Dunia tulis-menulis telah mengalami transformasi yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi internet. Salah satu hasil dari perkembangan ini adalah munculnya berbagai aplikasi dan platform yang memberikan ruang bagi para penulis untuk mengekspresikan ide maupun karya mereka secara online. Salah satu platform yang semakin populer adalah Medium.

Medium merupakan platform terbuka yang bisa digunakan oleh banyak orang termasuk mahasiswa untuk berbagai gagasan. Lewat platform ini, kamu bisa membuat portofolio yang akan sangat membantumu ketika sudah lulus dan memasuki jenjang karir. Jadi, cari tahu yuk seputar platform Medium dan bagaimana cara daftarnya, dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Medium?

medium

Medium adalah sebuah platform blogging terbuka yang memungkinkan pengguna untuk menulis dan menerbitkan artikel dengan mudah. Platform ini didirikan pada tahun 2012 oleh Evan Williams, Biz Stone, dan Jason Goldman yang merupakan pendiri Twitter (sekarang “X”). Medium menawarkan desain tampilan visual yang minimalis dan interface yang mudah digunakan untuk penggunanya, sehingga fokus utama pengguna adalah pada konten. 

Topik tulisan yang bisa dibagikan di platform Medium sangat bervariasi, mulai dari esai hingga artikel berita yang dapat ditulis oleh jurnalis, penulis, atau ahli yang berasal dari berbagai bidang. Karena itulah, sebagian besar tulisan di Medium berkualitas tinggi dan menjadi platform populer yang menyajikan konten informatif serta bermutu tinggi. Sebenarnya tujuan awal dari platform ini adalah menyediakan wadah bagi para penulis dan jurnalis untuk berbagi karya mereka.

Topik yang Bisa Dibahas di Medium

Medium adalah platform terbuka, sehingga sobat eCampuz bisa menulis tentang topik apa pun yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa topik yang populer di Medium meliputi:

  • Teknologi: berita teknologi, tips dan trik, ulasan produk
  • Bisnis: saran dan tips untuk pengusaha, strategi bisnis, kisah sukses
  • Kreativitas: seni, desain, fotografi, musik
  • Kehidupan: gaya hidup, kesehatan, hubungan, perjalanan
  • Politik: berita politik, opini, analisis

Cara Membuat Akun di Medium

Bagi kamu yang ingin menulis lewat platform Medium, harus melakukan pendaftaran akun lebih dulu. Untuk proses cara membuat akun di Medium, sobat eCampuz bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Kunjungi situs medium.com atau unduh aplikasi Medium dari Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS).
  2. Setelah masuk ke situs Medium, cari tombol Get started yang terletak di pojok kanan atas halaman utama tersebut.
  3. Kamu akan diberikan pilihan untuk mendaftar menggunakan akun Google, Facebook, atau email.
    join-medium

  4. Jika sobat eCampuz ingin membuat akun di Medium menggunakan email, sobat eCampuz hanya perlu mendaftarkan alamat email tersebut. Kemudian klik Continue dan langkah selanjutnya sesuai instruksi pada pesan masuk di email kamu.
  5. Selain email, sobat eCampuz juga bisa melakukan pendaftaran lewat Facebook dan akun Google. Caranya sama, yaitu masukan alamat email akun Google ataupun yang terkait pada sosial media Facebook.
  6. Setelah mengikuti instruksi melalui email, kamu akan diminta membuat nama pengguna (username) untuk akun Medium. Pilihlah nama yang sesuai dan klik Create Account.
  7. Medium akan meminta kamu untuk memilih beberapa topik yang diminati. Pilihlah topik-topik yang relevan dengan minat, lalu klik Continue.
  8. Selesai, akun Medium kamu telah berhasil dibuat. Jadi, kamu bisa membaca maupun mulai menulis artikel atau blog lewat platform ini.

Cara Menggunakan Medium

Setelah kamu memiliki akun Medium, maka bisa mulai menulis berbagai topik sesuai preferensi pribadi. Untuk mulai menggunakan Medium sebagai platform menulis online, berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke akun Medium kamu.
  2. Klik tombol Write pada pojok kanan atas dan pilih format yang diinginkan, seperti artikel, blog post, atau cerita pendek.
    write-mediumGunakan editor teks Medium untuk menulis dan memformat konten. Kamu bisa menambahkan gambar, video, dan tautan ke dalam artikel.
  3. Setelah selesai menulis konten, klik tombol Publish untuk menerbitkan tulisan tersebut.
    publish-on-medium

Fitur Dalam Platform Medium

Medium menyediakan beragam fitur yang memudahkan para penulis dan pembaca untuk mendapatkan pengalaman menyenangkan lewat platform ini. Beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh Medium antara lain sebagai berikut.

