Berkembangnya teknologi berpengaruh pada berbagai bidang untuk terus melakukan inovasi. Dalam dunia pendidikan, tak luput dari inovasi dengan kemunculan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang sering disebut MBKM. Program ini merupakan inisiatif pendidikan yang diperkenalkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia pada tahun 2021. Melalui program MBKM ini sobat eCampuz bisa merancang dan mengatur strategi pendidikan untuk mengembangkan keterampilan serta minat sesuai dengan kebutuhan maupun aspirasi pribadi.

Salah satu pilihan dalam program MBKM adalah Studi Independen. Melalui program ini mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk menggabungkan mata kuliah dari berbagai disiplin ilmu yang relevan dengan minat dan tujuan karir. Selain itu lewat Studi Independen, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kompetensi pada bidang tertentu. Untuk mencari tahu kapan dan syarat Studi Independen, simak ulasan lengkapnya berikut ini 😊

Apa Itu Studi Independen dalam MBKM?

Studi Independen adalah salah satu kegiatan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa belajar dan mengembangkan potensi diri di luar kelas perkuliahan. Meskipun begitu, kegiatan ini akan diakui dan disetarakan dengan 20 SKS.

Selain itu, Program MBKM Studi Independen juga memberikan sertifikat dalam bentuk kompetensi bagi mahasiswa yang mengikutinya. Selain sertifikat, sobat eCampuz yang mengikutinya akan  mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil. Jadi, para mahasiswa yang mengikuti program ini akan menguasai kompetensi spesifik dan praktis yang sangat dicari dalam dunia industri maupun usaha.

Kapan Waktu Program MBKM Studi Independen Dilaksanakan?

Studi Independen bersertifikat akan dilakukan selama 1 sampai 2 semester. Untuk peserta yang boleh mengikuti program ini adalah mahasiswa jenjang D3, D4, dan S1 semua jurusan yang sudah mendapatkan persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing.

Jika sobat eCampuz berminat mengikuti MBKM Studi Independen di tahun 2023 ini, berikut waktu pelaksanaannya yang perlu kamu tahu.

  • 18 April—30 Juni 2023: Pendaftaran dan kelengkapan administrasi mahasiswa. Untuk pendaftaran bisa melalui Platform Kampus Merdeka.
  • 12 Juni—1 Juli 2023: Verifikasi berkas administrasi mahasiswa
  • 5—7 Juli 2023: Survei kebhinekaan sebagai syarat bagi mahasiswa yang mendaftar
  • 8 Juli—7 Agustus 2023: Proses seleksi mahasiswa dan melakukan offering melalui platform Kampus Merdeka
  • 14 Agustus 2023: Onboarding nasional dan mengenalkan program ke masing-masing penyelenggara
  • 14 Agustus 2023—Desember 2023: Pelaksanaan program sesuai pilihan para mahasiswa
Apa Itu Program MBKM Studi Independen?
Baca juga: Kuliah di Jurusan Pendidikan, Haruskah Berprofesi Menjadi Guru?

Pilihan Kegiatan Program MBKM Studi Independen

MBKM Studi Independen bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang terdaftar pada PDDikti. Selain bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa, program ini juga tidak dipungut biaya apapun.

Jadi, bagi sobat eCampuz yang tertarik untuk mengikutinya segera persiapkan diri dan daftar melalui platform Kampus Merdeka. Sementara itu, pilihan sektor industri yang ada pada MBKM Studi Independen sangatlah bervariasi. Mulai dari bidang teknologi, kesehatan dan pelayanan, Badan Usaha Milik Negara, lembaga multi-lateral dan non-profit, jasa, serta masih banyak lagi.

Untuk pilihan kegiatannya sendiri kami coba rangkum beberapa seperti di bawah ini:

1. UI/UX Intensive Bootcamp

Program ini diadakan oleh Rakamin Academy yang bisa diikuti seluruh mahasiswa secara daring dari manapun. Melalui program UI/UX Intensive Bootcamp mahasiswa akan mendapatkan pelatihan seperti,pengguna, desain interaksi, desain visual, prototyping, dan pengujian. Untuk durasi pelatihan sendiri selama 5 bulan dan setelah lulus mahasiswa akan mendapatkan sertifikat. Selain program pelatihan U/UX, Rakamin Academy juga menawarkan beberapa pelatihan lain seperti Full Stack Web Development Intensive Bootcamp dan Data Science Intensive Bootcamp.

