Menjadi bagian integral dari kualitas pendidikan tinggi di Indonesia membawa eCampuz berhasil mengimplementasikan solusi eSPMI untuk sistem penjaminan mutu internal di salah satu pelanggannya. Pada kesempatan sebelumnya, kami telah mempublikasikan artikel mengenai SPMI yang ada di tautan berikut. Hingga hari ini, kami terus menyempurnakan solusi eSPMI dan kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kapabilitasnya. Adapun 6 hal yang menjadi kekuatan produk eSPMI yang akan dirasakan oleh perguruan tinggi antara lain :

1. Mempermudah Pengelolaan Nilai Standar Mutu

Unit Program Studi (Prodi) akan lebih mudah mengelola data nilai mutu (yang jumlahnya sangat banyak) dan indikator yang dipersyaratkan. Rekaman data tersebut menjadi dasar Prodi untuk menentukan target peningkatan mutu pada periode tahun berikutnya.

2. Mudahnya Lakukan Evaluasi Diri

eSPMI memudahkan pelaksanaan evaluasi diri Prodi berdasarkan indikator standar mutu yang ditetapkan sendiri oleh perguruan tinggi. Pengguna dapat dengan mudah memilih nilai mutu masing-masing indikator dan mengunggah dokumen yang berkaitan dengan indikator tersebut.

3. Fitur Audit Mutu Internal

eSPMI disertai fitur audit mutu internal, kegiatan audit kelengkapan, dan juga audit lapangan berdasarkan data yang sudah terekam pada kegiatan evaluasi diri program studi, sehingga setiap siklus saling berkaitan dan saling melengkapi. Proses audit mutu internal juga disertai fitur untuk membantu Auditor membuat catatan pertanyaan pada audit kelengkapan dan mengunggah dokumen terkait bukti-bukti pada audit lapangan.

4. Fitur Penilaian dan Historis

Program Studi maupun LPM/LPPM dapat melihat skor masing-masing program studi dan dapat melihat perkembangan skor tersebut dalam rentang periode tertentu. Hal ini dimungkinkan karena eSPMI merekam data indikator, evaluasi diri, dan kegiatan audit. eSPMI memungkinkan Tim Penjaminan Mutu mengetahui jejak rekam mutu semua unit/program studi.

5. Simulai Skor Mutu Unit/Prodi

eSPMI dapat membandingkan (melalui simulasi) skor mutu unit/prodi dengan standar akreditasi BAN-PT atau akreditasi lainnya sesuai dengan indikator yang ditentukan oleh perguruan tinggi sehingga dapat menjadikan tolak ukur perkiraan nilai yang didapatkan saat penilaian akreditasi.

6. Lebih Mudah Memahami Hasil Evaluasi

eSPMI memungkinkan Tim Penjaminan Mutu secara komprehensif mengetahui hal-hal yang harus diperbaiki guna peningkatan mutu atas unit/program studi dari hasil evaluasi yang telah dilakukan.

Di bawah ini beberapa screenshot aplikasi eSPMI yang mudah-mudahan dapat menggambarkan bagaimana aplikasi bekerja.

SPMI Dashboard
SPMI Dashboard – Back Office Lembaga Penjaminan Mutu
Borang Standar Mutu
Borang Standar Mutu
Monev Evaluasi Diri
Monev Evaluasi Diri
SPMI Dashboard
SPMI Dashboard – Auditor
SPMI Dashboard - Prodi
SPMI Dashboard – Perkembangan Nilai Mutu Prodi
Prodi Evaluasi Diri
Evaluasi Diri – Prodi
Input Evaluasi Diri
Input Evaluasi Diri Prodi
Action Plan Prodi
Action Plan Prodi

Sistem digital meringankan tugas pengelola kampus mengurusi administrasi dan berkas-berkas SPMI. Dengan demikian pengelola kampus bisa berfokus pada strategi peningkatan nilai SPMI kampus, tanpa terbebani dengan proses administrasi yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Sajian dari data SPMI digital juga dapat digunakan untuk mengambil kebijakan secara lebih cepat.

Artikel lainnya : Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Digital Ringankan Tugas Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Dapatkan aplikasi eSPMI untuk perguruan tinggi Anda sekarang juga. Dengan senang hati kami akan membantu Anda. Transform your education services 🙂

 

eSPMI: Sistem Penjaminan Mutu Internal