Sobat eCampuz yang bertugas di Bagian Akademik, tentunya sudah terbiasa bersinggungan dengan pelaporan data akademik ke PDDikti menggunakan eFeeder dari eCampuz. Tapi, sudah tahu belum kalau ternyata eFeeder punya kembaran lho? Hari ini kita akan berkenalan sedikit dengan kembaran eFeeder dari tetangga jauh eCampuz yang bermarkas di daerah Bandung : eFeeder dari eFishery.

Yuk, Kenalan Dulu Sama eFeeder dari eFishery

Ada Dua eFeeder, Jangan Salah Pilih Sesuaikan KebutuhanmuBerdiri sejak tahun 2013, bermula dari sebuah garasi rumah yang disewa, eFishery adalah merek dagang yang dimiliki oleh PT Multidaya Teknologi dan berfokus pada solusi dan pengembangan teknologi di bidang akuakultur. Dikutip dari situs eFishery, tujuan pertama kali eFishery berdiri adalah untuk memberikan kontribusi terhadap ketahanan pangan, dengan didukung oleh kemajuan teknologi di bidang akuakultur, untuk menyediakan produk perikanan sebagai sumber utama protein hewani.

Tahun 2014, satu tahun setelah diinisiasi, eFishery mulai mengembangkan prototipe eFisheryFeeder Ikan. Pada tahun selanjutnya, eFishery yang akhirnya meninggalkan garasi rumah kemudian memiliki kantor pusat dan gudang untuk tahap produksi dan komersial. Pada tahun 2016, eFishery memulai produksi massal alat pakan ikan otomatis yang diberi nama eFisheryFeeder atau disebut juga dengan eFeeder. eFeeder ini merupakan sepaket mesin pemberi pakan dan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone berbasis Android. Aplikasinya membantu pembudidaya untuk mengatur mesin supaya memberi pakan sesuai jadwal dengan takaran sesuai kebutuhan budidaya.

Satu tahun setelahnya, eFeeder untuk udang diluncurkan. Sejak 2018 hingga 2021, eFishery lanjut mengembangkan bisnis dengan menjadi distributor, menyediakan bantuan dana untuk para pembudidaya akuakultur, dan membuka gerai untuk memaksimalkan pelayanan dan membantu para pembudidaya udang/ikan di Indonesia. Paket ringkasnya ini digunakan oleh pembudidaya ikan dan udang untuk mengatur jadwal dan takaran pakan ikan.

eFeeder dari eFishery digunakan oleh para pembudidaya ikan dan udang seperti yang sudah disebutkan di atas. Nah, kata feed di sana sepertinya sih untuk menjelaskan; eh ini alat pemberi pakan, loh. Jika menilik dari halaman situs eFishery, jelas sekali eFishery dan produknya memang ditujukan untuk orang-orang yang berkecimpung di bidang akuakultur. Nah, kalau aplikasi eFeeder dari eCampuz, seperti yang sudah Sobat eCampuz ketahui, digunakan oleh bagian akademik di perguruan tinggi. Kegunaannya adalah untuk sinkronisasi data akademik ke PDDIKTI.

Ada Dua eFeeder, Jangan Salah Pilih Sesuaikan Kebutuhanmu
Baca juga: eFeeder Untuk Mempermudah dan Mempercepat Pelaporan Data dari Kampus ke PDDIKTI

Mesin eFeeder atau yang juga disebut Smart Feeder ini juga dikatakan bisa memberikan rekomendasi pemberian pakan untuk ikan. Tong penampung makanan didesain dari plastik, sehingga perawatannya mudah, tahan lama, dan bebas karat. Mesin eFeeder bisa digunakan untuk menampung pelet atau pakan ikan berbagai ukuran, mulai dari 1 mm hingga 5 mm, dan mampu melontarkan makanan hingga 10 meter jauhnya. Mesin ini dibuat untuk mempermudah pembudidaya agar tidak perlu rutin ke kolam hanya untuk memberi pakan ikan. Semua kontrol pemberian pakan, diatur melalui aplikasi; makanan apa yang diberikan, kapan jadwalnya, dan berapa takarannya. Aplikasi yang terpasang di ponsel pintar juga mencatat data-data tersebut.

Kalau eFeeder dari eCampuz?

Jika eFeeder dari eFishery adalah mesin dan aplikasi pengatur mesin yang dipasang di ponsel pintar berbasis Android, maka eFeeder dari eCampuz adalah aplikasi yang menjadi ‘jembatan’ penghubung data-data akademik kampus dengan PDDikti Feeder. Lalu saat ini, untuk menyesuaikan dengan aplikasi Neo Feeder, aplikasi eFeeder diinstall di laptop atau PC. Aplikasi eFeeder seperti yang Sobat eCampuz ketahui, dapat digunakan untuk sinkronisasi data akademik ke PDDikti Feeder, pengaturan periode pelaporan dan pemetaan data referensi, serta sinkronisasi dengan PDDikti Feeder seperti data non transaksi (mahasiswa, bobot nilai, kurikulum, mata kuliah, dll) dan data transaksi (kelas perkuliahan, ajar dosen, nilai, nilai transfer, dosen pembimbing, kuliah mahasiswa, aktivitas mahasiswa, dll).

Ada Dua eFeeder, Jangan Salah Pilih Sesuaikan Kebutuhanmu
Baca juga: eFeeder: Kemudahan Untuk Pelaporan Feeder PDDIKTI

Jadi, tenang saja, meski namanya sama, kedua aplikasi ini tidak mungkin tertukar. Dari visual logo juga sudah mencolok berbeda. 😁 Jika eFeeder yang kalian lihat bernuansa hijau, itu berarti dari eFishery. Jika eFeeder-nya bernuansa merah, itu berarti dari eCampuz 🙂

Jadi, itulah perkenalan singkat kita tentang eFeeder yang lain. Semoga kelak saat ada rekanan yang berkutat di bidang akuakultur menyebutkan eFeeder, Sobat eCampuz tidak membayangkan aplikasi sinkronisasi data akademik ke PDDikti dari eCampuz, ya terkecuali kalau ternyata Sobat eCampuz memang menjalani double job sih, hehehe.

Setelah perkenalan ini, bagi Sobat eCampuz yang memiliki ketertarikan menjadi pembudidaya udang/ikan mungkin bisa mencoba menggunakan eFeeder eFishery yang juga telah digunakan dan direview oleh banyak penggunanya. Nah, kalau ingin mengenal eFeeder dari eCampuz lebih dalam, Sobat eCampuz boleh mampir ke sini. Jangan lupa juga mampir ke kanal Youtube eCampuz untuk kenalan dengan produk eCampuz lainnya dan mendapatkan berita-berita seputar eCampuz, ya! Semoga artikel ini bermanfaat 🙏