  • Publication: Fitur ini memungkinkan penulis untuk menautkan beberapa postingan ke dalam satu publikasi, sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan semua tulisan terkait dalam satu tempat.
  • Post: Penulis dapat membuat postingan baru dengan mudah dan menulis tentang topik apapun yang diinginkan.
  • Format Tulisan: Medium menyediakan beragam fitur format tulisan, seperti tebal, miring, judul, kutipan, dan lainnya, untuk memperkaya konten tulisan.
  • Clap: Fitur ini memungkinkan pembaca untuk memberikan respon positif kepada tulisan dengan cara memberikan “clap”, yang mirip dengan tombol “like” di platform lain.
  • Comment: Pembaca dapat memberikan komentar pada tulisan dan berinteraksi dengan penulis maupun pembaca lainnya.
  • Bookmark: Fitur ini memungkinkan pembaca untuk menyimpan artikel yang menarik agar dapat dibaca kembali nanti.
  • Share: Pembaca dapat membagikan artikel yang mereka sukai ke berbagai platform media sosial atau melalui email.
  • Topic: Medium menyediakan berbagai topik tulisan yang dapat dipilih oleh penulis dan pembaca untuk menemukan konten yang sesuai dengan minat.

Apakah Ada Kurator Tulisan di Medium?

Meskipun merupakan platform online, Medium memiliki kurator untuk menjaga kualitas tulisan agar tetap sesuai dengan preferensi pembaca. Terdapat dua jenis kurasi yang ada di platform Medium, yaitu: 

1. Kurasi Otomatis

Medium menggunakan algoritma Artificial Intelligence (AI) untuk meninjau dan mendistribusikan tulisan ke pembaca yang relevan. Algoritma ini mempertimbangkan faktor-faktor seperti topik tulisan, kualitas penulisan, dan minat pembaca.

2. Kurasi Manual

Selain menerapkan teknologi AI, Medium juga memiliki tim kurator manusia yang menyeleksi tulisan untuk ditampilkan di topik dan publikasi tertentu. Tim ini terdiri dari editor dan pakar dari berbagai bidang. Mereka akan memilih tulisan yang dianggap berkualitas tinggi, menarik, dan sesuai dengan topik.

Kenapa Medium Menjadi Platform yang Populer?

Medium menjadi salah satu platform terbuka yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk berbagai gagasan ataupun menulis berbagai topik. Platform ini menjadi cukup populer karena beberapa hal berikut ini.

1. Mudah Digunakan

Medium memiliki desain yang sederhana dan intuitif. Sehingga mudah digunakan oleh siapa saja, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman menulis blog sebelumnya.

2. Fokus pada Konten

Medium dirancang untuk fokus pada konten, sehingga tidak ada sidebar, iklan, atau pop-up yang mengganggu ketika pembaca mengunjungi artikelmu. Hal ini membuat pembaca dapat fokus pada konten yang mereka baca. Selain itu, bagi sobat eCampuz yang mungkin memiliki kesulitan dalam mengutak-atik tampilan visual seperti layout, color scheme, widget, dan lain sebagainya (layaknya artikel dalam blog), kalian tidak perlu lagi memikirkan kerumitan tersebut.

3. Distribusi yang Kuat

Medium memiliki algoritma yang kuat yang membantu mendistribusikan konten ke audiens yang tepat. Hal ini membuat penulis lebih mudah untuk mendapatkan pembaca untuk konten mereka.

4. Komunitas yang Aktif

Medium memiliki komunitas yang aktif dan terlibat. Pembaca dapat dengan mudah meninggalkan komentar dan berinteraksi dengan penulis.

5. Program Monetisasi

Medium memiliki program monetisasi yang memungkinkan penulis untuk mendapatkan penghasilan dari konten mereka. Jadi, sobat eCampuz bisa menggunakan platform ini supaya bisa menulis dan dibayar.

6. Fitur yang Beragam

Medium menawarkan berbagai fitur yang membantu penulis untuk membuat konten lebih menarik, seperti gambar, video, dan audio. Jadi, hasil karya di platform ini tidak hanya terdapat informasi yang kaku tapi juga informasi yang menarik.

7. Kemampuan untuk Menjangkau Audiens Global

Medium adalah platform yang terbuka untuk semua orang. Siapapun dapat membuat akun dan mulai menulis. Bahkan memungkinkan penulis untuk menjangkau audiens global. Karena konten dalam Medium yang dipublikasikan dapat dibaca oleh orang-orang dari seluruh dunia.

