ePembayaran merupakan sistem informasi untuk mengelola pembayaran mahasiswa baik untuk keperluan registrasi, herregistrasi, maupun untuk pembayaran insidental seperti praktikum, wisuda, dan semacamnya.

Sistem informasi pembayaran mahasiswa mempunyai kapabilitas dalam fleksibilitas setting tarif, serta integrasi dengan bank mitra yang telah bekerja sama dengan kampus untuk pembayaran online dan juga dapat terhubung menjadi data pengelolaan akuntansi perguruan tinggi untuk kebutuhan penjurnalan transaksi Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) secara otomatis. Sistem ini telah terdaftar Hak Cipta di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dengan Nomor Pendaftaran EC00201704139.

 

Beberapa keunggulan dari Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa ini adalah:

Fleksibilitas Setting Tarif

ePembayaran mempunyai antarmuka yang mudah untuk melakukan setting tarif serta pembuatan tagihan. Ragam kombinasi tarif yang ingin diberlakukan untuk setiap kategori mahasiswa dapat juga diakomodir sampai dengan model pembayaran dengan sistem cicilan. Tak hanya itu, ePembayaran juga dapat digunakan di beberapa perguruan tinggi yang juga melayani pembayaran uang kuliah dengan model deposit (bayar lebih dari jumlah tagihan).

Integrasi dengan Bank Mitra Perguruan Tinggi untuk pembayaran SPP Online

ePembayaran menyesuaikan teknologi bank mitra perguruan tinggi untuk dapat terintegrasi dalam pembayaran SPP Online. Perguruan tinggi akan mendapatkan kenyamanan dari kecepatan penyajian status pembayaran mahasiswa. Kemungkinkan ketersediaan kanal pembayaran yang lebih luas juga menyumbang kemudahan yang dapat dirasakan oleh mahasiswa.

Rincian Laporan Pembayaran dan Piutang

Sajian laporan transaksi pembayaran yang masuk dapat dilihat dalam format laporan yang beragam berdasarkan sudut pandang kebutuhan Bagian Keuangan, apakah ingin melihat berdasarkan tagihan sudah terbayar, belum terbayar, atau lainnya. Data tunggakan pembayaran mahasiswa juga dapat dipantau oleh petugas. (Baca juga: ePembayaran : Aplikasi Tepat Permudah Segala Transaksi Mahasiswa)

 

Sistem Informasi Pembayaran Mahasiswa

 

Mengakomodir Open Payment & Close Payment

Sistem informasi pembayaran mahasiswa ePembayaran telah dikembangkan dengan sistem open payment maupun close payment. Open payment yang dimaksud adalah mahasiswa dapat membayar tagihan kurang atau lebih dari jumlah yang ditagihkan. Apabila kurang, maka mahasiswa wajib menambah sampai pada jumlah yang tertagih dan apabila lebih maka akan menjadi deposit bagi mahasiswa untuk tagihan selanjutnya.

Closed payment yang dimaksud adalah mahasiswa harus membayar sesuai dengan jumlah yang sudah di setting dari sistem. Bisa tunai setiap satu semester atau dicicil 3 kali dalam satu semester. Namun nominal harus sesuai dengan setting yang dilakukan dalam aplikasi.

Dalam open payment maupun close payment dimungkinkan mahasiswa untuk melakukan pembayaran secara cicilan atau angsuran dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing kampus. Dalam angsuran/cicilan sistem ini masih mengakomodir untuk mengelola proses pembayaran dengan perbedaan nilai tagihan pada masing-masing mahasiswa. (Baca juga: Model Integrasi Pembayaran dengan Bank)

Payment Integration

Selain itu sistem informasi pembayaran mahasiswa ePembayaran telah terintegrasi dengan 13 Bank Nasional maupun Bank Daerah. Selain bank, ePembayaran telah terintegrasi dengan payment channel seperti Alto Payment. Integrasi tersebut dengan berbagai macam model seperti Host-to-Host, Point-to-Host dan Virtual Account. Dengan integrasi ini mahasiswa dapat melakukan pembayaran perkuliahan dari mana saja dan kapan saja dengan segala macam payment channel dari pihak Bank. Pihak kampus nantinya juga mudah untuk mendapatkan laporan pembayaran mahasiswa secara lengkap dan otomatis terintegrasi dengan sistem informasi akademik.

Selain dengan bank dan payment channel, sistem informasi pembayaran mahasiswa ePembayaran memiliki support dengan laporan Sistem Informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak Online (SIMPONI). Hal ini memudahkan kampus dalam mengirimkan laporan untuk kementerian keuangan RI sehingga tidak dilakukan secara manual dan bolak balik.

Monitoring Payment

Sistem informasi pembayaran mahasiswa ePembayaran juga mendukung potongan dan denda atas pembayaran mahasiswa yang diproses secara otomatis oleh sistem. Sistem ini terintegrasi dengan sistem informasi pengelolaan beasiswa sehingga jumlah tagihan terhadap mahasiswa sudah dikurangi dengan beasiswa yang mereka dapatkan secara otomatis dan muncul denda ketika keterlambatan pembayaran mahasiswa sesuai dengan kebijakan kampus.

Segala tagihan dan riwayat pembayaran mahasiswa dapat diakses oleh mahasiswa dan orangtua mahasiswa. Hal ini membantu orang tua dalam memantau jumlah tagihan dan pembayaran anaknya selama proses perkuliahan. (Baca juga: Implementasi BRIAPI di Poltekkes Kemenkes Malang)

 

ecampuz