Dilema Mahasiswa Baru

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai seorang mahasiswa baru pasti Sobat eCampuz sudah sering mendengar perdebatan mana yang lebih penting, berorganisasi atau mengikuti program magang? Lebih-lebih pertanyaan lanjutan mengenai mana yang lebih disukai HRD dan perusahaan. Mahasiswa dengan sederet pengalaman organisasi atau mahasiswa yang sudah terlatih bekerja dengan mengikuti magang? Duh, hal ini tentu menjadi salah satu dilema bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa baru yang bingung menentukan akan terjun kemana selain menghadiri kelas perkuliahan sebagai suatu kewajiban.

eCampuz-Post-Blog-Mahasiswa-ProduktifSejatinya, organisasi dan magang sama-sama menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan soft-skill atau kemampuan di luar kelas. Namun, ada baiknya Sobat eCampuz memahami hal-hal yang perlu dipertimbangkan. Termasuk tujuan dan manfaat dari kedua kegiatan ini, sebelum memutuskan untuk fokus di salah satunya. Baca juga: 5 Tips Jitu Mahasiswa Produktif Saat Perkuliahan Hectic!

 

Organisasi

Setiap organisasi kemahasiswaan tentu memiliki visi dan misi dalam mencapai tujuan organisasinya. Pastikan bahwa sebelum Sobat eCampuz memutuskan untuk bergabung, kamu sudah lebih dulu mengetahui seluk beluk organisasi, kegiatan seperti apa yang dilakukan oleh organisasi ini, bagaimana budaya kerja para anggota organisasi, program kerja seperti apa yang dilaksanakan organisasi, dan tentukan posisi atau bidang yang ingin kamu daftar sesuai dengan ketertarikan atau hal yang ingin kamu pelajari. Hal-hal tersebut sangat penting dipahami karena dapat membantu kamu dalam mencapai kebutuhan atau goals yang kamu inginkan.

Selain itu, perlu dicatat juga bahwa dengan aktif berorganisasi kamu akan mendapatkan segudang keuntungan untuk pengembangan diri seperti melatih skill komunikasi yang kamu miliki (communication), membangun pertemanan dan relasi yang lebih luas (networking), meningkatkan pengetahuan dan wawasan (knowledge), terlatih mengatur waktu (time management), melatih jiwa kepemimpinan (leadership), dan sebagainya.

 

Magang (Internship)

Program magang menjadi salah satu wadah bagi mahasiswa untuk “berlatih” sebelum secara resmi terjun ke dunia kerja. Berguna dalam proses mengetahui realita dan mekanisme dalam suatu institusi pada dunia profesional. Hal ini juga bermanfaat untuk menentukan rencana karir kamu kedepannya. Sebelum memutuskan untuk mengikuti magang, ada baiknya Sobat eCampuz memahami tujuan dari mengikuti program magang tersebut. Berikut adalah contoh 3 poin tujuan yang bisa kamu perhatikan:

  • Program magang menjadi pembuka pintu untuk posisi tetap, setelah lulus kuliah nanti.
  • Program magang untuk mengetahui bagaimana realita dunia kerja.
  • Program magang untuk mencoba sektor atau jenis industri yang kamu bayangkan. -“Apa saya akan cocok kerja di industri ini?” dapat terjawab jika kamu mengalaminya sendiri melalui magang. Baca juga: Rekomendasi 4 Platform Online untuk Mendukung Portfolio Job Seeker

Apabila dalam program magang yang akan Sobat eCampuz ikuti memuat setidaknya 2 dari 3 poin tersebut, maka Go Ahead!

tips-job-seeker-ecampuzSelain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengikuti magang, diantaranya adalah:

  1. Mempersiapkan dokumen seperti Curriculum Vitae (CV) dan portofolio.
  2. Mencari tempat magang yang sesuai dengan bidang dan minat yang sesuai dengan jurusan kuliahmu.
  3. Mencari tahu informasi detail mengenai perusahaan tempat kamu akan melaksanakan program magang, serta posisi pekerjaan yang akan dilamar. Agar kamu punya gambaran umum terkait jobdesc yang dikerjakan.
  4. Terakhir adalah komitmen untuk bertanggung jawab dan menghormati rekan kerja.

Dengan mengikuti magang, Sobat eCampuz akan mendapatkan berbagai keuntungan diantaranya:

  1. Kamu bisa mempraktikkan secara langsung ilmu yang telah dipelajari saat kuliah untuk mengatasi permasalahan nyata.
  2. Menjelajahi beragam posisi pekerjaan.
  3. Belajar bersosialisasi dengan memperhatikan konteks.
  4. Meningkatkan relasi dalam lingkup profesional.
  5. Menambah pengalaman kerja pada resume dan memiliki penghasilan tambahan.
  6. Membantu meyakinkan rencana karir yang dipilih sesuai dengan skills dan passion.

Jadi jawabannya mana yang lebih penting, Berorganisasi atau Magang?

Keduanya sama-sama penting untuk membantu meningkatkan pengembangan diri kamu nih Sobat eCampuz. Yang terpenting adalah kenali dirimu, siapkan rencana sebaik mungkin dan tentukan skala prioritas. Contohnya, semester satu sampai semester tiga kamu akan fokus untuk berorganisasi, mengumpulkan pengalaman dan skill. Setelah itu, di semester empat dan seterusnya kamu mengikuti program magang. Nah, biar enggak makin bingung, Sobat bisa mencoba mengidentifikasi potensi karirmu melalui platform identika.id yang dapat diakses secara GRATIS. Gimana? sudah semakin mendapatkan pencerahan tentunya. Selamat berkembang pesat ya, Sobat eCampuz!