Siapa Saja Penulis dari Indonesia dan Perusahaan yang Memanfaatkan Platform Medium?

Sebagai salah satu platform yang cukup populer, tidak heran jika ada banyak sekali penulis Indonesia yang aktif di Medium. Bahkan beberapa perusahaan juga menggunakan platform ini untuk berbagai informasi lho. Berikut adalah beberapa penulis maupun perusahaan yang memanfaatkan platform Medium,

Penulis dari Indonesia yang Aktif di Medium

  • Raditya Dika: Komika, penulis, dan sutradara terkenal ini memiliki akun Medium dengan nama “Raditya Dika”. Di akunnya, dia menerbitkan berbagai cerita pendek, esai, dan pemikirannya tentang berbagai topik.
  • Sabrina Anggraini: Seorang mahasiswa Massachusetts Institute of Technology sekaligus CEO natuno lab. Lewat akunnya dia membagikan tips terkait desain dan bisnis.
  • Syafiq Syaikhul Akbar: Seorang mahasiswa Universitas Osaka dan influencer. Di akunnya dia menulis pendapat terkait politik terkini, kehidupan kuliah, budaya indonesia, dan lain-lain.
  • Aya Canina: Penulis buku berjudul “Ia Meminjam Wajah Puisi”. Di akunnya, dia menulis tulisan apik dengan gaya bahasa yang khas.
  • Budi Tanrim: Jika sebelumnya adalah seorang penulis buku, cerpen, dan semacamnya, kali ini ada kak Budi Tanrim yang bekerja di Gov-Tech sebagai Group Product Manager dilansir dari laman About di akun Mediumnya.

Perusahaan Indonesia yang Memanfaatkan Platform Medium

  • Gojek: Perusahaan transportasi online ini memiliki akun Medium dengan nama “Gojek”. Di akunnya, mereka menerbitkan berbagai artikel tentang berita perusahaan, budaya perusahaan, dan teknologi.
  • Tokopedia: Perusahaan e-commerce ini memiliki akun Medium dengan nama “Tokopedia”. Di akunnya, mereka menerbitkan berbagai artikel tentang berita perusahaan, tips dan trik berjualan online, dan teknologi.
  • Traveloka: Perusahaan travel online ini memiliki akun Medium dengan nama “Traveloka”. Di akunnya, mereka menerbitkan berbagai artikel tentang tips dan trik traveling, destinasi wisata, dan budaya.

Ada User Medium Gratis & Berbayar, Perbedaan Benefitnya Apa Saja?

Platform Medium menawarkan dua jenis akun yaitu gratis dan berbayar. Berikut adalah yang membedakan keduanya.

Pengguna Medium Secara Gratis

  • Bisa membaca semua artikel yang diterbitkan di Medium.
  • Sebagai pembaca terbatas pada 5 artikel per bulan di balik paywall.
  • Sebagai penulis bisa menerbitkan cerita tanpa batas.
  • Sebagai bisa mendapatkan tepuk tangan dan komentar dari pembaca.
  • Sebagai penulis tidak bisa menghasilkan uang dari tulisan.
  • Bisa melihat statistik dasar seperti total views, reads, dan time spent reading.

Pengguna Medium yang Berbayar

  • Bisa membaca semua artikel di Medium, termasuk yang di balik paywall.
  • Bebas membaca tanpa batasan.
  • Sebagai penulis bisa menerbitkan cerita tanpa batas.
  • Penulis bisa mendapatkan tepuk tangan dan komentar dari pembaca.
  • Penulis menghasilkan uang dari tulisan melalui Medium Partner Program (MPP).
  • Bisa melihat statistik detail seperti total views, reads, time spent reading, dan sumber traffic.
  • Biayanya $5 per bulan atau $50 per tahun.
Medium: Platform Terbuka Bagi Mahasiswa untuk Berbagi Gagasan
Baca juga: 10 Situs Freelance buat Mahasiswa yang Pengen Cuan

Medium adalah platform terbuka yang ideal bagi mahasiswa untuk berbagi gagasan, terhubung dengan komunitas, dan membangun kredibilitas sebagai penulis. Jadi, jika sobat eCampuz memiliki minat dalam dunia penulisan maka membuat konten di platform ini bisa jadi salah satu portofolio menarik sebagai persiapan terjun ke dunia kerja. Medium juga sangat mudah digunakan, desainnya menarik, dan banyak fiturnya. Jadi, kamu sebagai pemula akan bisa dengan mudah menggunakan platform Medium untuk mulai menulis maupun membaca berbagai informasi menarik di dalamnya.