Cloud memang bukan layanan baru dalam sistem pengelolaan data dan patut dipertimbangkan dari segi benefit. Karena itu kehadirannya dalam dunia pendidikan perlu diberi sambutan hangat. eCampuz Cloud yang menjadi pelopor cloud untuk perguruan tinggi sebagai salah satu bukti bahwa metode ini memang cukup mumpuni untuk mengelola data dalam jumlah besar. Telah kami bahas dalam artikel-artikel sebelumnya bahwa sistem cloud dapat memberi kemudahan bagi perguruan tinggi dalam hal integrasi data, baik data internal maupun data mahasiswa.

backup data ecampuz cloudSebelum hadirnya eCampuz Cloud, PT Solusi Kampus Indonesia telah menjadi mitra terpercaya bagi lebih dari 70 perguruan tinggi dalam sistem pengelolaan data dengan eCampuz Suite. Kemudian melebarkan sayap dengan menciptakan versi cloud dari eCampuz Suite. eCampuz Cloud yang terdiri dari 4 dan 8 aplikasi utama eCampuz Suite, sehingga dapat memberikan layanan maksimal bagi klien. Setup untuk instalasi dan penyesuaian tema aplikasi (meliputi label identitas perguruan tinggi, logo, dan warna) dilakukan selama kurang lebih seminggu hari kerja. Dengan waktu yang cukup singkat, perguruan tinggi sudah dapat menikmati layanan sewa aplikasi eCampuz Cloud dari seluruh Indonesia.

Dengan menggunakan eCampuz Cloud perguruan tinggi dapat memangkas biaya pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur. Klien tidak perlu lagi membayar mahal untuk tenaga ahli IT dalam melakukan maintain infrastruktur. eCampuz memiliki layanan tambahan berupa Technical Assistance yang siap setiap saat untuk melakukan perbaikan maupun pemeriksaan bagi software yang digunakan. Technical Assistance ini dapat dihubungi setiap saat jika ada kendala dalam penggunaan software yang ada dalam seluruh aplikasi eCampuz. Karena itu perguruan tinggi dapat menghemat biaya dan biaya ini dapat dialokasikan ke divisi-divisi yang memerlukan pengembangan untuk menunjang kemajuan perguruan tinggi yang bersangkutan.

pemulihan-bencana-drp-ecampuz

Baca juga: Rencana Pemulihan Bencana pada Layanan eCampuz Cloud

Layanan tambahan yang kedua adalah fasilitas back-up data. Data merupakan hal yang penting dan sensitif bagi siapapun. Dengan menggunakan layanan ini klien tidak perlu merasa khawatir dengan data yang ada di dalam cloud. eCampuz memberikan jaminan keamanan bagi semua data yang beredar dan tersimpan dalam sistem ini. eCampuz menggunakan sistem backup data yang menerapkan DRC (Disaster Recovery Center) yaitu proses backup yang terjadwal untuk menjamin data-data penting kampus tetap aman, walaupun disaat terjadi gangguan hardware. Sistem backup data memastikan data anda tersalin dengan sempurna. Selain itu juga, perangkat lunak yang ada dalam layanan ini selalu mengalami pembaharuan atau upgrade untuk menyempurnakan sistem sebelumnya secara gratis.

Untuk melakukan pemeliharaan sistem yang telah diterapkan di perguruan tinggi tentunya membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Hal ini merupakan salah satu jalan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan sistem ini. Karenanya eCampuz menyediakan jasa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang IT. Dengan pengetahuan dan kemampuan penanganan yang baik maka perguruan tinggi dapat lebih mandiri dalam maintain sistem dan infrastruktur IT. Layanan tersebut dapat dinikmati dalam rangkaian eCampuz Services.

eCampuz Services Layanan jasa konsultasi yang meliputi Assesment, Audit, Penyusunan Masterplan dan Cetak Biru TI bagi perguruan tinggi, serta jasa pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM di bidang Manajemen dan Tata Kelola Teknologi Informasi, merujuk pada “Permenristekdikti No 62 Tahun 2017 tentang Tata Kelola TI di Lingkungan Kementerian Ristekdikti”. eCampuz Services meliputi Consulting dan Training.

Consulting

Layanan konsultansi profesional dan berkualitas dalam menentukan solusi yang efektif dan efisien guna mencapai visi dan misi institusi, serta membangun masa depan pendidikan yang strategis dan sistematis. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Tim eCampuz siap membantu kegiatan penyusunan:

  • Masterplan Teknologi Informasi (TI)
  • Blueprint TI
  • Assesment TI
  • Audit Sistem Informasi
  • Smart Campus

Training

Pelatihan TI bagi perorangan maupun organisasi dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan Teknologi Informasi dengan kualitas materi, pelatih hingga output praktis yang bertujuan mencetak SDM handal, terlatih, dan bersertifikasi dalam membangun pendidikan yang handal dan lulusan yang unggul, sesuai amanah Undang-Undang Pendidikan Tinggi. Kami siap menyelenggarakan pelatihan (tidak terbatas pada):

  • Security Sistem Informasi Manajemen Kampus
  • DevOps (Development and Operations) SIM Kampus
  • Web Programming
  • e-Learning/LMS (Learning Management System)
  • Tata Kelola Kampus Berbasis Digital, tidak terbatas pada domain Akademik, Keuangan, Aset.