Ide konten khusus buat social media kampus kamu  ― Saat ini kita telah memasuki era society 5.0 yang ditandai dengan adanya persaingan yang tinggi di berbagai sektor dan berhubungan erat dengan teknologi serta kebutuhan masyarakat. Pada masa kini semua lapisan masyarakat dari berbagai kalangan dan usia dituntut untuk hidup berdampingan, menguasai dan memanfaatkan teknologi untuk hidup yang lebih baik.

Melansir dari laman web kominfo.go.id, menurut laporan We Are Social menunjukkan 77% populasi Indonesia telah menggunakan internet atau  mencapai 212,9 juta orang pada Januari 2023. Youtube, Facebook, Instagram, Twitter dan Tiktok merupakan salah satu  platform media sosial yang banyak diakses. Maka tidak dipungkiri lagi, perusahaan jaman sekarang banyak yang menggunakan media sosial sebagai sarana paling efektif dalam menyampaikan informasi guna menjaga citra positif perusahaan dan meningkatkan pencapaian perusahaan. Begitupun dengan kampus yang juga seakan-akan semakin dituntut untuk aktif bermedia sosial seperti topik yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. 

Setiap kampus pastinya akan terus bersaing untuk menarik minat calon mahasiswa. Dengan segala macam perubahan akses informasi yang ada saat ini, adik-adik lulusan sekolah menengah (dan orang tuanya, tentu saja) tentunya akan mencari dan mempelajari bagaimana profil institusi belajar yang akan mereka “percaya” dapat memenuhi kebutuhan keilmuan mereka nantinya. Di titik ini, perguruan tinggi harus dapat menyuguhkan citra atau branding dengan baik. Maka dari itu, media sosial menjadi satu pilihan yang digunakan sebagai wadah promosi kampus yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas dan lebih komunikatif.

Namun, kita tidak hanya dituntut untuk bisa menggunakan media sosial dengan ala kadarnya saja. Poin terpenting dalam bermedia sosial agar menarik perhatian luas adalah memberikan konten dengan topik yang tidak monoton. Karena dengan isi konten yang menarik dan tidak monoton, kampus tentunya menjadi lebih cepat dikenal oleh masyarakat dan dapat membentuk pola pikir serta perilaku masyarakat itu sendiri. Lantas, bagaimana ya caranya membuat sebuah konten yang menarik dan mudah viral? Berikut ini ada 25 ide konten yang bisa sobat eCampuz gunakan. 

1. Kegiatan UKM

Ide yang pertama, sobat eCampuz bisa berbagi hal-hal yang berkaitan dengan semua kegiatan UKM yang diselenggarakan di kampus. Contohnya melalui channel YouTube Gelanggang Expo UGM yang digunakan khusus untuk menyajikan berbagai informasi mengenai kegiatan UKM.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus-3

2. Prestasi Mahasiswa

Penghargaan yang diraih mahasiswa, juga perlu dipublikasikan supaya calon mahasiswa menjadi  yakin bahwa mereka akan benar-benar diperhatikan dan mendapat dukungan penuh dari kampus. Disisi lain, prestasi mahasiswa ini menjadi sebuah nilai kebanggaan tersendiri bagi kampus bahwa mereka telah sukses memberikan dukungan kepada mahasiswanya sehingga bisa meraih suatu penghargaan. Seperti kampus IPB yang membuat channel YouTube dengan menyajikan beragam penghargaan yang telah diraih oleh mahasiswanya.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

Baca juga: Tips Jadi Mahasiswa Disiplin, Nggak Lagi Menunda-nunda!

3. Hal-Hal Mengenai Mahasiswa Baru

25 Ide Konten Buat Sosmed Kampus Makin Rame
Baca juga: Calon Mahasiswa Baru, Cari Tahu Ragam Jenis Ujian Masuk PTN

Ide konten  yang tak kalah menarik selanjutnya adalah hal-hal yang berkaitan erat dengan mahasiswa baru. Sobat eCampuz bisa membuat konten mengenai mahasiswa baru (maba) seperti bagaimana serunya kegiatan ospek, membagikan tips menjadi mahasiswa kampus yang baik, hal yang perlu diketahui maba mengenai kampus, dan lainnya. Contohnya akun YouTube milik UGM di bawah ini yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai mahasiswa barunya.

4. Info Seputar Pendaftaran Mahasiswa Baru

ide-konten-sosmed
Salah satu konten di channel YouTube Universitas Islam Indonesia

Ide konten selanjutnya, sobat eCampuz juga bisa membuat konten di media sosialmu dengan memberikan informasi apa saja yang dapat dilakukan calon mahasiswa supaya bisa mendaftar menjadi bagian dari kampus sebagai mahasiswa. Contohnya kampus UII untuk calon mahasiswanya bisa kuliah gratis sampai lulus dengan syarat hafal qur’an.

