Kreativitas Ekstra Unit Kerja Institusi Dalam Susun Anggaran?

Ternyata kreatif tidak selamanya dimiliki orang-orang yang bersinggungan dengan bidang seni. Kreatif juga dimiliki oleh masing-masing unit kerja di institusi, terutama dalam menyusun anggaran. Jika dalam bidang seni kreatifitas itu menjadi bagian yang penting, tapi lain halnya dengan yang ini. Kreatif-nya unit kerja dalam menyusun anggaran jadi bagian pekerjaan yang bikin pusing tujuh keliling.

Dalam setiap proses penganggaran, bagian biro penganggaran suatu institusi seringkali meminta susunan anggaran setiap unit kerja di bawahnya untuk satu tahun ke depan. Penyusunan anggaran pun biasanya dilakukan dengan menggunakan excel. Baca juga: Mengelola Anggaran Kampus Tanpa Ribet

mengelola-anggaran-eCampuz-Post-Blog-eAnggaran

 

Lalu dimana sisi kreatif unit kerja?

Yup, disini lah kreativitas unit kerja muncul. Format pengajuan anggaran dalam bentuk excel yang diberikan telah berubah bentuk setelah di-submit kembali ke biro penganggaran .

 

 

Apa yang berubah?

Unit kerja seringkali menambah-nambah kolom masukan, menulis dalam format yang tidak sesuai, atau mengganti kolom  masukan menjadi kolom lain yang menurut mereka bisa menjelaskan pengajuan anggaran mereka. Ketika ditanya alasan mereka mengubah format pengajuannya, muncul pernyataan yang sama bahwa “kami hanya ingin menjelaskan secara lebih detail tentang anggaran yang mau kami ajukan

Masing-masing unit kerja tidak tau bahwa merubah format pengajuan anggaran berarti menambah pekerjaan biro penganggaran. Butuh waktu ekstra untuk menerjemahkan dan menggabungkan kembali seluruh anggaran unit kerja ke dalam satu file pengajuan anggaran yang sama. Belum lagi memahami kolom-kolom tambahan yang dibuat secara kreatif oleh tiap unit kerja. Bikin pusing bukan?

Hal ini jadi masalah yang sering sekali ditemukan di beberapa kampus yang memang belum memiliki Sistem Informasi Anggaran dan masih mengandalkan file excel dalam proses pengajuan anggaran mereka. Lain halnya jika kampus-kampus tersebut sudah menggunakan Sistem Informasi Anggaran.

Setiap unit kerja diberikan laman yang sama dan data anggaran pun sudah bisa langsung ditarik menjadi satu kesatuan anggaran. Tak perlu lagi ada usaha untuk memindahkan satu persatu anggaran unit kerja ke dalam file yang utuh.

sistem_anggaran_kampus_ecampuzSistem Informasi Anggaran memberikan kemudahan bagi biro penganggaran dalam melakukan pengumpulan data anggaran dari setiap unit kerja. Tak ada lagi format penyajian anggaran yang berbeda-beda dari setiap unit kerja karena laman yang diberikan selalu sama. Selain itu, biro penganggaran pun akan tahu secara real-time pergerakan data pengajuan anggaran dari setiap unit kerja tanpa harus menunggu excel dari unit kerja lagi. Dapatkan kemudahan menyusun anggaran dengan layanan sistem eBudgeting dan pengelolaan anggaran dengan eFinansi eCampuz. Baca juga: Pengalaman Implementasi Sistem Pengelolaan Anggaran di Perguruan Tinggi