SEJARAH SINGKAT APLIKASI SISTER

Pada tahun 2017 Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti (Ditjen SDID) meluncurkan aplikasi untuk tenaga pendidik perguruan tinggi bernama Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER). Aplikasi ini ditujukan untuk mengakomodasi berbagai aktivitas kinerja dosen dan memperkaya portofolio dalam pengembangan karir dosen.

Sebelumnya, Ditjen SDID telah membangun sistem informasi untuk pengelolaan data portofolio; pengajuan penilaian angka kredit; pengusulan NIDN, NIDK, dan beasiswa; dan proses-proses bisnis lain terkait sumber daya iptekdikti. Akan tetapi seluruh sistem tersebut dijalankan terpisah, sehingga akurasi data rendah serta cenderung tidak efektif dan efisien. Aplikasi SISTER kemudian dibangun untuk memudahkan perguruan tinggi dan tenaga pendidik dalam mengelola proses bisnis kampus dan menjamin validitas data, serta meningkatkan layanan mutu Ditjen SDID. Sejak 1 Juli 2018, Ditjen SDID melakukan penilaian Beban Kerja Dosen (BKD), Penilaian Angka Kredit (PAK), Sertifikasi Dosen (SERDOS), dan SKP melalui aplikasi SISTER.

blog_spmi_ecampuzDengan menggunakan aplikasi SISTER, dosen tidak perlu melakukan input data yang sama berkali-kali. Data yang sudah pernah dilaporkan dan diinput pada Feeder PDDIKTI, akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dua arah.

SISTER, seperti namanya, telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi dengan satu sumber data utama yaitu data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Aplikasi ini memungkinkan setiap proses layanan terintegrasi dari satu portal seperti PAK, SERDOS, dan juga aplikasi internal kampus lainnya. Baca juga: Sekilas Tentang SPMI dan Integrasi SISTER

 

PERAN DAN TUGAS PENGGUNA APLIKASI SISTER

Walaupun aplikasi SISTER ini spesifik digunakan untuk mengelola data-data dosen, akan tetapi aplikasi ini tidak hanya diakses oleh dosen. Apakah sobat eCampuz tahu kira-kira siapa saja yang mengakses aplikasi SISTER serta apa peran mereka di aplikasi?

Berdasarkan penjelasan dari Kak Tiwi dan Kak Devy di kanal Youtube eCampuz, berikut peran-peran lain yang ada di aplikasi SISTER beserta tugas masing-masing peran:

  • Admin Perguruan Tinggi

Seperti tugas user admin aplikasi kebanyakan, dalam mengakses SISTER admin perguruan tinggi juga bertugas mengakses menu pengaturan, melakukan sinkronisasi data secara berkala, dan melakukan manajemen akun SISTER.

  • Dosen

Dibuat untuk membantu mengelola data tenaga pendidik, salah satu pengguna aplikasi SISTER tentu para dosen sendiri. Tugas yang dilakukan dosen di aplikasi SISTER adalah mengisi portofolio, mengubah data diri, melakukan review atau meninjau hasil karya ilmiah, mengajukan kenaikan pangkat dan jabatan—walaupun sebagian besar data telah didapatkan di PDDIKTI.

Dosen dapat menggunakan SISTER untuk membangun portofolio dengan mengkompilasi seluruh aktivitas tridarma perguruan tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat) yang pernah dilakukan, yang akan digunakan untuk proses-proses pengembangan karir dosen. Data dalam portofolio dapat diklaim ketika dibutuhkan, pada proses penilaian angka kredit, sertifikasi dosen dan proses lainnya.

  • Biro atau Bagian Kepegawaian

Bagian ini biasanya memiliki tugas untuk melakukan validasi perubahan data dosen yang sudah dikirim oleh dosen di aplikasi SISTER. Biro juga bertugas untuk mengatur tim validasi karya ilmiah, dan mengatur tim kenaikan jabatan dan sertifikasi dosen.

  • Pimpinan Perguruan Tinggi
  • Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)
  • Kemendikbud-ristek

pengelolaan-pegawai-eCampuz-Post-Blog-eSDM

Tugas pimpinan perguruan tinggi, LLDIKTI, dan Kemendikbud-ristek di aplikasi SISTER adalah melakukan validasi setelah validasi level pertama oleh biro atau bagian kepegawaian. Validasi beberapa level ini dibagi menjadi dua bagian;

  • Validasi untuk Perguruan Tinggi Swasta: Setelah pengajuan validasi ke biro atau bagian kepegawaian, validasi dilanjutkan ke LLDIKTI/Kopertis (Koordinasi perguruan tinggi swasta) dan selanjutnya diusulkan ke kementerian.
  • Validasi untuk Perguruan Tinggi Negeri: Setelah pengajuan validasi ke biro atau bagian kepegawaian, validasi langsung ditujukan ke kementerian. PDDIKTI akan otomatis diperbarui setelah validasi selesai di kementerian.

Baca juga: Pengelolaan Pegawai Perguruan Tinggi dengan eSDM dan SISTER

INTEGRASI APLIKASI SISTER DAN APLIKASI INTERNAL KAMPUS

Seperti yang sudah disebutkan di atas, SISTER dapat terintegrasi dengan aplikasi internal kampus. Integrasi ini dilakukan dengan memanfaatkan web service (layanan web; adalah metode atau cara-cara komunikasi antar dua alat elektronik melalui jaringan) terbaru, yaitu:

  • WS Basic 1.0

Layanan ini dapat digunakan kampus untuk mengambil data terbaru dari SISTER dan difasilitasi untuk input data dengan status otomatis terverifikasi namun masih diperlukan validasi dari pusat.

  • WS Pro 1.0

Layanan ini dapat digunakan kampus untuk mengambil data terbaru dari SISTER dan difasilitasi untuk input data dengan status otomatis sudah tervalidasi dari pusat.

Ragam Peran dan Tugas Pengguna di Aplikasi SISTER

Demikian artikel singkat terkait aplikasi SISTER dari tim eCampuz. Jika sobat eCampuz ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, sobat eCampuz bisa mampir ke IG eCampuz atau kanal Youtube eCampuz. Sobat eCampuz juga dapat mencari informasi-informasi lain terkait aplikasi di perguruan tinggi di media sosial kami. 😊

Sumber:

1 https://blog.gamatechno.com/aplikasi-sister-perguruan-tinggi-harus-tahu-apa-dan-manfaatnya/ 

2 http://kopertis3.or.id/v5/wp-content/uploads/Edaran-SISTER-23-02-2018.pdf 

3 https://en.wikipedia.org/wiki/Web_service