Setelah terbitnya Surat Edaran nomor 649/D1 Tahun 2018 tanggal 23 Februari 2018 yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terkait tentang Implementasi Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER), tak perlu waktu lama hal ini menjadi perbincangan oleh perguruan tinggi di Indonesia baik PTN (Perguruan Tinggi  Negeri) maupun PTS (Perguruan Tinggi Swasta).

SISTER adalah aplikasi untuk pengelolaan data dasar (data pribadi, mutasi, riwayat) yang dapat dilengkapi secara langsung oleh dosen dan tenaga pendidik dalam bentuk portofolio kaitannya dengan aktivitas penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan. Data-data ini berpeluang digunakan untuk berbagai bisnis proses pengembangan karir dosen dan tenaga pendidik.

Kira-kira apa saja dampak positif Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi (SISTER) bagi Kampus?

Kehadiran SISTER akan melengkapi potongan-potongan dalam rencana besar kelolaan data pendidikan tinggi yang dikelola oleh Kemenristekdikti. Apa saja dampak dari kehadirannya? Kami melihat 2 hal positif, setidaknya:

1. Keterbaruan dan Validitas Data

Data merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh perguruan tinggi tak terkecuali untuk data kepegawaian. Hadirnya SISTER membuat perguruan tinggi akan memiliki data sumber terbaru sekaligus valid. Validitas data ini terjamin karena entrian data ke SISTER adalah proses yang diwajibkan oleh Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti.

2. Sumber Data Pendukung University Management System

Umumnya perguruan tinggi sudah memiliki aplikasi aplikasi backend dalam proses pengelolaan manajemen di dalamnya. Aplikasi-aplikasi internal ini membutuhkan data pendukung, salah satunya terkait ke-sdm-an. Hadirnya integrasi satu arah yang SISTER sediakan (untuk dapat diunduh) memastikan adanya data dukung yang memungkinkan terjadinya integrasi data di internal kampus, dengan segala aplikasi yang membutuhkan data ke-sdm-an ini, contoh : Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), DUK (Daftar Urut Kepangkatan), Remunerasi/Tunjangan Kinerja, Dashboard Universitas dan lain-lain. Sumber data pendukung yang diunduh dari SISTER dikoleksi di sebuah basis data, untuk lalu dikelola (integrasinya) dengan penciptaan API-API atau apapun mekanisme untuk memungkinan terjadinya integrasi.

Baca juga : Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Digital Ringankan Tugas Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Apakah eCampuz pernah mengintegrasikan solusinya dengan SISTER? Iya, tentu saja. Kami telah melakukan itu. Berikut adalah 5 hal yang kami rasa, layak untuk dibagi:

  1. SISTER sudah dilengkapi API yang bisa digunakan dalam proses integrasi dimana API terbagi menjadi dua yaitu API Sandbox (untuk proses development) dan API Live.
  2. SISTER memberikan dokumentasi yang sangat jelas dan lengkap hampir di semua transaksi yang ada walapun ada beberapa pembatasan terkait transaksi Layanan PAK dan Layanan BKD tidak disediakan API. Bahkan ada contoh pengembangan Integrasi dalam bentuk source code maupun video dan mempermudah kami dalam pengembangan. Pun demikian, kami berharap suatu saat bisa mendapati dukungan konsultatif yang siap membantu, pengen ngobrol. ^^
  3. Perhatikan kelengkapan data di sistem informasi kepegawaian Anda. Bisa jadi ada defisit item-data pada basis data Anda dibandingkan dengan SISTER. Perlu Anda sesuaikan dulu.
  4. Overall, tidak ada kendala berarti dengan pengembangan integrasinya sendiri. Yang cukup annoying though, adalah kurangnya sajian integrasi yang memungkinan permintaan data dalam cacah yang banyak. Jadi ya retrieve datanya harus by ID.

Pada roadmap implementasi SISTER di 2019, data tenaga kependidikan juga akan masuk (kelolaan). Mari kita nantikan saja dan sambut dengan suka cita. Dibawa senang aja pokoknya, positive thinking. ^^

Mampir ya ke suite.ecampuz.com atau sapa kami di info@ecampuz.com untuk berbagi cerita. Have a funtastic day!

Image and video hosting by TinyPic