managing campus data

Blog.Gamatechno.com – Data menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pengelola perguruan tinggi. Tidak hanya data mahasiswa, namun seumua data yang berkaitan dengan perguruan tinggi yang bersangkutan. Contohnya saja data inventaris, data keuangan, dan data perlengkapan kampus. Jika pengelolaan data dilakukan secara manual tentunya akan membutuhkan ketelitian dan kecermatan agar data-data tersebut dapat tersimpan dengan baik. Terbayang jika bagian Tata Usaha ingin mencari arsip mahasiswa yang usianya sudah cukup lama. Tentunya membutuhkan banyak waktu untuk mencari arsip satu persatu.

Perkembangan teknologi mendukung perubahan data dari data fisik menjadi data digital. Dengan perkembangan teknologi ini, perguruan tinggi memanfaatkannya sebagai alternatif pengelolaan data secara digital. Pengolahan data secara digital memungkinkan integrasi data dalam skala besar namun dalam waktu yang singkat. Perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa dalam jumlah besar terntunya sangat terbantu dengan adanya digitalisasi data. Selain dapat memudahkan integrasi data, perguruan tinggi dapat menghemat kertas dan waktu.

Transformasi data dari data fisik menjadi digital mendukung terciptanya layanan untuk mengolah dan menyimpannya dalam bentuk file digital. Salah satu penyedia layanan ini adalah Gamatechno yang memiliki kantor pusat di Yogyakarta. PT Gamatechno menyediakan layanan eCampuz yang akan memberi kemudahan bagi perguruan tinggi dalam mengelola data.

eCampuz merupakan salah satu layanan pengelolaan data yang berbasis cloud computing. Layanan ini memiliki beberapa fitur yang akan membantu perguruan tinggi dalam pendaftaran calon mahasiswa, pembayaran, registrasi, dan informasi akademik bagi mahasiswa. Semua fitur ini dilakukan secara online dan semua data yang yang masuk ke dalamnya akan disimpan di dalam cloud.

Satu-satunya syarat yang harus dimiliki perguruan tinggi untuk dapat menggunakan layanan ini adalah koneksi internet yang memadai. Waktu pemasangan yang dibutuhkan untuk setup eCampuz adalah satu minggu, setelah itu sudah dapat diakses secara online oleh mahasiswa dan calon mahasiswa. Perguruan tinggi yang memiliki fasilitas informasi online dapat menepis jarak geografis dengan mahasiswa maupun calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri. Karenanya perguruan tinggi dapat memperluas jaringan ke luar kota maupun ke seluruh Indonesia.

eCampuz tidak hanya mendukung integrasi data di perguruan tinggi skala besar saja namun juga mendukung perguruan tinggi dengan skala yang lebih kecil maupun perguruan tinggi yang baru dibangun. eCampuz memberikan layanan berlangganan mulai dari 6 bulan. Dengan berlangganan eCampuz, perguruan tinggi dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan eCampuz yaitu Admisi, Pembayaran, Registrasi, dan Sistem Informasi Akademik. Fitur-fitur ini didukung dengan fasilitas 365/24/7 Technical Assistance, Data Backup yang memiliki standar keamanan tinggi, Free Update, dan Training.(lia)