Baca juga: Digitalisasi Proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB)

5. Tentang Prodi dan Jurusan Kampus

Informasi seputar prodi dan jurusan di setiap fakultas juga perlu diinformasikan ke masyarakat terutama tentang apa saja kegiatan prodi tersebut, prodi apa saja yang ditawarkan kampus atau informasi lainnya yang berkaitan. Contohnya dari Fakultas Teknik UGM yang memiliki channel YouTube sendiri. Di sana disajikan berbagai informasi mengenai kegiatan dari setiap prodi pada fakultas tersebut.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

6. Prestasi Keren dari Dosen Kampus

Selanjutnya, prestasi keren yang berhasil diraih oleh dosen juga berpotensi meyakinkan calon mahasiswa yang hendak mendaftar. Adanya dosen yang mumpuni dimiliki oleh kampus, calon mahasiswa tentu akan menjadi lebih yakin untuk menjadi mahasiswa kampus tersebut. Contohnya pada Instagram milik UGM yang mengunggah penghargaan dari dosen yang baru saja diraih ini.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus-6

7. Penghargaan Bergengsi Kampus

Selain prestasi dari dosen dan mahasiswa, kampus juga perlu menunjukkan penghargaan yang telah diraihnya. Tentu saja, hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan masyarakat bahwa kampus selama ini dikelola dengan baik.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus-7

8. Karir Cemerlang Alumnus

Kabar positif dari alumni merupakan hal yang sangat membanggakan dan tentunya akan meningkatkan nilai positif bagi kampus itu sendiri. Selain pendataan alumni yang juga perlu untuk didata, apabila ada alumnus yang ternyata nih memiliki karir cemerlang atau prestasi yang berkaitan dengan jurusan bisa juga dipublikasikan menjadi sebuah konten. Melalui akun Instagram, kampus UGM mengundang lulusannya yang menjadi puteri Indonesia.

9. Kolaborasi Bersama Influencer

Berkolaborasi dengan influencer terkenal tentu akan berimbas pada pamor kampus itu sendiri. Maka tak heran jika kampus UGM berkolaborasi dengan Najwa Shihab dan mendatangkan langsung capres di Grha Sabha Pramana UGM. 

10. Selalu Ikuti Perkembangan Tren yang Muncul di Media Sosial

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

Membuat konten dengan mengikuti tren yang sedang viral di dunia maya juga penting dilakukan. Hal ini akan membuat konten kita terlihat lebih kekinian dan menarik perhatian audiens, seperti yang dilakukan UGM dengan membuat konten TikTok “bercyanda” yang sedang viral baru-baru ini. 

11. Jadwal Kegiatan Kampus

Informasi mengenai event  yang akan diselenggarakan kampus, perlu disebarkan luaskan secara masif. Maka media sosial tempat paling efektif untuk menyebarluaskan informasi seperti yang dilakukan kampus STIE Surakarta pada postingan berikut ini.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

12. Q&A

Ide konten ini informatif dengan mengambil pertanyaan yang diajukan oleh audiens. Contohnya seperti postingan Instagram milik UGM berikut ini.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

13. FAQ Seputar Kampus

Sama halnya dengan Q&A yang berupa pertanyaan dan jawaban, haya saja FAQ lebih ke pembahasan mendalam mengenai apa yang kita bahas dan berusaha untuk membuat audiens  tertarik dengan yang kita bahas. Misalnya di channel youtube UGM yang membahas seputar Ilmu komunikasi dengan tujuan supaya calon mahasiswa tertarik masuk ke prodi tersebut.

[media_video url=”https://youtu.be/lR7moZL1oUA?si‹´›aOwlnWIuC6zAgQF5″ width=”600″ height=”500″ __fw_editor_shortcodes_id=”04a91230005052fd16b8df6502af9caa” _fw_coder=”aggressive”][/media_video]

14. Share Tips

Ide memberikan tips membuat audiens kita merasa terbantu dan diperhatikan. Dengan begitu audiens akan selalu mengingat dan menunggu tips lainnya. Contohnya tips dari UGM berikut ini mengenai pengerjaan skripsi.

ide-konten-sosmed-untuk-kampus

15. Fakta Unik dan Menarik yang Ada di Kampus

Memberikan fakta-fakta unik yang ada merupakan salah satu  ide konten yang diminati audiens. Selain informatif, juga menghibur karena tidak pernah terpikirkan audiens sebelumnya. Contohnya pada kampus UB membeberkan fakta unik pada kampusnya di sini.

