eCampuz Cloud dan eCampuz Suite merupakan salah satu alternatif bagi perguruan tinggi untuk pengelolaan data. Kedua layanan ini memberikan kemudahan dalam mengelola data dan mempersiapkan kebutuhan mahasiswa seperti KTM, pembayaran SPP, maupun KRS. Telah dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya mengenai apa dan bagaimana layanan ini dapat membantu kampus untuk mewujudkan integrasi data yang praktis. Sebelum berlangganan tentunya kampus harus mempelajari lebih lanjut mengenai metode ini. Ada beberapa pertanyaan umum yang kemudian mengikuti proses pengetahuan dan pemahaman mengenai eCampuz Cloud. Seperti, apakah perbedaan eCampuz Cloud dengan eCampuz Suite? eCampuz Cloud merupakan versi cloud dari  eCampuz Suite. eCampuz Cloud mengampu fitur-fitur utama dari eCampuz Suite seperti generator PIN dan no ujian, pencetakan kartu ujian dan kartu mahasiswa, pelaporan, setting tarif pembayaran SPP, multi kurikulum, KRS dan lain-lain. Fitur-fitur yang terdapat dalam eCampuz Cloud merupakan fitur tanpa kustomisasi atau penyesuaian dari eCampuz Suite yang sudah teruji di lebih dari 100 perguruan tinggi.

Berapa lama minimal masa kontrak eCampuz Cloud?

Minimal masa berlangganan untuk layanan ini adalah 1 (satu) tahun. Dalam kurun waktu 1 tahun perguruan dapat merasakan semua fasilitas yang ada dalam eCampuz. Selain integrasi data dalam cloud, fasilitas lain yang dapat perguruan tinggi nikmati adalah Technical Assistance yang siap sedia 24 jam, data back-up, free update, dan training SDM.

Berapa lama waktu setupnya?

Untuk melakukan setup hanya dibutuhkan satu minggu untuk instalasi dan penyesuaian tema aplikasi. Tema aplikasi ini meliputi label identitas perguruan tinggi, logo, dan warna. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan aplikasi agar senada dengan identitas perguruan tinggi.

alur_setup_aplikasi_ecampuz_cloud

Baca juga: Ini Yang Kami Lakukan Saat Setup Aplikasi eCampuz Cloud

Apakah keamanan data saya akan terjamin di eCampuz Cloud?

Keamanan data kampus dijaga dengan memberikan availability yang tinggi (99%) serta daily back-up yang langsung tersimpan di DRC (Disaster Recovery Center). Dengan ini semua data yang beredar dalam cloud tersimpan dengan rapi dan aman. Jika sewaktu-waktu ada kesalahan teknis maupun gangguan, data anda akan tetap aman karena proses back-up yang dilakukan setiap hari. Baca juga: Rencana Pemulihan Bencana pada Layanan eCampuz Cloud

Apa saja yang perlu dipersiapkan oleh kampus jika ingin berlangganan eCampuz Cloud?

Untuk dapat berlangganan, kampus hanya perlu mempersiapkan koneksi internet yang memadai dan file logo kampus dalam bentuk soft copy. Kampus hanya perlu menyediakan koneksi internet yang memadai dan selanjutnya akan ditangani oleh Tim eCampuz. Kampus hanya perlu melakukan monitoring terhadap proses integrasi data. Ketersediaan koneksi internet yang memadai tidak hanya berlaku bagi kampus, namun juga untuk mahasiswa yang ingin mengaksesnya.

Apabila saya berhenti berlangganan, bagaimana dengan data saya?

Jika suatu saat perguruan tinggi memutuskan untuk berhenti berlangganan  maka seluruh data kampus yang tersimpan dalam aplikasi akan dikembalikan dalam bentuk link dimana semua data kampus dapat diunduh kembali. Data-data yang disimpan ini termasuk data backup. Tidak akan ada sedikitpun data yang tertinggal di Aplikasi eCampuz.

Pertanyaan Umum Seputar eCampuz Cloud

Baca juga: Cara Berhenti Langganan eCampuz

Semoga jawaban diatas dapat memenuhi rasa ingin tahu dan menambah pemahaman mengenai layanan ini. Dengan begitu perguruan tinggi dapat semakin mantap untuk segera berlangganan eCampuz Cloud.