Apakah di kampusmu masih dibutuhkan printout laporan presensi perkuliahan? Tidak perlu bergantung pada operator bagian akademik, di Aplikasi Portal eAkademik milik dosen pengampu mata kuliah bisa juga lho mencetak sendiri laporan presensi dan rekap materi perkuliahan yang sudah dibuat.

Tentang Presensi Perkuliahan

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari di kampus. Kira-kira apa ya kegiatan yang biasa dilakukan di kampus setiap perkuliahan berlangsung? Jawabannya adalah kegiatan presensi dan pemaparan materi perkuliahan. Sobat eCampuz pasti sudah tahu kan apa itu presensi. Presensi atau absensi yang biasa dilakukan baik bagi mahasiswa maupun dosen sebelum melakukan kegiatan perkuliahan adalah data kehadiran di setiap kelas perkuliahan yang telah diselenggarakan. Kegiatan ini sifatnya wajib bagi mahasiswa dan dosen pengisi kelas perkuliahan.

Nah, sudah menjadi hal yang umum ya sobat eCampuz, apabila proses pengisian presensi tidak hanya dilakukan secara manual saja (mahasiswa dipanggil satu-satu oleh dosen). Di era teknologi saat ini telah ada berbagai cara presensi yang memanfaatkan adanya kemajuan teknologi ini. Misalnya ada kampus yang sudah menerapkan proses presensi dengan cara scan barcode, scan finger print, menggunakan smart card, presensi online dengan deteksi IP Address bahkan ada yang sudah pakai dengan teknologi face recognition atau foto selfie. Dari beragam cara presensi yang dilakukan tersebut, pastinya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan hal ini pernah kita bahas pada artikel sebelumnya.

laporan presensi
Baca juga: 5 Jenis Teknologi untuk Presensi Kuliah, Kampus Kamu Pakai yang Mana?

Begitu juga dengan pemaparan materi perkuliahan oleh dosen atau kegiatan mengajar lainnya. Adanya sebuah terobosan dan inovasi teknologi yang telah berkembang saat ini, menjadikan banyak pola perilaku manusia yang juga berubah, termasuk di lingkungan pendidikan kampus. Misalnya saja sekarang dosen dapat memberikan materi perkuliahan melalui E-Learning, pemaparan materi dengan layar proyektor, dan saat menghadapi pandemi Covid-19 kemarin, perkuliahan dimungkinkan untuk bisa dilakukan dengan tatap muka secara daring. Tentu adanya inovasi teknologi ini tidak lain untuk membantu memudahkan segala kegiatan umat manusia agar dapat berjalan dengan baik. 

Kali ini kita tidak lagi bicara mengenai beragam metode pelaksanaan perkuliahan, hal yang akan ditekankan pada materi artikel ini adalah tentang bagaimana setiap kegiatan perkuliahan itu dapat terdata dan direkap dengan baik. Hal ini tentu harus menjadi sebuah perhatian yang serius bagi setiap kampus. Pendataan proses akademik perlu dilakukan dengan cara yang baik, tertata rapi, dan aman, sehingga jika kampus memiliki sebuah sistem pendataan yang baik dan terstruktur tentu akan memudahkan dosen atau operator bagian akademik dalam mengelola dan mengurangi terjadinya human error.

Apabila pendataan pada kampus berjalan dengan sulit sehingga menjadi tidak terstruktur, tentu akan sangat merugikan bagi kampus. Pekerjaan administrasi tidak terselesaikan tepat waktu dan efek panjangnya akan mempengaruhi kualitas kampus yang bisa jadi menurun. Jadi alangkah baiknya setiap kampus harus memiliki sistem pengelolaan yang canggih dan relevan dengan perkembangan zaman, karena hal ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi kampus itu sendiri.

Langkah-Langkah Cetak Laporan Presensi dan Rekap Materi Perkuliahan

Nah, agar pendataan kegiatan perkuliahan lebih efisien dan mudah dilakukan oleh berbagai pihak kampus, terutama pada saat proses rekap presensi dan materi perkuliahan, eCampuz telah hadir menawarkan solusi untuk masalah tersebut. Bahkan tidak hanya bisa melihat rekap kegiatan secara rinci saja, akan tetapi dosen pengampu mata kuliah juga bisa mencetak sendiri hasil rekap materi kuliah dan laporan presensi di portal eAkademik, lho. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan mengenai bagaimana cara mencetak laporan presensi dan rekap materi perkuliahan melalui Portal eAkademik.

Caranya sangat mudah dan sederhana asalkan sobat eCampuz mengikuti petunjuknya berikut ini:

  1. Pertama-tama kita perlu login terlebih dahulu ke portal eAkademik. Alamat URL-nya tentu saja sesuai dengan URL Portal eAkademik masing-masing ya.
  2. Kemudian pilih fitur eAkademik kampus yang berada di bagian atas. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan sub menu, klik sub menu Pengelolaan Presensi.
  3. Setelah klik menu pengelolaan presensi, nanti akan muncul semester dan pilih semester yang akan diedit/ kelola lalu klik tampilkan.
  4. Kemudian scroll ke bawah, pilih mata kuliah yang sesuai. Nah, pada list mata kuliah disampingnya terdapat fitur-fitur yang akan memudahkan dosen pengampu dalam mengecheck ulang atau ingin mencetak presensi dan materi perkuliahan. 

Selanjutnya, jika kita pilih menu Cetak Rekap Presensi Kuliah, nanti akan muncul layar yang berisikan data-data berupa list nama dan nim mahasiswa yang mengambil mata kuliah, jumlah kehadiran, presentasi kehadiran, dan keterangan tidak hadir mahasiswa seperti sakit, ijin, atau alpha.

Selain fitur presensi, jika kita pilih menu Cetak Rekap Materi Kuliah nantinya akan menampilkan data-data mengenai isi pertemuan baik yang akan direncanakan dan pelaksanaan perkuliahan yang disertai dengan keterangan waktunya, tema dan pokok pembahasan pada setiap pertemuan tentang apa di mata kuliah tersebut selama 1 semester. Selain terdapat kedua fitur, di samping kanan pada list mata kuliah juga tersedia informasi  berupa tatap muka yang telah terlaksana dari yang sudah direncanakan sebelumnya dan juga terdapat informasi mengenai jumlah kehadiran dosen.

Berikut ini untuk langkah-langkah singkatnya dalam mencetak laporan presensi dan rekap materi perkuliahan: Login web eCampuz → eAkademik → Pengelolaan Presensi → Semester → pilih mata kuliah → Cetak Presensi atau Rekap Materi Perkuliahan → Save

Bagaimana? Caranya cukup mudah dan sederhana bukan? Yuk, segera daftarkan kampus kalian menggunakan layanan eCampuz sekarang juga, sob! jangan lupa follow media sosial eCampuz official kami untuk mencari solusi lainnya perihal kendala yang dialami kampus dan selalu up date mengenai informasi terbaru dari eCampuz. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!