Daftar Tugas Akhir Tanpa Datang ke Kampus?

Di era teknologi sekarang yang telah berkembang dengan pesat, setiap manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan teknologi dimanapun dan kapanpun. Setiap kegiatan manusia selalu menghadirkan teknologi untuk memudahkan kegiatannya sehari-hari. Misalnya, saat ini kebanyakan kaum milenial ketika bangun tidur yang pertama kali dicari adalah smartphonenya atau bepergian kemanapun selalu membawa smartphone. Kemudian ditambah dengan masa pandemi virus corona seperti saat ini, semua aktivitas manusia sangat dibatasi ruang gerakannya guna mengurangi penyebaran. Sehingga dengan kondisi saat ini, manusia sangat membutuhkan yang namanya bantuan teknologi untuk bisa melakukan kegiatan sehari-hari agar berjalan lancar. Seperti, sekolah daring, work from home, dan silaturahmi keluarga melalui video conference.

Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan di kampus banyak yang dilakukan tidak seperti biasanya yang apapun serba online, mulai dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembayaran biaya kuliah, kegiatan belajar, pengumpulan berkas-berkas mahasiswa dan lainnya dilakukan secara online. Sehingga dengan adanya kebiasaan baru ini kampus harus mempunyai sebuah sistem teknologi yang canggih supaya mampu beradaptasi dan menjaga kontinuitas kegiatan administrasi akademik.

tips-mudah-entri-biodata-pendaftar-ecampuzNamun, dengan perkembangan teknologi yang pesat, masih banyak kampus belum memaksimalkan potensinya. Padahal dengan menggunakan teknologi, kampus dapat memudahkan mahasiswa, dosen atau operator dalam proses mengajar atau mengelola data mahasiswa dan data lainnya. Selain itu, teknologi yang dimiliki oleh kampus mampu mendongkrak kualitas untuk mendapatkan nilai akreditasi lebih baik. Dengan kualitas kampus mumpuni tentu saja akan menarik minat dari calon mahasiswa baru untuk belajar di kampus tersebut. Baca juga: Tips Mudah Entri Biodata Pendaftar Menggunakan eCampuz

Salah satu masalah yang harus dihadapi kampus adalah mengenai pengelolaan Tugas Akhir Mahasiswa. Masih banyak kampus mengelola proses administrasi daftar tugas akhir dengan cara manual. Meskipun pelaksanaannya sudah online, tetapi untuk model pendaftaran Tugas Akhir masih menggunakan Google Form (yang sebenarnya pengelolaan datanya masih sama saja ribetnya). Hal ini berbeda dengan kampus-kampus yang sudah berlangganan menggunakan Solusi eAkademik. Mereka dapat menerapkan pengelolaan Tugas Akhir melalui aplikasi secara online dan tentu lebih mudah dan praktis dilaksanakan untuk dosen dan mahasiswa. Fitur-fitur di dalamnya telah mencakup seluruh proses Tugas Akhir, mulai dari pendaftaran proposal, upload berkas (berkas mahasiswa), pengelolaan ujian, hingga tahap input nilai Tugas Akhir.

Tugas Akhir atau Skripsi merupakan tugas penutup bagi seorang mahasiswa setelah menempuh materi kuliah Strata-1 selama 7 semester. Setelah melalui 7 semester itulah mahasiswa akan mengerjakan Tugas Akhir berupa karya ilmiah yang ditulis untuk mengakhiri materi kuliah program kesarjanaan pada pendidikan tinggi. Sedangkan hakikat dari tugas akhir atau skripsi sendiri adalah melatih mahasiswa untuk membuat suatu kesimpulan dari berbagai analisis antara teori dan kenyataan di lapangan. Untuk selanjutnya akan disebut Skripsi (untuk mahasiswa program S-1).

Bagi mahasiswa yang hendak mendaftar Tugas Akhir, tentu ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Antara lain, beberapa kampus menyaratkan minimal mahasiswa telah mengambil 110 SKS, tidak ada mata kuliah bernilai D dengan IPK total minimal 3, menyelesaikan biaya administratif, dan tentunya harus mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing akademik. Syarat-syarat tersebut dapat berbeda di tiap-tiap perguruan tinggi. Berbagai syarat dan ketentuan dapat diakomodir dengan mudah menggunakan Aplikasi eAkademik. Karena aplikasi yang dikembangkan oleh Tim eCampuz sifatnya sangat fleksibel, mudah untuk dipersonalisasi sesuai kebutuhan kampus dan praktis. Sehingga kampus dapat selalu memperbarui kebijakan sesuai dengan keadaan di perguruan tinggi masing-masing.

 

Langkah mudah mendaftar Tugas Akhir

Pengelolaan proses administrasi Tugas Akhir menjadi lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan fitur Tugas Akhir yang di eAkademik eCampuz. Fitur Tugas Akhir dapat dimanfaatkan mahasiswa dan operator akademik untuk mengelola Tugas Akhir mahasiswa mulai dari pendaftaran proposal, pendaftaran sidang, sampai dengan mengelola ujian tugas akhir/skripsi/tesis (termasuk dokumen Berita Acara Sidang). Penggunaan fitur aplikasinya pun cukup mudah, berikut tahapannya:

  1. Pastikan terlebih dahulu judul pengajuan Tugas Akhir sudah disetujui oleh dosen pembimbing.
  2. Sobat eCampuz masuk ke portal akademik masing-masing
  3. Klik menu akademik >> pilih sub menu pendaftaran Tugas Akhir
  4. Mengisi data-data sobat eCampuz kemudian upload file Tugas Akhir
  5. Scroll ke bawah untuk menekan tombol update
  6. Proses selanjutnya masih ada approval back office bagian akademik
  7. Sobat eCampuz dapat selalu memantau perkembangan Tugas Akhir melalui menu ini

cara daftar tugas akhir eAkademikSelain memudahkan pengelolaan pendaftaran Tugas Akhir mahasiswa, aplikasi eCampuz juga menawarkan berbagai macam solusi untuk mempermudah pekerjaan pihak-pihak kampus, terutama bagi pihak operator, dosen dan mahasiswa. Beragam solusi tersebut tentunya berkaitan dengan kegiatan belajar dan mengolah data mahasiswa atau data lainnya. Untuk lebih lengkap tentang apa saja solusi yang ditawarkan aplikasi eCampuz, sobat eCampuz dapat mengunjungi berbagai kanal media kami seperti youtube, twitter, instagram, website, dan linkedin. Simak videonya: Cara Daftar Tugas Akhir di Portal Akademik eCampuz