[media_video url=”https://youtu.be/dM5ViJ2plBY?si‹´›uq3mbQY5kkZ6-Pox” width=”600″ height=”500″ __fw_editor_shortcodes_id=”0f28d2d3a52c49a0aefb0e03a0187dd2″ _fw_coder=”aggressive”][/media_video]

16. Fakta Menarik Tentang Ilmu Pengetahuan

Selain memberikan fakta unik seputar kampus, informasi unik yang berkaitan dengan pengetahuan yang jarang diketahui banyak orang juga sangat diminati dan sangatlah edukatif bagi audiens. Seperti Instagram UGM yang membahas tentang harta karun rempah Indonesia.

17. Storytelling

Menceritakan hal-hal positif dari kegiatan keseharian kampus, memberikan kesan tersendiri bagi audiens dan kampus akan terlihat selalu aktif dalam hal positif. Contohnya seperti di postingan Instagram UGM yang merangkum alur cerita yang terjadi di kampus setiap pekannya.

18. Podcast

Podcast merupakan sebuah konten yang sangat diminati penonton dan banyak konten kreator yang sukses dengan konten ini. Contoh konten podcast dari kampus adalah podcastnya milik UGM berikut ini.

[media_video url=”https://youtu.be/8DU7A1Qe5Lo?si‹´›It8sviVPTfWiuo86″ width=”600″ height=”500″ _fw_coder=”aggressive” __fw_editor_shortcodes_id=”c8015afe64b910ec2c9cabc605023b55″][/media_video]

19. Ucapan Hari-Hari Penting

Mengucapkan di hari-hari penting nasional, agama atau sejenisnya membuat audiens merasa dihargai dan membuat kita lebih dekat dengan audiens ditambah dengan visual yang bagus dan menarik. Contohnya ucapan hari buruh di Instagramnya UGM.

20. Libatkan Audiens dalam Konten

Dengan melibatkan audiens ke dalam konten akan menunjukkan kita terlihat sangat dekat dan humble dengan audiens. Contohnya Instagram UGM mewawancarai secara langsung dengan mahasiswanya di lapangan.

21. Ekspektasi VS Realita

Banyak informasi yang beredar di masyarakat yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Maka dari membuat konten untuk menjawab isu yang beredar akan membuat kredibilitas kampus tinggi. Contohnya seperti yang dilakukan ITB melalui akun youtubenya tentang Expetasi vs Realita.

[media_video url=”https://youtu.be/aGAndiShz58?si‹´›YIs_XgqVFA_2_EVX” width=”600″ height=”500″ _fw_coder=”aggressive” __fw_editor_shortcodes_id=”1fee6cfd03cd6b1a3f36d283332a76b3″][/media_video]

22. Ceritakan Mitos-Mitos Tentang Kampus

Berbeda dengan mengungkap isu yang beredar, ide konten selanjutnya adalah ceritakan mitos yang tidak bisa diuji kebenarannya dan tujuannya hanya semata-mata untuk hiburan. Contohnya ada konten IG milik ITB berikut ini.

23. Meme Foto atau Video

Membuat sebuah meme berupa foto atau video dapat tercipta hubungan dengan audiens secara emosional, meningkatkan awareness kampus dan menguatkan engagement medsos kita. Contohnya meme yang dibagikan UGM pada Instagramnya seperti di bawah ini.

24. Challenge

Ide konten selanjutnya kamu bisa membuat sebuah challenge/games untuk seru-seruan dan hiburan seperti pada channel UGM yang membuat challenge pintar jawab.

[media_video url=”https://youtu.be/IfxYf298bB4?si‹´›tcSGDMugiSm6-rkR” width=”600″ height=”500″ _fw_coder=”aggressive” __fw_editor_shortcodes_id=”9270c8b9a679efc96839917db7e0d0a2″][/media_video]

25. Gunakan Topik Yang Berkesinambungan

Ide konten terakhir adalah membuat sebuah konten yang ada hubungan keberlanjutan dari konten lainnya seperti Channel youtube milik UII yang membuat video pendek berseri yang menceritakan tentang kegiatan perkuliahan. 

[media_video url=”https://youtu.be/9RVZiT7mncU?si‹´›VMM6DlBLgSxtiJhe” width=”600″ height=”500″ _fw_coder=”aggressive” __fw_editor_shortcodes_id=”7844fa4d9496f46bda2bfaaf678a75ae”][/media_video]
 

Nah, itu dia sobat eCampuz 25 ide konten yang bisa kalian coba untuk membuat konten di media sosialmu jadi lebih menarik dan harapannya bisa viral yaa. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jangan lupa selalu update informasi lainnya dari eCampuz 😉 Selamat mencoba!