).

Definisi mahasiswa aktif adalah mahasiswa yang melakukan transaksi KRS dan mahasiswa yang tercatat cuti. Angka ini akan dilihat bersama dan disepakati bersama per-semester. Apa saja yang diterima oleh pelanggan atau pengguna Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Cloud dengan harga ini?

1. Dapatkan 5 paket inti Sistem Informasi Akademik Terpadu

Yaitu eAdmisi (Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru), eRegistrasi (Sistem Informasi Registrasi dan Herregistrasi), ePembayaran (Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa), eAkademik (Sistem Informasi Administrasi Akademik), Portal Akademik, dan eFeeder (Integrator data gtAkademik dengan Feeder DIKTI). Kapabilitas paket ini, mencakup hingga solusi spesifik untuk Fakultas yang menerapkan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) seperti Fakultas Kedokteran.

2. Tambahan paket aplikasi lainnya untuk lebih Advanced

Tambahan 5 paket dan ini semua free-of-charge, bergantung kepada assessment kesiapan Kampus sendiri untuk memberikan energinya pada setup dan pendampingan implementasi. Lima packages ini meliputi ePustaka (Sistem Informasi Perpustakaan), eRiset (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat), eAset (Sistem Informasi Manajemen Aset),  eSDM (Sistem Informasi Kepegawaian) yang melingkupi solusi untuk BKD dan juga SKP, dan eBeasiswa (Sistem Informasi Beasiswa).

3. Konversi/migrasi data dari sumber data existing Kampus

Preferensi sumber data adalah data pelaporan Feeder DIKTI kampus bersangkutan, atau dari sumber data Excel (dari template eCampuz). Sumber data non Feeder DIKTI tentatif, akan melihat seberapa baik informasi kamus data-nya.

4. Pelatihan penggunaan aplikasi

Pelatihan ini dilakukan satu kali dan waktunya saat pasca migrasi data di lokasi pelanggan, serta pendampingan intensif di sepanjang masa sewa.

  1. Mekanisme backup data dilakukan per-jam untuk transaksi 30 hari terakhir, dan disimpan di fisik dan host yang terpisah;
  2. Setiap ada perubahan format Feeder DIKTI dan update versi Feeder, eFeeder dan eCampuz Cloud akan juga disesuaikan dan diberikan ke semua pelanggan tanpa biaya tambahan;
  3. Konversian data terkini dalam bentuk berkas Excel yang sangat ramah migrasi, ketika pelanggan memutuskan berhenti berlangganan eCampuz Cloud. Tim eCampuz akan membantu proses migrasi tersebut, bilamana dijumpai kesulitan.
  4. Pendampingan implementasi yang sangat intensif sepanjang pekan, selama masa aktif sewa. Tidak berlebihan bila kami menyampaikan bahwa citarasa pendampingan eCampuz Cloud adalah premium. Kami dipercaya oleh 70 Perguruan Tinggi sejauh ini untuk pelayanan cloud, dan dengan senang hati akan membawa Anda untuk membuktikannya sendiri ūüėČ

 

Baca juga: Pentingnya Pendampingan Saat Implementasi dan Pemeliharaan Sistem Informasi Akademik

 

Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Suite

Untuk eCampuz Suite, sedikit berbeda dengan versi Cloud, pelanggan akan mendapatkan kode sumber dan basis data yang menjadi hak-nya dan bebas untuk dimodifikasi dengan batasan untuk kepentingan pengembangan internal Kampus. Pelanggan juga dapat melakukan personalisasi mendalam atas kode sumber tersebut, sesuai kebutuhan spesifik yang memang didapati gap-nya.

Gap ini muncul karena produk (as is) eCampuz  bisa jadi belum memenuhi beberapa ekspektasi khusus dari calon pelanggan eCampuz Suite. Apakah mungkin hal seperti ini terjadi? Tentu saja. Ada kemungkinan muncul kebutuhan spefisik dan berbeda yang tidak kami dapati dari akumulasi pengalaman kami di pelayanan ke 206 Kampus selama 15 tahun ini.

Hasil dari analisis gap, akan menjadi change request untuk menjadi dasar penyusunan penawaran harga.

Berikut adalah cost structure Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Suite yang kami gunakan untuk membentuk harga :

1. Aplikasi As Is dan Kuota Kustomisasi

Harga aplikasi as is, adalah item yang fix, namun untuk kuota kustomisasinya akan kami sesuaikan dengan hasil gap-analysis yang didapatkan sebelumnya. Komponen kuota kustomisasi ini, adalah item variable. Harga aplikasi as is untuk Sistem Informasi Akademik Terpadu dimulai dari Rp. 400 juta.

2. Instalasi Aplikasi dan Pemeliharaan Server

Ini khusus untuk durasi pemeliharaan yang disepakati. Default harga perihal ini mencakup 2 mesin, yang kami pandang adalah kebutuhan minimal perangkat keras yang perlu disiapkan oleh Kampus.

3. Workshop

Workshop yang dimaksud ini adalah kegiatan kunjungan untuk penggalian data dan kebutuhan, kegiatan kunjungan untuk konfirmasi hasil pengerjaan, dan kegiatan kunjungan untuk UAT (User Acceptance Test). Ada 3 workshop, secara default.

4. Pelatihan Penggunaan Aplikasi

Tentunya dengan durasi yang disesuaikan dengan ruang lingkup cacah aplikasi yang disertakan dalam RAB.

5. Biaya kunjungan

Item ini adalah biaya yang timbul dari aktivitas kunjungan untuk satisfy kegiatan workshop dan pelatihan penggunaan.

 

Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Suite memberikan kebebasan sangat tinggi kepada pelanggan guna kemandirian pengembangan, tidak perlu bergantung kepada tim eCampuz 👏👏👏 Yeaayy! Dengan pelatihan transfer knowledge¬†yang kami sediakan, Kampus akan mendapatkan pelatihan selama 5 hari berturut-turut dengan materi pendalaman framework aplikasi, desain basis data dan paparan titik-titik integrasinya, disertai¬†code jam¬†untuk berlatih ngoprek eCampuz Suite.

Sistem Informasi Akademik Terpadu versi Cloud, sementara itu, adalah solusi yang pas ketika server, tenaga TI baik operation maupun pengembang, menjadi kendala yang belum dapat teratasi oleh Kampus. Di sisi investasi, opsi sewa adalah opsi yang menyenangkan karena Kampus dapat mengimplementasikan support system Academic Management, dan lebih fokus pada pelayanan kepada civitas akademika sembari menumbuhkan jumlah mahasiswa aktif.

Semoga cukup memberi penjelasan ya. Boleh lho berkunjung juga ke landing page eAkademik kami ūüėČ

Bagaimana harga eCampuz Suite, dibandingkan dengan penyedia jasa serupa lainnya seperti Zisoft, Sevima, Air Media, Suteki Tech, atau Edu Sinergi? Kami belum bisa membandingkannya, since kami belum menemukan publikasi harga untuk portofolio on-premises dari website mereka.

Dengan senang hati kami akan melayani obrolan lebih lanjut di info@ecampuz.com. Kami menantikan respon Anda. Gracias! ūüėČ

 

ecampuz