2. Data Science Academy

Melalui Program MBKM Studi Independen mahasiswa di seluruh Indonesia juga bisa memilih kegiatan Data Science Academy yang diadakan Data Academy. Lewat program ini mahasiswa akan diberikan berbagai modul pembelajaran mulai dari konsep data engineering, data warehouse, SQL, pengenalan data visual tools, dan masih banyak lagi. Selain itu mahasiswa yang mengikuti program pelatihan ini juga bisa berkonsultasi  dengan  expert  terkait materi yang dipelajarinya. Selain data science academy, pihak Data Academy juga memiliki kegiatan lain yang bisa jadi pilihan mahasiswa antara lain Data Engineering Academy dan Data Analyst Academy.

3. Android Java for Mobile Developer 

Kegiatan yang bisa dipilih mahasiswa dalam Program MBKM Studi Independen berikutnya ada Android Java For Mobile Developer. Kegiatan ini diadakan oleh Hacktiv8 yang dilakukan setelah jam kerja yaitu pukul 19.00 – 22.00. Dalam Android Java For Mobile Developer peserta akan mendapatkan modul pembelajaran mulai dari pemahaman konsep dasar Android, konfigurasi tools Android Studio, penggunaan fitur dasar dari sistem operasi Android sampai  cara memanfaatkan API 3rd Parties melalui SDK (Software Development Kit) hingga distribusi ke Google Play Store. Selain kegiatan ini Hacktiv8 juga menawarkan beberapa aktivitas lain seperti Golang For Back End Programmer, React And React Native For Front End Developer, UI/UX Design, dan Web Developer Program.

Apa Itu Program MBKM Studi Independen?
Baca juga: Tips Jadi Mahasiswa Disiplin, Nggak Lagi Menunda-nunda!

4. Food Safety Management System Specialist

Jika biasana program Kampus Merdeka dikerjakan secara individu maka kegiatan kali ini berbeda. Jika sobat eCampuz mengikuti Studi Independen untuk kegiatan Food Safety Management System Specilist maka akan dibagi dalam beberapa kelompok. Per kelompok dalam aktivitas ini terdiri dari 5 orang dan 1 pembimbing. Nantinya, setiap kelompok tersebut akan akan mendapat case study dari beberapa mitra industri yang merupakan partner dari AGAVINOVATION: Agriculture &  Food Tech. R&D  company. Pada tahap akhir nantinya setiap peserta akan diberikan dua jenis sertifikat yaitu sertifikat keikutsertaan dan sertifikat kompetensi dari perusahaan. 

5. AWS Cloud Solution Architect

Kegiatan pada Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka berikutnya ada AWS Cloud Solution Architect. Kegiatan ini diadakan oleh TIMCorp-Academy dan dilakukan secara daring. Untuk materi yang akan dipelajari mulai dari konsep cloud computing, penggunaan layanan AWS, dan pengembangan aplikasi cloud melalui sesi pembelajaran interaktif, praktikum, serta bimbingan oleh mentor berpengalaman. Selain bisa diakumulasikan dalam 20 SKS, peserta yang mengikuti program ini akan mendapatkan sertifikat dari mitra. Keuntungan lainnya, bagi peserta yang berprestasi berpeluang untuk mendapatkan voucher Exam secara gratis (senilai hingga $150 per voucher). Voucher ini bisa dipakai untuk menempuh AWS Certification yang mendapat pengakuan secara internasional (International Recognition).

6. Kegiatan Lain pada Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka

Selain beberapa pilihan di atas, masih ada aktivitas lain dalam Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka. Kegiatan tersebut meliputi Impact Class: Perencanaan Dan Pelaporan Dampak Sosial, Pengembang Full-Stack, Network Security Operation Center (Cyber Blue Team), RevoU Tech Academy – Data & Software Engineering, dan masih banyak lagi. Kamu bisa lihat info lengkap kegiatan dan syarat tiap programnya di https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/.

Kesimpulannya, program MBKM Studi Independen adalah aktivitas di luar kampus, bersertifikat, dan bisa diikuti oleh semua mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Peserta yang mengikuti program ini akan berkesempatan mengimplementasikan ilmu sesuai standar industri. Tidak hanya itu saja, kegiatan belajar ini juga akan disetarakan dengan pencapaian 20 SKS. Untuk proses pembelajarannya sendiri umumnya dalam waktu 5 bulan. Karena merupakan program berperiode, bagi sobat eCampuz yang ingin menjadi peserta segera siapkan dokumen persyaratan dan daftarkan diri kamu melalui platform Kampus Merdeka lebih dini ya.