Beberapa waktu ini eCampuz Cloud sering disebut-sebut dalam pembahasan mengenai Cloud Computing pada artikel sebelumnya. Sekarang saatnya untuk mengupas salah satu perusahaan jasa  yang menyediakan layanan komputasi awan yang dapat digunakan untuk menunjang sistem di bidang pendidikan. PT Solusi Kampus Indonesia memiliki 3 segmentasi produk unggulan, salah satunya adalah eCampuz Cloud. Sementara itu, dua produk lainnya adalah eCampuz Suite dan eCampuz Services. Ketiga segmentasi produk tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia. Layanan yang diberikan antara lain pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga sistem untuk pimpinan kampus. Terdapat pulau pelatihan dan konsultansi untuk penyusunan Rencana Induk Teknologi Informasi Komunikasi (RITIK) bagi perguruan tinggi.

Untuk memberikan layanan penggunaan sistem informasi yang lebih dinamis, eCampuz Suite kini hadir dalam bentuk cloud. Ada 4 modul utama yang tersedia dalam eCampuz Cloud Basic diantaranya eAdmisi, ePembayaran, eRegistrasi, dan eAkademik. eAdmisi yaitu portal untuk pendaftaran online Ujian Masuk Kampus, mendukung integrasi pembelian formulir online dengan Bank Mitra Kampus; ePembayaran yaitu aplikasi untuk mengelola pembayaran mahasiswa beserta laporan-laporannya; eRegistrasi yaitu aplikasi untuk pengelolaan data registrasi dan heregistrasi mahasiswa, support integrasi status bayar dan status registrasi online dari aplikasi ePembayaran. Yang terakhir adalah Akademik yaitu aplikasi untuk pengelolaan data dan administrasi akademik, mendukung penuh pelaporan Pangkalan Data Kampus.

eCampuz Cloud: Solusi Akademik Terintegrasi untuk Kampus

Simak video: Variasi Bisnis Proses Pembayaran SPP Mahasiswa di eCampuz Cloud

Dengan menggunakan eCampuz Cloud, kampus dapat memperoleh kemudahan dalam hal integrasi data mahasiswa. Selain itu, metode ini dapat mempermudah akses informasi untuk mahasiswa maupun calon mahasiswa. Mahasiswa dan calon mahasiswa dapat mengakses informasi pendaftaran, pembayaran, serta informasi akademik lainnya melalui layanan  4 modul utama yang telah disediakan. Dengan begitu, mahasiswa tidak harus datang ke kampus karena semua telah terintegrasi secara online didalam cloud. eCampuz Cloud juga mengampu fitur-fitur utama dari eCampuz Suite seperti generator PIN dan nomer ujian, pencetakan kartu ujian dan kartu mahasiswa, pelaporan, setting tarif pembayaran SPP, multi kurikulum, dan KRS.

Melihat banyaknya kemudahan yang diperoleh dengan berlangganan eCampuz Cloud, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk praktisi pendidikan yang ingin melakukan manajemen data. Terutama bagi kampus yang tergolong baru. eCampuz dapat membantu anda untuk mengintegrasikan data tanpa biaya pembangunan infrastruktur yang mahal. Kampus yang ingin berlangganan eCampuz Cloud hanya diminta untuk mempersiapkan koneksi internet yang memadai dan logo dalam bentuk softcopy.

Dengan adanya sistem yang membantu dan menunjang kinerja, maka klien cukup membantu mengawasi dan memonitor jalannya sistem. Jika terjadi gangguan pada sistem anda tidak perlu khawatir karena eCampuz Cloud memberikan fasilitas tambahan berupa servis untuk memastikan tidak terjadi gangguan pada software, backup data yang terjadwal untuk menjamin data-data penting tetap aman, upgrade versi eCampuz Cloud terbaru tanpa dikenai biaya.

Apa saja yang eCampuz lakukan secara bertahap, ketika akan melakukan setup Sistem Informasi Akademik versi Cloud yang kami branding dengan nama eCampuz Cloud itu? Tahapan demi tahapannya akan kami ceritakan dalam artikel berikut Ini Yang Kami Lakukan Saat Setup Aplikasi eCampuz Cloud

alur_setup_aplikasi_ecampuz_cloud

Versi demo aplikasi akan selalu tersedia di laman cloud.ecampuz.com sehingga siapapun dapat melakukan registrasi mandiri dan menikmati sajian demo yang kami kondisikan dengan cukup apik agar Anda tidak perlu login ke satu per satu aplikasi.