Berikut 5 Tips Jitu Mahasiswa Produktif Saat Kegiatan Perkuliahan Hectic

Kehidupan sebagai seorang mahasiswa tentu sangat lekat dengan berbagai kesibukan yang harus dijalani. Selain memenuhi kewajiban untuk mengikuti kelas, belajar dan mengerjakan tugas perkuliahan, tak jarang mahasiswa juga memiliki kegiatan lain, seperti aktif dalam organisasi, menjadi volunteer kegiatan sosial, mengikuti kegiatan pengembangan diri, magang, dan sebagainya. Dimana kegiatan tersebut dipercaya dapat menambah pengalaman dan relasi yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa. Kata “hectic” sendiri merupakan kata sifat (adjektiva) dengan beberapa pengertian, seperti Ribut, Tidak tenang, Ramai sekali, Riuh, Sangat sibuk, ataupun Riuh rendah.

Padatnya kegiatan hingga terbayang frasa “hectic” tersebut, seringkali membuat mahasiswa merasa kewalahan dalam mengatur waktu, akibatnya tugas kuliah pun jadi terbengkalai, bisa-bisa jadi lama lulus?!

 

A BIG NO!

Duh, kira-kira gimana ya cara efektif agar kuliah lancar dan tetap produktif? Tim eCampuz punya 5 tips jitu khusus untuk para mahasiswa agar tetap produktif di tengah padatnya aktivitas perkuliahan. Baca juga: Kuliah di World Class University, Kenapa Tidak?

1. Atur Skala PrioritasKuliah di World Class University, Kenapa Tidak?

Skala Prioritas adalah acuan paling penting yang bisa kamu gunakan untuk menentukan prioritas utamamu. Perlu diingat bahwa skala prioritas tiap orang berbeda-beda, sehingga penting untuk kamu menentukan prioritasmu sendiri. 

Ketika kamu memahami apa yang menjadi prioritasmu, tentu kamu akan lebih mudah mencapai produktivitas karena kamu dapat mengetahui hal apa yang harus didahulukan dan mana yang sekiranya dapat ditunda lebih dulu. Sebagai contoh sebagai mahasiswa, tentu prioritas utama yang harus dilakukan adalah belajar dan mengerjakan tugas, maka prioritaskan untuk mengerjakan tugas dulu baru melakukan kegiatan lainnya yang juga mendukung perkuliahan. 

2. Catat Deadline dan Atur Waktu Pengerjaan Tugas (to-do list)

Sebelum  mengerjakan tugas, pastikan kamu sudah mencatat deadline pengumpulan tugas-tugas yang harus kamu kerjakan, sehingga kamu dapat memilah tugas mana yang harus diselesaikan lebih dulu, hal ini bertujuan untuk menghindari keterlambatan pengumpulan tugas. Sobat eCampuz bisa memanfaatkan notebook atau alat bantu produktivitas lainnya untuk mencatat dan mengelola waktu lebih efektif.

3. Atur Rencana Agenda Kegiatan

Membuat jadwal seperti ini terkesan sepele tetapi ternyata sangat membantu supaya hari-harimu teratur loh!

Memiliki aktivitas menyibukkan yang menyita waktu dan tenaga tentu membuat lelah. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa membuat jadwal terkait agenda yang akan kamu lakukan selama periode tertentu. Misal, dalam seminggu ada beberapa agenda yang akan kamu lakukan… maka tulis agenda tersebut dalam list dan susun ke jadwal. Sertakan juga durasinya. Selanjutnya, pastikan jadwal tersebut tidak bertabrakan dengan agenda lain, termasuk kelas kuliah dan waktu untuk mengerjakan tugas. 

digital skill4. Ikut Kegiatan Kampus

Mengikuti kegiatan organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) sangat bermanfaat untuk perkembangan diri dan karirmu kedepannya. Kegiatan ini dapat mengasah kemampuan teknis, tanggung jawab, komitmen, serta soft skill dan hard skill mu. Namun, pastikan bahwa kamu mengikuti kegiatan kampus yang cocok dan sesuai dengan minat yang kamu miliki, bukan hanya sekedar ikut arus ya sobat! Baca juga: Apa Itu Digital Skill?

5. Tentukan Waktu Istirahat 

Hal yang paling penting untuk tetap produktif adalah dengan menentukan waktu untuk beristirahat dari segala kesibukan yang ada. Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh tetap fit sehingga konsentrasi dan produktivitas terjaga. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kesehatan dan tidur 8 jam sehari. 

Sobat eCampuz perlu paham bahwa produktif bukan berarti dapat mengerjakan semua hal secara bersamaan. Tetapi, mempertimbangkan mana yang lebih dulu perlu dikerjakan dalam satu waktu tertentu, itu baru produktif. Yuk, mulai lakukan 5 Tips Jitu ini agar sobat tetap bisa produktif di tengah hetic-nya kegiatan perkuliahan! Selain itu, agar linier dengan kegiatan perkuliahan di kampus, sebaiknya sobat mengambil kegiatan yang bersifat meningkatkan skill atua kemampuan diluar materi kuliah.