Mengapa perlu menggunakan eCampuz Cloud?

Seiring dengan perkembangan zaman, perubahan gaya hidup dan persaingan bisnis yang semakin ketat. Sejumlah produsen di berbagai sektor, senantiasa meluncurkan produk-produk baru. Mulai dari tiap bulan, triwulan hingga tiap tahunnya. Sama halnya dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin maju dan modern. Di jaman serba modern ini, banyak sekali teknologi canggih kini menggantikan peran manusia. Yang tadinya serba lama sekarang serba instan. 

Begitu juga dengan perkembangan di dunia perguruan tinggi, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19. Kampus saat ini dituntut memiliki fasilitas mumpuni guna meningkatkan layanan terhadap civitas academica. Salah satu pemanfaatan teknologi pada perguruan tinggi, yaitu pengelolaan data-data kampus, baik data mahasiswa, dosen, pendidikan, dan data lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut, PT. Solusi Kampus Indonesia hadir dengan menawarkan sistem informasi bagi perguruan tinggi eCampuz Cloud untuk membantu pengelolaan data terutama akademik.

Nah, bagi sobat eCampuz yang berminat menggunakan layanan eCampuz Cloud, ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum berlangganan. Berikut ini, rangkuman pertanyaan yang sering ditanyakan para calon klien eCampuz. Nah, apa saja pertanyaannya? Silakan disimak poin-poin berikut ini ya.

 

Bagaimana proses konversi atau migrasi data dari sistem lama ke Aplikasi eCampuz Cloud? 

Yang pertama, untuk konversi data dari sistem lama ke Aplikasi eCampuz Cloud sendiri menggunakan standar khusus. Selain itu, terdapat proses sangat ketat guna untuk memastikan bahwa data tersebut valid ketika akan disajikan kepada pimpinan. 3 poin penting penunjang keberhasilan proses konversi atau migrasi data sistem:

  1. Data bersumber dari format laporan Forlap Dikti. Hal ini bertujuan agar data yang digunakan sesuai data terlaporkan di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDDikti).
  2. Kampus dapat menggunakan laporan dari database internal. Bagi kampus yang tidak bersedia menggunakan data dari Forlap Dikti, Tim eCampuz telah menyediakan opsi lain dengan menggunakan data yang berasal dari database internal kampus. Namun, hal ini kemungkinan memiliki konsekuensi lain seperti biaya tambahan, waktu pengerjaan, dan bisa jadi tidak sinkron dengan data terlapor pada Forlap Dikti.
  3. Tim eCampuz tidak bertanggung jawab terhadap validitas data. Hal ini dikarenakan Tim eCampuz hanya bertugas memindahkan data dari sistem lama ke database sistem eCampuz Cloud. Oleh karena itu, diharapkan setelah konversi data selesai, pihak kampus sebagai pemilik data dapat mengkroscek ulang data yang telah dikonversi dengan melibatkan bagian akademik dan para dosen. Baca juga: Ragam Peran dan Tugas Pengguna di Aplikasi SISTER

Ragam Peran SISTER DIKTI

Bagaimana keamanan data perguruan tinggi pada Aplikasi eCampuz Cloud? 

Mengenai keamanan data pada Aplikasi eCampuz, Sobat tidak perlu meragukannya lagi. Hal ini dikarenakan ada beberapa poin penting yang terdapat pada beberapa area sistem, yaitu:

  1. Pada area aplikasi, Tim eCampuz menerapkan audit script dan juga menggunakan framework yang terpercaya.
  2. Di area server, Tim eCampuz melakukan monitoring intruder, pengaturan hak akses, dan juga deteksi dini ketika ada celah keamanan.
  3. Pada area jaringan, Tim eCampuz menggunakan Secure Socket Layer (SSL) untuk jaringan yang dilalui.

Bagaimana jika Aplikasi eCampuz Cloud tidak dapat diakses? 

Jika pelanggan yang menggunakan eCampuz kebetulan tidak dapat mengakses aplikasinya, maka segera laporkan dan konsultansikan dengan tim support eCampuz melalui WhatsApp Group yang sudah disepakati. Tim eCampuz akan langsung memberikan bantuan.

Apakah Aplikasi eCampuz Cloud bisa diakses lewat Handphone?

Saat ini eCampuz Cloud didesain untuk dapat akses melalui Desktop atau Personal Computer (PC), serta memungkinkan apabila diakses menggunakan Handphone. Namun, ada kekurang-nyamanan tampilan apabila diakses melalui Handphone. Saat ini, Aplikasi eAkademik yang sudah responsif dan cukup nyaman diakses menggunakan Handphone. Kedepannya Tim eCampuz akan terus mengembangkan hal ini agar tampilan aplikasi lebih responsif dan adaptif.

Bagaimana jika kampus sudah menggunakan eCampuz Cloud Paket Basic dan ingin upgrade ke Paket Advance?

Pada prinsipnya, Paket Advance direkomendasikan oleh Tim eCampuz setelah perguruan tinggi pelanggan mampu menjalankan Paket Basic dengan baik dan status pelaporan PDDIKTI mencapai 100%. Keinginan untuk mengimplementasikan sistem lebih banyak memang selalu ada, sayangnya hal ini kurang diimbangi dengan kesiapan operator, data, infrastruktur dan tim kampus yang didedikasikan untuk menangani implementasi. Saran Tim eCampuz adalah melakukannya secara bertahap. Apabila Paket Basic telah berjalan implementasinya dengan baik, Tim eCampuz akan menganjurkan perguruan tinggi untuk melengkapinya dengan Paket Advance. Namun, jika belum sebaiknya pertimbangkan untuk sedikit bersabar dan menunda demi suksesnya implementasi di perguruan tinggi Sobat.

Setelah selesai kontrak eCampuz Cloud data perguruan tinggi diserahkan dalam bentuk apa? 

cara berhenti berlangganan ecampuz cloudJika pelanggan yang menggunakan eCampuz Cloud memutuskan untuk berhenti berlangganan. Maka, Tim eCampuz akan siapkan data master dan transaksi yang ada dalam format .xls atau .csv yang siap diolah lebih lanjut, tanpa saling berelasi. Baca juga: Cara Berhenti Langganan eCampuz

Itu dia beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon klien yang akan menggunakan eCampuz, sekaligus beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berlangganan. Nah, bagi sobat eCampuz yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi eCampuz Cloud beserta demo aplikasinya silakan klik tautan berikut ini WhatsApp eCampuz Official.