Sistem Informasi Akademik (SIA) merupakan sebuah aplikasi yang mengintegrasikan seluruh proses inti sebuah bisnis pendidikan ke dalam sebuah sistem informasi yang didukung oleh teknologi terkini. Dengan penerapan SIA akan mempengaruhi mutu layanan secara keseluruhan, yaitu layanan yang berhubungan dengan pihak-pihak di luar lembaga pendidikan dan satu lagi tentunya layanan yang berhubungan dengan intern lembaga pendidikan itu sendiri.

sistem informasi gtAkademik

Aplikasi Sistem Informasi Akademik merupakan sebuah aplikasinya menggunakan web sebagai antar muka penggunanya. Diharapkan dengan ini maka aplikasi ini dapat diakses kapan saja, di mana saja, implementasinya relatif murah dan tentunya mudah digunakan.

Baca juga: Aplikasi Gratis Pelaporan PDDIKTI Feeder Bagi Pengguna eAkademik

Keuntungan Implementasi Sistem Informasi Akademik

1. Meningkatkan Kinerja : SIA mampu memberikan informasi yang real-time dengan waktu respon interaktif yang cepat untuk kebutuhan banyak user
2. Mudah Disesuaikan: Modul SIA yang ada dapat di sesuaikan dengan kebutuhan dan persyaratan yang beragam dari masing-masing perguruan tinggi
3. Arsitektur Terbuka (Modular & Scalable): Aplikasi SIA dibangun dengan Arsitektur Terbuka sehingga memungkinkan untuk peningkatan fleksibilitas dan perkembangan teknologi kedepan.
4. Integrasi Mudah: Aplikasi SIA yang ada mengintegrasikan seluruh proses bisnis utama yang ada di perguruan tinggi yang dapat di akses dari seluruh titik yang ada di dalam (intranet) dan dari luar (internet).
5. Penerapan dan Pemiliharaan Relatif Mudah: Aplikasi SIA tidak menerapkan skema lisensi sehingga dapat digunakan oleh banyak user. Karena sifatnya adalah aplikasi client-server maka tidak perlu ada aplikasi yang harus diinstall di PC user, hal ini sangat memudahkan pemeliharaan dan sangat minimal terkena resiko crash atau terkena virus.
6. Aman dan Handal: Aplikasi SIA mengunakan keamanan berlapis, mulai dari proteksi di sistem operasi server, database dan aplikasi itu sendiri. Setiap user yang akan mengakses suatu modul Sistem Informasi Akademik di berikan user login dan password sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Seberapa lama rata-rata durasi implementasi Sistem Informasi Akademik, atau eAkademik atau Academic Management System secara umum?

Pertanyaan yang sungguh dinantikan dan jawaban kami adalah, tergantung. Tergantung dari beberapa aspek yang perlu diperiksa dan dipastikan. Bukan jawaban yang asik memang, berikut aspeknya

  1. Aspek Keberadaan SOP
  2. Aspek Konversi atau Migrasi Data
  3. Kerapihan Data
  4. Integrasi dengan Legacy System atau Pihak Ketiga
  5. Organisasi dan Komitmen

Lebih detail mengenai kelima aspek tersebut, dapat disimak dalam Sistem Informasi Akademik: 5 Aspek Suksesi Implementasi