Blog eCampuz
Teknologi, Review

3 CMS Opensource Populer di Kalangan Kampus

cms

Apakah CMS itu?

CMS atau Content Management System adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk olah data digital, pada umumnya digunakan untuk mengelola konten web. CMS dapat saja dibuat sendiri oleh developer, tapi dapat juga mengambil CMS lain yang sudah tersedia, baik yang berbayar maupun yang berlisensi free dan open source untuk berbagai kebutuhan portal web, termasuk yang resmi sekalipun.

 

CMS Populer di Lingkungan Kampus, Fungsi dan Kelebihan serta Kekurangannya

WordPress

Siapa tidak kenal WordPress ini? Sebagai CMS, WordPress tidak terbendung lagi, merupakan sebuah aplikasi berbasis web, dengan kode terbuka (open source) yang paling populer dan digemari untuk mengelola web.

Logo WordPress

WordPress (atau disingkat WP) disediakan di https://wordpress.org, yang berdiri sejak 2003, cukup tangguh memimpin jumlah penggunaan CMS di seluruh dunia. Apakah sebenarnya yang membuat WordPress ini begitu digemari? Padahal konon, secara tata programming, WordPress tidak cukup bagus. Namun dapat kita simak berikut penyebabnya, antara lain :

Keunggulan-keunggulan itu yang membuat WordPress begitu dicintai hingga banyak digunakan mulai dari tingkat resmi seperti web pemerintahan, web universitas, sekolah, perusahaan hingga personal. Tidak hanya di Indonesia saja. Di luar negeri, WordPress juga menjadi pilihan praktis untuk official website maupun personal, blog, komunitas dan web profil. Oh ya blog eCampuz ini juga menggunakan WordPress lho ya. Di kalangan rekanan eCampuz, WP ini banyak digunakan untuk web portal, baik portal utama institusi hingga portal fakultas/jurusan.

 

WP Dashboard

 

Kekurangan WordPress ini antara lain :

Namun dari sekian kekurangan itu, banyak yang akhirnya diterima oleh user, dengan konsekuensi user melakukan rajin update. Toh sekarang WP sendiri juga memiliki sistem notifikasi untuk memulai update. Masalah WP berat? Sekarang secara teknis telah banyak cara untuk memperingan. Mulai dari memainkan plugins, hingga memainkan teknik curang dari sisi servernya. Versi terakhir adalah WP versi 5.2.4, dengan requirement PHP 7.3, dan MySQL 5.6 ke atas, atau MariaDB 10.0 ke atas.

Download WordPress Terbaru di sini

 

Joomla

CMS Joomla juga berbasis open source, dibangun dengan bahasa PHP, dan juga beroperasi dengan database MySQL. Joomla pernah menjadi standar web-web pemerintahan. Di kalangan rekanan eCampuz, kadang Joomla digunakan untuk portal utama institusi. Secara struktur Joomla sudah mendekati framework-framework dengan konsep MVC masa kini. Joomla terbaru ada di versi Joomla 3.9.12. Untuk proses development, Joomla juga mudah didebug.

Logo Joomla

Beberapa keunggulan-keunggulan Joomla antara lain :

Sedangkan kelemahan Joomla yang sering dikeluhkan para pengguna :

Halaman download Joomla ada di : https://downloads.joomla.org/, terakhir pada versi 3.9.12. Oh ya, ada yang mau nyoba Joomla 4? Silakan dapat baca di sini pada versi 4 Alpha

 

Drupal

Banyak yang mengatakan bahwa Drupal bukanlah Content Management System, tapi sudah merupakan Framework. Akhirnya untuk melerai perdebatan dapatlah kombinasi keduanya : Drupal adalah Content Management Framework 😅😅😅 ..

Logo paling terkenal dari Drupal

 

Logo Drupal 8

 

Lho, apa bedanya CMS dan Framework? Framework merupakan aturan kerja saja. Framework PHP, adalah sebuah susunan hirarki direktori dan file yang seragam, yang digunakan untuk membuat aplikasi web. Dengan menggunakan Framework, maka sebuah project pembuatan web dapat dilakukan dengan style programming yang sama antara satu developer dan developer lainnya.

Drupal, rupanya tidak terdesain untuk pasang install langsung jadi halaman web. Drupal justru didesain sebagai CMS yang butuh tambahan programming di dalamnya. Hal ini menjadikan Drupal siap juga menjadi sebuah sistem informasi berbasis web untuk pengolahan database. Namun secara tampilan dashboard, Drupal memang berwujud seperti CMS lainnya.

 

Dashboard Drupal

Kelebihan Drupal apa saja sih?

Kelemahannya?

Di kalangan kampus, Drupal biasa dipakai untuk apa? Sebatas tim eCampuz tahu, Drupal dipakai untuk portal web dan beberapa model sistem informasi. Bagi yang menginginkan Drupal, dapat diambil di sini.

 

Adakah CMS Selain itu?

Tentu saja ada. Di bahasa pemrograman PHP, terdapat listing Content Management System berikut :

 

Di NodeJS juga ada daftar berikut :

Nah berikut di atas itu merupakan ulasan singkat tentang aplikasi-aplikasi Content Management System yang banyak digunakan, terutama di kalangan kampus. Biasanya mudah instalasinya, tinggal pilih theme dan plugins, dapat langsung cepat digunakan. Bahkan beberapa di antaranya tidak diperlukan pengetahuan dasar programming. Tertarik untuk mencoba, terutama CMS yang baru?

 

Related posts

Reverse Proxy, Solusi Berhemat IP Publik Kampus

Bimosaurus
3 years ago

MySQL Binlog, Jurus Ampuh Recover Data

Bimosaurus
3 years ago

10 Step Simple Cara Install EPrints, Aplikasi Shared Repository

Bimosaurus
4 years ago
Exit mobile version