Selain merdeka belajar, sering kita dengar istilah “Kampus Merdeka” yang mana kata merdeka disini dapat diartikan sebagai “tidak mengekang” atau “fleksibel”. Perkembangan teknologi yang cepat mengakibatkan kampus harus menyiapkan metode inovatif dalam proses belajar mengajar. Tidak hanya itu, mahasiswa bebas untuk belajar dari mana saja dan tidak melulu terpaku pada pembelajaran di kelas. Mahasiswa dapat mengeksplor pengetahuan serta keterampilannya sebagai bekal untuk menghadapi dunia setelah perkuliahan.

Kampus Merdeka merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja secara langsung sebagai persiapan karier masa depan. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengimplementasikan pengetahuan yang telah didapat. Program ini diselenggarakan selama 1-2 semester, dengan konversi SKS setara 20 SKS untuk 1 semester.

Dengan diadakannya Kampus Merdeka, mahasiswa tak hanya dapat meningkatkan kemampuan hard skill maupun soft skill, namun juga diharapkan mempunyai kapasitas baru untuk menjadi SDM yang siap di masa depan, membangun relasi dengan mitra Kampus Merdeka, serta menjadi pemimpin masa depan yang menghargai keanekaragaman dan menghargai orang lain. 

Bentuk Kegiatan Kampus Merdeka

Bentuk kegiatan pelaksanaan Kampus Merdeka telah tercantum dalam Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1. Mahasiswa dapat memilih untuk mengikuti program tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Berikut adalah bentuk kegiatan yang dapat kamu ikuti, diantaranya adalah :

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA)

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan suatu program beasiswa dari pemerintah Indonesia yang ditujukan kepada mahasiswa program sarjana untuk merasakan pengalaman di universitas unggulan luar negeri selama 1 semester. Selain itu, mahasiswa tersebut dapat merasakan budaya tuan rumah negara yang dikunjungi. Sehingga dapat menjadi sarana pertukaran budaya antar kedua negara.

Program Gerilya (Gerakan Inisiatif  Listrik Tenaga Surya)

Jika kamu tertarik untuk tentang sumber energi, maka kamu dapat mengikut program Gerilya. Gerilya adalah program Kampus Merdeka untuk mengembangkan kompetensi di bidang energi bersih khususnya Solar Photovoltaic (PV). 

Program ini ditujukan bagi kamu mahasiswa semester 5 program eksakta. Program Gerilya akan dilaksanakan selama 1 semester, dengan rincian 10 minggu merupakan pembelajaran dan 12 minggu lainnya merupakan team-based project

Magang

Program magang Kampus Merdeka dilaksanakan dengan tujuan mahasiswa mendapatkan pengalaman kerja selama 1-2 semester. Magang hanya bisa dilakukan di ruang lingkup mitra kerjasama Kampus Merdeka. 

Teruntuk kamu yang ingin merasakan magang di bidang yang berbeda dengan prodimu saat ini tidak usah khawatir. Karena kamu dapat mengikuti program magang Kampus Merdeka meskipun mendaftar pada lembaga yang tidak sesuai dengan program studinya sesuai dengan capaian yang kamu inginkan.

Program Permata

Selanjutnya ada program Permata atau Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara. Program ini memfasilitasi kamu yang ingin merasakan pengalaman belajar di kampus lain. Untuk perihal SKS, kamu tidak perlu khawatir karena bobot SKS yang kamu tempuh di prodi atau kampus lain akan dikonversikan ke SKS yang ada di prodimu.

Post_Blog_eRiset
Baca juga : eRiset, Solusi Pengelolaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Riset atau Penelitian

Program yang diadakan untuk melakukan riset di bidang akademik, baik sains ataupun humaniora. Kamu dapat memilih untuk melakukan riset di LIPI/BRIN, LAPAN, NASA, Perguruan Tinggi, atau lainnya.

Proyek Independen atau Studi Independen

Proyek Independen adalah program bagi mahasiswa untuk belajar melalui aktivitas di luar kampus. Tepatnya bagi mahasiswa yang ingin menambah kemampuan dengan menguasai kompetensi spesifik namun secara praktis. 

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa yang mengikuti proyek atau studi independen akan mengerjakan atau mengembangkan sebuah proyek sebagai outputnya. 

  1. Kampus Mengajar
    Mahasiswa mengajar pada pendidikan dasar guna peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan dasar.
  2. Wirausaha
    Program wirausaha merupakan program bagi mahasiswa untuk mengembangkan kegiatan kewirausahaan yang dibimbing oleh seorang dosen atau pengajar, dibuktikan dengan proposal kegiatan kewirausahaan dan lampiran bukti transaksi konsumen atau bisa juga dengan slip gaji pegawai. Program ini ditujukan untuk mengelola potensi dan menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha.
  3. Proyek kemanusiaan
    Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan menyumbang gagasan solusi untuk isu-isu sosial. Berbekal kompetensi ilmu, minat, dan jiwa muda, mahasiswa dapat menjadi “foot soldiers” dalam proyek pembangunan maupun kemanusiaan di dalam atau luar negeri.
  4. Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN Tematik)
    KKN Tematik dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat, bersama-sama menggali potensi daerah guna mengatasi permasalahan yang ada di desa tersebut.

Manfaat Mengikuti Program Kampus Merdeka

Tertarik mengikuti program Kampus Merdeka? Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika mengikuti program Kampus Merdeka.

Menjadikan perkuliahan lebih fleksibel

Tujuan utama program Merdeka Belajar sebagaimana diutarakan oleh Kemendikbud ialah untuk melepas belenggu kampus agar lebih leluasa bergerak. Hal ini ditujukan agar mahasiswa lebih mengenali perannya dengan baik sebagai mahasiswa.

Lebih siap menghadapi dunia pasca kampus

Kamu dapat mengikuti program magang atau lainnya untuk mendapatkan pengalaman dan pembelajaran mengenai dunia kerja. Atau jika kamu tertarik untuk menjadi pengusaha, kamu dapat mengikuti program wirausaha dan dapat melanjutkan usahamu setelah lulus nanti.

  1. Memperluas networking dan pengalaman belajar di luar prodi maupun universitas
  2. Kesempatan belajar secara langsung dengan praktisi yang berkompeten di bidangnya
  3. Eksplorasi pengetahuan dan penerapan (implementasi) kemampuan di industri kerja atau lingkungan bermasyarakat
  4. Kegiatan kerja praktik dan lapangan akan dikonversi menjadi SKS

Salah satu kelebihan program Kampus Merdeka adalah kegiatan yang dilakukan dapat dikonversikan dengan SKS yang ada di prodimu, tentunya sesuai dengan kebijakan masing-masing prodi. Oleh karena itu, tidak usah khawatir mengikuti program Kampus Merdeka akan menghambat kelulusanmu asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

program permata merdeka
Baca juga : Program Permata Merdeka untuk Mendukung MBKM

Sudah siap untuk eksplorasi hal baru yang sebelumnya terasa asing bagimu? Kamu dapat mendaftar program Kampus Merdeka pada laman Register Kampus Merdeka dan jangan lupa  untuk mengaktifkan akun melalui email yang sudah didaftarkan.

Jika kamu ingin mendalami seputar program Kampus Merdeka, kamu dapat melihat pada Buku Panduan Merdeka – Merdeka Belajar.