Cloud memang bukan barang baru dalam sistem pengelolaan data dan patut dipertimbangkan dari segi benefit. Karena itu kehadirannya dalam dunia pendidikan perlu diberi sambutan hangat. eCampuz yang menjadi pelopor cloud untuk perguruan tinggi menjadi salah satu bukti bahwa metode ini memang cukup mumpuni untuk mengelola data dalam jumlah besar. Telah kami bahas dalam artikel-artikel sebelumnya bahwa sistem cloud dapat memberi kemudahan bagi perguruan tinggi dalam hal integrasi data, baik data internal maupun data mahasiswa.

backup data ecampuz cloud

Sebelum hadirnya eCampuz, PT Gamatechno telah menjadi mitra terpercaya bagi lebih dari 70 perguruan tinggi dalam sistem pengelolaan data dengan Gamatechno Campus Suite. Kemudian PT Gamatechno melebarkan sayap dengan menciptakan versi cloud dari Gamatechno Campus Suite yaitu eCampuz. eCampuz yang mengampu 4 modul utama dari Gamatechno Campus Suite dapat memberikan layanan yang maksimal bagi klien. Set-up untuk instalasi dan penyesuaian tema aplikasi (meliputi label identitas perguruan tinggi, logo, dan warna) dilakukan selama kurang dari seminggu. Dengan waktu yang cukup singkat, perguruan tinggi sudah dapat menikmati layanan jasa eCampuz yang dapat diakses dari seluruh Indonesia.

Dengan menggunakan eCampuz perguruan tinggi dapat memangkas biaya pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur. Klien tidak perlu lagi membayar mahal bagi tenaga ahli IT untuk melakukan maintain infrastruktur. eCampuz memiliki layanan tambahan berupa Technical Assistance yang siap setiap saat untuk melakukan perbaikan maupun pemeriksaan bagi software yang digunakan. Technical Assistance ini dapat dihubungi setiap saat jika ada kendala dalam penggunaan software yang ada dalam eCampuz. Karena itu perguruan tinggi dapat menghemat biaya dan biaya ini dapat dialokasikan ke divisi-divisi yang memerlukan pengembangan untuk menunjang kemajuan perguruan tinggi yang bersangkutan.

Layanan tambahan yang kedua adalah fasilitas back-up data. Data merupakan hal yang penting dan sensitif bagi siapapun. Dengan menggunakan layanan ini klien tidak perlu merasa khawatir dengan data yang ada di dalam cloud. PT Gamatechno memberikan jaminan keamanan bagi semua data yang beredar dan tersimpan dalam sistem ini. eCampuz menggunakan sistem back-up data yang menerapkan DRC (Disaster Recovery Center) yaitu proses back-up yang terjadwal untuk menjamin data-data penting anda tetap aman, walaupun disaat terjadi gangguan hardware. Sistem back-up data memastikan data anda tersalin dengan sempurna. Selain itu juga, software yang ada dalam layanan ini selalu mengalami pembaruan atau upgrade untuk menyempurnakan sistem sebelumnya secara gratis.

Untuk melakukan maintain sistem yang telah diterapkan di perguruan tinggi tentunya membutuhkan SDM yang handal. Hal ini merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan sistem ini. Karenanya eCampuz menyediakan jasa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang IT. Dengan pengetahuan dan kemampuan penanganan yang baik maka perguruan tinggi dapat lebih mandiri dalam maintain sistem dan infrastruktur IT.