Ketika proses pendaftaran dan ujian masuk telah usai. Kegiatan selanjutnya adalah melakukan pengolahan data untuk semua calon mahasiswa yang lolos ujian masuk dan sukses menjadi mahasiswa baru. Data mahasiswa baru yang diinput ke dalam database eCampuz akan segera diolah dan dikategorikan sesuai dengan kebutuhan perguruan tinggi.

Sesuai dengan aplikasi pendahulunya, fitur Akademik dalam eCampuz mengampu kemampuan gtAkademik yang ada dalam Gamatechno Campus Suite. gtAkademik atau Sistem Informasi Akademik adalah aplikasi untuk mengelola data akademik dan administrasi perkuliahan mahasiswa. gtAkademik dapat digunakan untuk mengelola aktivitas akademik seperti KRS dan bimbingan online, pengelolaan data nilai dan transkrip, pengelolaan kurikulum dan semester. Semua pelaporan yang menjadi output eCampuz dapat disesuaikan dengan standar pelaporan DIKTI EPSBED atau PDPT.

Keunikan yang menjadi nilai plus bagi eCampuz adalah kemudahan aksesnya. eCampuz dilengkapi dengan dua portal tambahan yaitu portal dosen dan portal mahasiswa. Kedua portal ini dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa perguruan tinggi terkait dengan kegiatan perkuliahan. Setiap dosen dan mahasiswa memiliki PIN yang berfungsi untuk melakukan akses informasi personal.

Karena menggunakan sistem cloud computing, fitur Akademik eCampuz dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Para pengakses hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai. Dengan menggunakan eCampuz, mahasiswa dapat melihat informasi akademiknya secara leluasa. Nilai tiap mata kuliah, IP, maupun IPK kini dapat dipantau dengan mudah. Melalui fitur ini, dosen juga dapat mengakses nilai mahasiswa dan melakukan evaluasi kegiatan perkuliahan.

Fitur Akademik

Untuk perguruan tinggi, eCampuz Akademik memberikan kemudahan untuk melakukan penyesuaian dengan kurikulum. Kemudahan proses penyesuaian kurikulum membuat pengelolaan data mahasiswa lama dan baru tidak akan terkendala. Kendala yang mungkin terjadi dalam proses penyesuaian kurikulum diantaranya kesalahan kode kuliah dan masalah kesetaraan matakuliah. Dengan menggunakan eCampuz, kendala-kendala ini dapat teratasi.

Selain kemudahan penyesuaian kurikulum, perguruan tinggi juga mendapatkan kemudahan dalam mengelola transkrip mahasiswa. Fitur Akademik dilengkapi dengan proses konfigurasi yang sangat mudah, misalnya terkait dengan penggunaan nilai terakhir atau nilai terbaik, termasuk penyesuaian jika terjadi pengulangan ujian atau remidi.

Kegiatan yang ada dalam fitur Akademik meliputi Pengelolaan Fakultas, Jurusan dan Program Studi, Pengelolaan Data Pendukung Akademik, Pengelolaan Aturan Akademik (jenis nilai, jatah SKS), Pengelolaan Kurikulum, Pengelolaan data Kemahasiswaan, Pengaturan Semester, Pengelolaan Rencana Studi Mahasiswa, Laporan Umum, Pelaporan Dikti, Portal Mahasiswa, Portal Dosen, Pengelolaan Kurikulum berbasis kompetensi, Pengelolaan pasca sarjana (Alumni).

eCampuz memberikan kemudahan dan keamanan pengelolaan data perguruan tinggi. dalam waktu yang sama, dosen dan mahasiswa mendapatkan akses informasi yang mudah dan cepat. Karena itu, tunggu apalagi untuk mencoba implementasi eCampuz di perguruan tinggi anda? (lia)